Mother&Baby Indonesia
10 Mimpi Umum yang Sebenarnya Disebabkan oleh Kecemasan

10 Mimpi Umum yang Sebenarnya Disebabkan oleh Kecemasan

Moms, pernahkan saat Anda sedang nyenyak-nyenyaknya tidur, tiba-tiba Anda bermimpi dan merasa tenggelam di laut terdalam? Atau Anda jatuh dari tangga tertinggi di sebuah gedung? Atau malah bermimpi dikejar-kejar singa yang kelaparan?

Tentunya semua mimpi buruk di atas merupakan hal yang tidak menyenangkan. Namun tak dimungkiri bahwa terkadang kecemasan dapat menghantui Anda lewat mimpi. Seperti dilansir laman Bustle, faktanya ada beberapa mimpi umum yang disebabkan oleh kecemasan yang masing-masing memiliki arti tersendiri. Apa saja ya, mimpi tersebut?



1. Gigi Tanggal

Menurut sebuah penelitian pada tahun 2018, mimpi tentang gigi tanggal adalah salah satu mimpi yang disebabkan stres yang paling sering dialami orang. Mimpi ini juga merupakan manifestasi lain dari kekhawatiran atau ketakutan yang biasanya didasarkan pada hilangnya kendali.

2. Terjatuh

Berdasarkan sebuah penelitian, rata-rata orang akan bermimpi ia terjatuh lebih dari lima kali dalam hidupnya. Jenis mimpi ini sering dikaitkan dengan perasaan kehilangan kendali atas situasi tertentu. Saat Anda bermimpi terjatuh kemudian tersentak bangun dengan cepat, ini disebut dengan istilah hypnic jerk, yang menyebabkan kejang otot. Ini bisa terjadi pada siapa pun, baik saat sedang stres maupun tidak, atau pada orang yang sedang berjuang menghadapi stres, depresi, kecemasan.

3. Mimpi Kiamat

Bila Anda bermimpi tentang kiamat atau dunia akan segera berakhir, mungkin ini bisa menandakan bahwa Anda sedang mengalami transisi besar atau peristiwa yang mengubah hidup Anda. Perubahan besar yang terjadi dalam hidup bisa mengarah ke mimpi buruk yang disebabkan oleh perasaan negatif. 



4. Dikejar-kejar

Pernah bermimpi dikejar-kejar monster, zombie, orang jahat, hantu, atau hewan buas? Mimpi ini bisa disebabkan karena Anda sedang stres. Biasanya ini merupakan cerminan dari perasaan tidak aman, atau pada tingkat yang lebih dalam, tantangan atau kecemasan yang dialami terasa seperti mengejar kita.

5. Telanjang di Depan Publik

Selain karena stres dan kecemasan akan kesalahan atau kegagalan pribadi, mimpi telanjang di depan publik juga merupakan gambaran dari perasaan rapuh atau rentan terekspos.

6. Berada di Bawah Air atau Diterjang Gelombang Besar

Jika kita melihat air dalam mimpi kita sebagai simbol emosi dan perasaan kita, bagian dari batin kita, maka gelombang pasang diibaratkan seperti emosi kita yang mengalir dan menjadi sedikit di luar kendali. Jika Anda membayangkan diri Anda di bawah beban gelombang besar atau badan air, ini bisa berarti Anda sedang merasa sangat tertekan.

7. Lupa dengan Hal Penting

Mimpi ini menunjukkan bahwa Anda terlalu sering stres dan mengalami tekanan dalam hidup. Untuk menghindari mimpi ini, mungkin Anda bisa menetapkan beberapa batasan dalam aktivitas atau mendelegasikan beberapa hal yang sebenarnya tidak bisa Anda tangani sendiri.

8. Terlambat

Bagi Anda yang terbiasa on time sampai kantor atau saat membuat janji, tentunya mimpi terlambat masuk ke kantor akan sangat menyebalkan dan mungkin membuat Anda stres. Mimpi terlambat ini diketahui menandakan kecemasan dan tekanan yang Anda miliki dalam kehidupan nyata. Anda mungkin takut kehilangan kesempatan penting. Itu juga bisa berarti ada perubahan besar yang harus Anda rangkul daripada rasa takut.

9. Tak Bisa Mengendalikan Kemudi

Bila Anda bermimpi tak bisa mengendalikan kemudi, ini mungkin dapat berarti Anda membiarkan orang lain mengendalikan Anda atau hidup Anda. Hal lainnya, mungkin Anda merasa tidak memiliki kendali atas hidup Anda atau Anda mungkin tidak bertanggung jawab atas tindakan Anda.

10. Ditertawakan Orang Lain

Mimpi tersebut bisa menggambarkan apakah Anda takut diejek atau ada sesuatu yang membuat Anda merasa malu. Kecemasan Anda bisa sangat berkaitan dengan orang-orang di sekitar Anda dan apa yang mereka pikirkan tentang Anda. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: arti mimpi,   mimpi buruk,   kecemasan