Mother&Baby Indonesia
Anak Anda Pelupa? 10 Cara Ini Bisa Bantu Perkuat Ingatannya

Anak Anda Pelupa? 10 Cara Ini Bisa Bantu Perkuat Ingatannya

Moms, sepertinya anak-anak zaman sekarang semakin sulit untuk berkonsentrasi, ya. Adanya televisi, internet, dan berbagai jenis mainan yang tak ada habisnya, tak dimungkiri membuat mereka mungkin kesulitan fokus pada satu hal. Jika anak Anda tidak bisa fokus pada satu hal, jangan berasumsi bahwa ada sesuatu yang salah dengan anak Anda, mungkin saja ia hanya pelupa.

Meski kini pikirannya memang belum berkembang sepenuhnya dan ia masih mencari cara untuk bisa mengingat sesuatu, namun bila anak Anda pelupa, hal ini bisa memengaruhi kinerja akademik dan keterampilan belajarnya. Maka cobalah cara-cara berikut ini untuk membantu memperkuat ingatannya, Moms!



1. Ajak anak ke tempat yang tenang

Coba ajak Si Kecil atau sediakan buatnya tempat yang tenang dan bebas dari gangguan, kebisingan, dan distraksi, seperti mainan atau TV. Pastikan Si Kecil hanya membawa apa yang ia butuhkan untuk belajar dan tidak ada yang lainnya.

2. Bantu anak untuk terus berlatih

Pastikan Moms membantunya untuk mempraktikkan suatu kegiatan sehingga Si Kecil dapat berlatih mengingat sesuatu. Misalnya minta ia mengerjakan soal ujian yang Anda buat sebelum ia mengerjakan ujian keesokan harinya di sekolah. Dengan latihan yang cukup, anak akan dapat mengingat sesuatu tanpa kesulitan.

3. Pakai pendekatan yang lucu

Ajari anak Anda cara mengingat sesuatu dengan mengaitkannya dengan sesuatu yang lucu. Misalnya, jika ia harus mengingat warna merah jambu, buat Si Kecil membayangkan ia sedang menonton tingkah Patrick, salah satu karakter kartun di film anak-anak SpongeBob SquarePants.



4. Buat nyanyian

Untuk mengingat nama binatang, angka, warna dan lain sebagainya, buat sajak, pantun atau nyanyian yang menyenangkan agar anak lebih mudah untuk mengingatnya.

5. Libatkan alat indranya

Ajari anak Anda untuk menggunakan indranya. Misalnya, jika ia sedang belajar membaca, minta ia untuk menjiplak huruf dengan jarinya dan mengucapkannya dengan lantang.

6. Tinjau pembelajaran anak Anda

Selalu tinjau pembelajaran Si Kecil secara berkala agar ia bisa belajar ketika ia melakukan kesalahan. Dengan mengetahui di mana kesalahan anak, Anda dapat membantunya memperbaiki masalah tersebut. Dengan cara ini anak pun tidak akan mengulangi kesalahannya. 

7. Manfaatkan pena highlighter

Berikan Si Kecil pena highlighter berwarna mencolok dan ajari ia untuk menandai atau menggarisbawahi hal-hal penting yang ia baca. Ajari anak Anda untuk membaca kembali apa yang telah ia garis bawahi sehingga ia akan bisa mengingatnya dengan mudah.

8. Gunakan akronim

Moms dapat membantu anak Anda untuk mengingat nama-nama warna dengan menggunakan akronim (singkatan dari gabungan huruf atau suku kata). Misalanya gunakan akronim “mejikuhibiniu” untuk mengingat warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.

9. Buat daftar hal-hal yang perlu ia lakukan atau selesaikan

Berikan Si Kecil buku agenda yang berisi daftar hal penting yang harus ia lakukan atau selesaikan. Anda juga bisa membuat daftar hal penting tersebut di sebuah papan tulis kecil yang ditaruh di kamarnya, lalu minta ia untuk mencentang hal yang telah ia lakukan atau selesaikan.

10. Biarkan ia tahu

Beri tahu anak Anda saat ia lupa, atau beri tahu ia saat Anda ingin Si Kecil mengingat sesuatu. Moms bisa mengatakan padanya “Yang ini tolong diingat ya, Nak” atau “Simpan kata-kata ini di topimu ya, Nak”. Cara ini bisa membuatnya lebih siap secara mental untuk menghafal atau mengingat apa pun yang akan ia dengar.

Selamat mencoba, Moms! (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak pelupa,   memori anak,   cara meningkatkan ingatan