Mother&Baby Indonesia
Batuk Kering pada Anak, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Batuk Kering pada Anak, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Dari sekian banyak penyakit yang dialami anak, batuk mungkin jadi salah satu masalah kesehatan yang kerap menyerang balita. Batuk sendiri punya banyak jenis. Salah satu jenis batuk yang sering terjadi pada anak adalah batuk kering. Seperti namanya, batuk kering merupakan batuk yang tidak mengeluarkan lendir atau dahak.

Batuk kering yang dialami anak bisa mengganggu aktivitasnya. Apalagi jika batuk tetap membandel dan tidak sembuh hingga beberapa hari, Moms yang melihat Si Kecil batuk terus-menerus pun juga akan merasa tidak tega dan khawatir dengan kondisi kesehatannya. Terlebih jika Si Kecil jadi tidak nafsu makan.



Penyebab Batuk Kering pada Anak

Sebelum mencari cara untuk mengatasi batuk kering yang dialami anak, Moms perlu tahu terlebih dulu, apa yang menyebabkan Si Kecil menderita batuk kering. Mengutip laman WebMD, salah satu penyebab batuk kering adalah adanya infeksi virus saluran pernapasan, misalnya virus flu yang bisa mengakibatkan iritasi pada saluran pernapasan sehingga menyebabkan batuk kering yang berujung pada gatal atau sakit di tenggorokan.

Selain itu, batuk kering pada anak juga bisa dipicu oleh lingkungan yang sangat dingin atau kering; iritasi akibat paparan debu, polusi, atau asap rokok di sekitar anak; reaksi alergi dari makanan, obat, debu, maupun bulu binatang; asma; hingga gejala influenza.

Mengatasi Batuk Kering pada Anak

Si Kecil yang mengalami batuk kering tentu saja mungkin akan merasa tersiksa dengan gangguan tersebut. Batuk kering pun kadang bisa berlangsung dalam jangka waktu cukup lama. Meskipun begitu, ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk membantu meringankan batuk kering yang terjadi pada anak Anda, yakni:

1. Mencukupi kebutuhan cairan anak



Saat anak mengalami batuk kering, Moms perlu menjaga agar tubuh Si Kecil tetap terhidrasi dengan baik. Caranya, dengan mencukupi kebutuhan cairan anak. Cara ini bisa meringankan batuk kering yang diderita anak. Mencukupi kebutuhan Si Kecil akan cairan juga bisa membantu meningkatkan imunitasnya dalam melawan penyebab batuk kering. Perlu diperhatikan, pemberian air hangat lebih baik untuk mengatasi batuk kering daripada air dingin.

2. Memberikan uap

Penggunaan uap juga bisa menjadi cara untuk mengatasi batuk kering pada anak. Menghirup uap air hangat bisa membantu melegakan pernapasan Si Kecil dan meredakan batuk keringnya. Anda juga dapat mengoleskan balsam pada tubuh Si Kecil untuk menenangkan batuk kering yang membandel.

3. Mengonsumsi madu

Untuk anak di atas usia 1 tahun, Moms bisa memberikan madu untuk meredakan masalah pada tenggorokannya ketika mengalami batuk kering. Berikan satu sendok teh madu sebelum tidur. Anda juga bisa mencampurkan madu ke dalam air hangat untuk kemudian diminumkan pada Si Kecil. Agar lebih segar, Moms pun dapat tambahkan beberapa tetes lemon.

4. Menggunakan humidifier

Moms juga bisa manfaatkan humidifier. Alat ini dapat membuat kelembapan udara di dalam rumah tetap terjaga dan bisa menjadi pilihan tepat apabila Moms atau ada anggota keluarga yang menderita asma, flu, dan batuk kering.

5. Memberikan makanan yang mudah dikunyah

Saat anak mengalami batuk kering, ia tentu akan susah mengunyah dan menelan makanan. Karena itu, berikan Si Kecil makanan yang gampang dikunyah dan ditelan, seperti puding, bubur, atau buah-buahan yang kaya vitamin untuk membantu proses penyembuhan. Hindari memberikan anak makanan yang digoreng ya, Moms.

Umumnya, batuk kering yang dialami Si Kecil akan bisa berangsur-angsur lenyap dengan melakukan cara-cara tersebut. Namun, jika batuk kering masih membandel dan berlangsung berhari-hari, segera konsultasikan masalah ini dengan dokter anak. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: batuk,   anak,   balita,   batuk kering