Mother&Baby Indonesia
Manfaat Minum Air Kelapa Hijau untuk Kesehatan Tubuh Anda

Manfaat Minum Air Kelapa Hijau untuk Kesehatan Tubuh Anda

Air kelapa hijau dikenal populer sebagai minuman pelepas dahaga. Ya, di siang hari yang panas dan terik, minum air kelapa hijau memang sangat menyegarkan. Jika dibandingkan dengan air kelapa biasa, air kelapa hijau memiliki ciri khas rasa lebih asam dan lebih menyegarkan serta daging buahnya lebih manis.

Namun khasiat air kelapa hijau bukan sekadar menyegarkan buat tubuh saat kita meminumnya, Moms. Air kelapa hijau juga dilengkapi dengan berbagai nutrisi yang bisa memberikan bermacam manfaat baik bagi tubuh Anda.



Kandungan yang terdapat di dalam air kelapa hijau antara lain adalah vitamin C, antioksidan, serta mineral seperti kalsium dan magnesium. Dari kandungan inilah manfaat baik bisa masuk ke dalam tubuh jika Anda rutin mengonsumsi air kelapa hijau. Berikut beberapa manfaat air kelapa hijau untuk Anda.

1. Mencegah dehidrasi, membantu rehidrasi

Air kelapa hijau sering dipilih untuk mengatasi dehidrasi ringan. Bahkan, kandungan mineral di dalamnya juga dipercaya mampu membantu proses rehidrasi tubuh. Anda pun dianjurkan untuk mengonsumsi air kelapa hijau, termasuk setelah berolahraga, untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Seperti disebutkan, air kelapa hijau mengandung vitamin C serta antioksidan. Keduanya memiliki fungsi penting, yaitu mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan begitu, Anda dan keluarga akan menjadi lebih sehat karena tubuh mampu mengoptimalkan sistem pertahanan tubuh dan menangkal paparan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.



3. Mencegah risiko penyakit jantung

Salah satu penyebab timbulnya penyakit jantung adalah kadar kolesterol jahat (LDL) yang tinggi. Jika Anda rutin mengonsumsi air kelapa hijau, maka kadar kolesterol jahat akan turun dan penumpukan lemak akan berkurang. Ini dikarenakan kandungan air kelapa hijau mampu memulihkan kondisi sindrom metabolik berupa peningkatan tekanan darah dan kolesterol jahat, sehingga membantu menjaga kesehatan jantung Anda.


4. Menjaga ginjal

Mengonsumsi air kelapa hijau akan memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh sehingga membantu menjaga fungsi organ tubuh tetap optimal, termasuk ginjal. Organ vital ini bisa terhindar dari masalah seperti batu ginjal ketika cairan tubuh dapat terpenuhi dengan minum air kelapa hijau.

5. Menyehatkan pencernaan

Air kelapa hijau membantu mengatasi gangguan pencernaan. Hal ini didukung oleh adanya kandungan asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak yang menjadikannya memiliki osmolaritas tinggi. Masalah seperti konstipasi, diare, infeksi kandung kemih, hingga gangguan pada fungsi ginjal pun bisa teratasi.

6. Mengatasi alergi

Air kelapa hijau juga dipercaya mampu mengatasi gejala alergi yang Anda alami. Hal ini dikarenakan adanya kandungan kalium yang bisa mengurangi reaksi alergi yang dipicu oleh makanan atau kondisi tertentu. Dengan meminum air kelapa hijau, maka rasa gatal atau bengkak yang muncul sebagai reaksi alergi akan mereda.

7. Menjaga kesehatan kulit

Mengonsumsi air kelapa hijau nyatanya bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin C di dalamnya mampu memproduksi kolagen sehingga kulit tidak mudah kering. Selain itu, air kelapa hijau juga mengandung elektrolit yang bisa memberikan efek menenangkan pada kulit.

Untuk mendapatkan semua manfaat tersebut, usahakan untuk meminum air kelapa hijau tanpa tambahan pemanis, seperti gula atau sirup. Anda cukup mendinginkan air kelapa di dalam kulkas, lalu segera konsumsi sebelum 24 jam. Perlu diingat untuk tidak mengonsumsi air kelapa hijau secara berlebihan dan konsultasikan ke dokter apabila tubuh terasa tidak nyaman setelah meminumnya. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   air kelapa hijau,   kesehatan