Mother&Baby Indonesia
11 Cara Ampuh untuk Mengatasi Masalah Overthinking

11 Cara Ampuh untuk Mengatasi Masalah Overthinking

Dengan berbagai tantangan kehidupan yang ada saat ini, wajar jika kita kerap mengerahkan banyak energi untuk memikirkan solusi dan cara menghadapinya. Tapi kalau sudah overthinking atau berpikir berlebihan, tentu Moms perlu berhati-hati. Pasalnya alih-alih berbuah baik, overthinking malah cenderung berdampak buruk pada diri Anda.

Overthinking dapat mengganggu fokus, menghambat efektivitas, stres, bahkan gangguan kecemasan. Menurut sebuah penelitian yang dimuat Journal of Abnormal Psychology pada tahun 2013, overthinking bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan mental.



Nah, untuk itu Moms perlu segera usir jauh-jauh overthinking. Dilansir dari Healthline, berikut ini beberapa cara ampuh dan mudah untuk mengatasi overthinking.

1. Menyadari kondisi diri

Terkadang kita merespons sesuatu hal dengan cara memikirkannya secara terus-menerus atau berulang-ulang. Untuk itu, Moms perlu memperhatikan bagaimana overthinking memengaruhi suasana hati Anda. Apakah pemikiran itu membuat Moms jadi merasa gugup atau cemas? Dengan menyadari hal ini, Anda memiliki alasan untuk berhenti melakukannya lagi.

2. Pasrah dan menerima diri

Jika Moms sedang bergulat dengan penyesalan akan kesalahan yang Anda lakukan minggu lalu, maka Anda perlu mempraktikkan self-compassion atau mengasihi diri sendiri. Hindari sikap menghakimi diri sendiri, maafkan kesalahan yang telah Anda lakukan, dan pahami bahwa melakukan kesalahan adalah hal yang manusiawi.

3. Temukan pengalihan

Hentikan overthinking dengan melakukan hal-hal yang Anda senangi, Moms. Hal ini memang dapat sulit dilakukan saat memiliki beban pikiran, tetapi Anda bisa mencoba melakukannya secara bertahap, misalnya hari ini Moms mulai melakukan hobi Anda selama 30 menit, lalu besok 45 menit, dan seterusnya.



4. Ambil napas dalam

Moms mungkin sudah mendengar saran ini berjuta kali, tentunya karena ini adalah cara yang terbukti efektif. Untuk itu, ketika Anda merasa pusing karena overthinking, cobalah tutup mata sejenak, posisikan tubuh menjadi rileks, dan ambil napas yang dalam.

5. Meditasi

Sebuah studi yang dimuat Behaviour Research and Therapy pada tahun 2017 membuktikan bahwa melakukan meditasi secara rutin bisa membantu menenangkan pikiran dan mengatasi overthinking.

6. Melihat gambaran besarnya

Ingatlah, bahwa masalah yang Anda hadapi sekarang tak akan berdampak signifikan di masa depan. Jadi, jangan biarkan masalah kecil menjadi sebuah kesulitan yang besar.

7. Lakukan hal baik untuk orang lain

Menyadari bahwa Anda memiliki kekuatan untuk membuat orang lain bahagia dapat mengusir pikiran negatif. Selain itu, Moms juga bisa menjadi produktif dan memiliki fokus baru, daripada memikirkan hal-hal negatif secara terus-menerus.

8. Akui kesuksesan Anda

Saat Anda tengah overthinking, segera catat 5 hal yang Moms telah lakukan dengan benar selama seminggu terakhir. Tak perlu pencapaian yang besar. Berhasil menidurkan Si Kecil lebih cepat atau belanja dengan budget seadanya di tanggal tua tentu perlu masuk catatan Anda. Cara ini akan sangat membantu Moms untuk lebih percaya diri dan menyingkirkan pemikiran negatif.

9. Lakukan aksi

Terkadang, Moms terjerat pada overthinking karena Moms tidak melakukan aksi nyata untuk mengatasi suatu masalah. Dengan begini, Moms bisa mengalihkan energi dan pikiran untuk melakukan aksi yang benar-benar membuahkan hasil.

10. Terima ketakutan Anda

Menerima fakta bahwa ada beberapa hal yang tidak bisa Anda kontrol akan membantu mengatasi overthinking. Tentu hal ini dapat lebih mudah dikatakan daripada dilakukan, namun Moms bisa mulai dengan mengambil kesempatan sekecil apa pun untuk mengonfrontasi ketakutan Anda.

11. Minta bantuan

Moms tak perlu menghadapi masalah sendirian. Mencari bantuan eksternal dari terapis atau psikolog juga bisa membantu Anda untuk mengatasi overthinking. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: overthinking,   stres,   kesehatan mental