Mother&Baby Indonesia
Ini 10 Ide Kado untuk Diberikan pada Bayi Baru Lahir

Ini 10 Ide Kado untuk Diberikan pada Bayi Baru Lahir

Kelahiran bayi di tengah keluarga menjadi salah satu momen yang paling membahagiakan. Tidak hanya untuk pasangan ibu dan ayah, tetapi juga seluruh anggota keluarga dan kerabat terdekat. Jika Moms memiliki saudara atau kerabat dekat, Anda pun tentu ingin memberikan kado istimewa untuk menyambut kelahiran sang bayi. Agar hadiah yang diberikan berkesan dan bermanfaat, intip ide hadiah untuk Si Kecil beserta ibundanya berikut ini, Moms.

1. Popok

Ini merupakan salah satu perlengkapan bayi yang esensial dan wajib dimiliki. Untuk bayi baru lahir, akan lebih baik diberikan popok kain atau popok cuci ulang yang biasa disebut clodi (cloth diaper). Dengan motif lucu dan menarik yang bisa Anda pilih, tentu popok menjadi kado yang menggemaskan saat dipakai Si Kecil.



2. Perlengkapan Menyusui

Setelah bayi lahir, sang ibu pun akan menghadapi fase menyusui. Anda dapat memberikan perlengkapan menyusui, seperti pompa ASI, bantal menyusui, breast pad, dan nursing cover untuk membantu kelancaran proses pemberian ASI ibu untuk buah hatinya.

3. Sterilizer

Semua peralatan menyusui serta mainan bayi harus tetap bersih dan higienis. Sterilizer bisa Anda hadiahkan untuk ibu yang baru melahirkan, agar tidak kerepotan saat hendak membersihkannya.

4. Perlengkapan Mandi

Bayi yang baru lahir memang belum perlu dimandikan terlalu sering. Tetapi, memberikan perlengkapan mandi seperti bak mandi atau kursi mandi bayi sebagai kado juga boleh, lho.

5. Diaper Bag

Saat bepergian, popok, baju, serta peralatan menyusui tentu perlu disimpan di dalam tas khusus. Memberikan diaper bag pastinya akan sangat membantu sang ibu. Pilih diaper bag dengan bahan yang mudah dibersihkan dengan lap dan pastikan ada bantalan tambahan sehingga tidak membuat pundak sakit ketika membawanya.

6. Buku Harian

Benda satu ini bisa Anda berikan, karena menjadi sesuatu yang penting untuk dimiliki oleh orang tua baru. Nantinya, buku harian ini akan membantu Moms juga Dads di masa-masa awal parenting. Orang tua dapat mencatat jadwal imunisasi, jadwal menyusui, dan hal lainnya yang berguna untuk melihat perkembangan Si Kecil.



7. Selimut

Bayi juga perlu diberikan selimut untuk menghangatkan tubuhnya. Pilih selimut dengan bahan yang ringan agar Si Kecil tetap nyaman dan tidak kegerahan. Ukurannya juga perlu disesuaikan agar bayi tetap bebas bergerak, terutama saat ia tertidur.

8. Gendongan Bayi

Barang ini memang tidak bisa langsung digunakan pada bayi baru lahir. Meski begitu, tidak ada salahnya jika Anda ingin memberikannya sebagai kado. Maka, pilih jenis gendongan yang dapat dipakai hingga usia bayi cukup besar.

9. Stroller

Stroller bisa menjadi hadiah yang sangat berguna, karena bisa digunakan untuk mengajak Si Kecil jalan-jalan. Jangka waktu pemakaiannya juga cukup panjang, dari usia bayi hingga masuk usia batita.

10. Baby Swing

Agar bayi bisa lebih tenang dan mudah tertidur, menghadiahkan baby swing atau baby bouncer bisa menjadi pilihan yang tepat, lho!

Tips Memilih Kado yang Tepat


Saat akan memilih kado, Anda perlu memperhatikan beberapa hal, di antaranya:

• Sebisa mungkin Anda sudah mengetahui jenis kelamin dari bayi yang akan diberi hadiah. Ini bisa membantu Anda dalam memilih warna atau motif kado yang pas bagi Si Kecil.

• Kado yang diberikan tidak perlu mewah, terkesan mahal, atau terlalu rumit dalam pemakaiannya. Memberikan kado sederhana yang memiliki manfaat untuk bayi dan perawatannya sudah cukup membuat orang tua bayi senang menerimanya.

• Cari tahu barang apa saja yang sudah dimiliki orang tua bayi melalui kerabat dekatnya. Ini akan membantu Anda memberikan kado yang berguna dan tidak menjadi sia-sia.

• Untuk lebih aman, Anda dapat memanfaatkan layanan newborn checklist untuk memudahkan pemilihan kado yang tepat. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   bayi baru lahir,   newborn,   ibu melahirkan,   kado,   hadiah