Mother&Baby Indonesia
Deretan Sayuran yang Baik untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Deretan Sayuran yang Baik untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, Moms perlu memastikan kebutuhan nutrisi harian Anda terpenuhi dengan baik. Tidak hanya mengonsumsi daging, ikan, atau sumber protein lainnya, Moms juga bisa melengkapi gizi dengan sayur-sayuran. Ada beberapa jenis sayuran yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Simak daftarnya berikut ini ya, Moms.

1. Brokoli

Berwarna hijau dengan bentuk khas, sayuran yang satu ini mengandung antioksidan yang baik bagi tubuh. Selain itu, brokoli juga mengandung kalsium dan folat yang bermanfaat bagi perkembangan tulang dan otak janin. Agar Moms bisa mendapatkan nutrisi terbaik dari brokoli, disarankan Anda untuk tidak merebusnya terlalu lama. Merebus brokoli bisa mengurangi nutrisi yang terkandung di dalamnya. Akan lebih baik jika Anda memasak brokoli dengan cara dikukus selama 3,5 menit.



2. Kacang Polong

Ibu hamil membutuhkan beragam nutrisi untuk mendukung perkembangan janin, seperti protein, vitamin A, vitamin C, zat besi, dan folat. Berbagai nutrisi tersebut bisa Anda dapatkan dari kacang polong. Agar kandungan pada kacang polong tidak berubah, Moms disarankan untuk menyimpan kacang ke dalam lemari pendingin setelah Anda membelinya.

3. Bayam

Bayam mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K. Selain itu, sayuran hijau ini juga punya kandungan folat, zat besi, kalsium, magnesium, kalium, serat, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan bumil dan tumbuh kembang janin.

4. Tomat

Zat antioksidan yang tinggi, seperti likopen, bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi tomat. Antioksidan dibutuhkan tubuh untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, tomat juga mengandung vitamin C yang sangat penting untuk perkembangan tulang dan gigi janin. Khasiat tomat akan jauh lebih terasa ketika diolah sebagai saus atau dimakan dengan sedikit minyak.



5. Wortel

Ibu hamil juga sangat dianjurkan untuk mengonsumsi wortel. Warna oranye yang terang mengandung banyak beta karoten yang berguna untuk perkembangan sel dan jaringan saraf pada janin. Wortel juga mengandung folat, magnesium, kalium, kalsium, vitamin C, dan vitamin A, yang dapat melindungi ibu dan janin dari radikal bebas, membantu janin memperkuat tulang, dan mencegah cacat lahir pada janin.

6. Buncis

Buncis mengandung vitamin K, protein, dan juga serat yang cukup tinggi. Ibu hamil bisa terbebas dari risiko konstipasi, sakit kepala yang mungkin menyerang, dan kesehatan tulang juga jadi lebih baik jika mengonsumsi buncis secara rutin.

7. Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan salah satu makanan sehat untuk ibu hamil karena mengandung vitamin A dan C yang tinggi. Vitamin A sangat penting untuk mendukung pertumbuhan sel dan jaringan pada janin.

Selain sayur-sayuran yang telah disebutkan di atas, Moms juga bisa mengonsumsi secara rutin sayur seperti daun selada, lobak, sawi, seledri, labu, kembang kol, dan sayuran lainnya. Namun jangan lupa memperhatikan hal-hal berikut ini ketika mengonsumsi sayur:

• Pilih sayur dengan kualitas baik dan dalam kondisi segar agar manfaat yang didapat bisa maksimal.

• Cuci bersih sayur menggunakan air mengalir sebelum diolah.

• Jangan konsumsi sayur dalam keadaan mentah. Tetapi Anda disarankan tidak terlalu lama memasak sayur agar nutrisi yang terkandung di dalamnya tidak hilang.

• Gunakan peralatan masak yang bersih saat akan mengolah sayur. Jangan menggunakan talenan atau alas potong bekas daging guna mencegah sayur terkontaminasi bakteri. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   sayuran,   ibu hamil,   sayur untuk ibu hamil