Mother&Baby Indonesia
7 Cara Alami untuk Mempercepat Pembukaan Persalinan

7 Cara Alami untuk Mempercepat Pembukaan Persalinan

Mendekati hari persalinan, Moms mungkin merasa deg-degan menghadapinya dan bertanya-tanya kapan Anda akan melahirkan. Salah satu pertanda dimulainya proses persalinan adalah adanya pembukaan jalan lahir, di mana mulut rahim (serviks) akan melunak serta melebar.

Apabila pembukaan serviks berjalan dengan cepat, maka proses persalinan normal akan berlangsung lebih lancar. Ya, untuk bisa melahirkan secara normal, pembukaan demi pembukaan diharapkan bisa terjadi dengan lancar. 



Namun, Anda perlu tahu bahwa tidak semua kehamilan memiliki percepatan pembukaan yang lancar, Moms. Nah, untuk membantu Anda, ada beberapa cara yang bisa dilakukan guna mempercepat pembukaan persalinan Anda. Simak penjelasan berikut ini, ya.

1. Sering jalan kaki

Sambil menunggu waktu persalinan, Anda sebaiknya banyak berjalan kaki. Hal ini berguna untuk meningkatkan aliran darah dan membantu perubahan pada sendi panggul, sehingga proses pembukaan jalan lahir akan semakin cepat terjadi. Agar lebih aman dan nyaman, mintalah pasangan menemani Anda saat berjalan kaki.

2. Berdiri dengan dua kaki terbuka

Moms dapat mencoba gerakan berdiri dengan dua kaki terbuka, sambil bersandar di tembok atau hingga memosisikan diri setengah duduk. Gerakan ini akan merangsang janin berotasi dan semakin turun ke jalan lahir karena pengaruh gaya gravitasi bumi. Anda dapat melakukannya ketika kontraksi mulai terasa dan jalan lahir mulai terbuka.



3. Merangkak dan menungging

Selain memicu pembukaan, Moms dapat merangkak untuk meredakan nyeri pinggang, meredakan keinginan Anda untuk mengejan terlalu dini, dan mengurangi risiko janin bermasalah dengan tali pusat. Moms juga bisa mencoba menungging sebagai cara untuk mempercepat pembukaan dan bayi lebih cepat lahir.

4. Duduk di toilet atau bersandar ke depan

Posisi duduk juga bisa membantu pembukaan terjadi lebih cepat. Moms bisa memanfaatkan toilet atau pispot, yang akan merangsang gerakan usus ke bawah serta membantu janin untuk segera turun ke jalan lahir. Anda pun dapat duduk di bangku dengan bersandar ke depan. Selain mempercepat pembukaan, posisi ini juga bisa mengurangi rasa nyeri pinggang dan meredakan sakit saat kontraksi.

5. Berdiri sambil berpegangan

Gerakan berdiri sambil berpegangan pada pinggiran tempat tidur atau tangan pasangan Anda juga bisa mempercepat pembukaan jalan lahir. Gaya gravitasi dari posisi ini dapat merangsang bayi menuju jalan lahir, sehingga mendorong terjadinya pembukaan serviks lebih cepat. Rasa sakit saat kontraksi dan rasa nyeri pada pinggul juga akan berkurang dengan gerakan tersebut.

6. Berbaring menghadap ke kiri

Meski sederhana, posisi berbaring akan membuat tubuh Moms jadi lebih rileks. Anda dapat berbaring menghadap ke kiri, yang akan membantu menstabilkan tekanan darah juga mengurangi tekanan pada area sekitar anus. Dengan begitu proses pembukaan persalinan juga akan terjadi lebih cepat.

7. Berdansa

Hal yang juga tak kalah menyenangkan untuk mempercepat pembukaan jelang melahirkan adalah dengan berdansa. Moms dapat mengajak Dads untuk menarikan gerakan sederhana yang diiringi oleh musik favorit Anda, sambil menikmati kontraksi. Anda juga bisa merasa rileks dalam pelukan hangat pasangan saat melakukan gerakan dansa.

Semua gerakan ini bisa dilakukan menjelang hari perkiraan lahir (HPL) atau saat menunggu proses persalinan, Moms. Anda dapat melakukannya di sekitar rumah, di area rumah sakit, atau di dalam ruang perawatan. Selamat mencoba dan semoga proses persalinan berjalan dengan lancar ya, Moms! (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: persalinan,   ibu melahirkan,   kontraksi,   pembukaan