Mother&Baby Indonesia
8 Mainan Montessori untuk Meningkatkan Kecerdasan Bayi

8 Mainan Montessori untuk Meningkatkan Kecerdasan Bayi

Memberikan mainan untuk bayi tidak hanya harus seru, tapi juga mesti edukatif agar dapat menunjang tumbuh kembangnya. Bermain merupakan cara yang menyenangkan untuk mengembangkan berbagai kecerdasan anak, terutama di fase 1.000 hari pertama kehidupannya. Nah, untuk memaksimalkan kecerdasan bayi sejak dini, Moms bisa memberikan mainan Montessori.

Montessori sendiri merupakan metode pendidikan ramah anak, agar anak bisa belajar dan menggali potensi diri dengan cara-cara menyenangkan. Sedangkan mainan Montessori adalah mainan edukatif yang bisa bertumbuh bersama anak, tanpa melupakan unsur seru dalam bermain.



Mainan Montessori umumnya menggunakan materi alami, sederhana, fokus pada kemampuan tunggal, dan realistis (bukan untuk pretend play atau berpura-pura). M&B telah memilih beberapa mainan Montessori yang bisa menginspirasi imajinasi anak sejak bayi hingga balita. Si Kecil pasti suka!

Mainan balok kayu


Ini salah satu mainan Montessori yang perlu dimiliki setiap anak, karena bisa mengajarkan anak berbagai konsep kreativitas yang baik untuk menunjang perkembangannya. Menumpuk balok memang terkesan mudah, namun sangat efektif untuk menstimulasi kreativitas anak dan mengenalkan bentuk.

Sambil menumpuk balok, Moms juga bisa mengenalkan profesi yang berkaitan dengan pembangunan, seperti arsitek dan desainer interior. Keseruan menemani Si Kecil bermain balok juga bisa meningkatkan bonding ibu dan anak lho, Moms. Pilih mainan balok kayu yang berkualitas, aman, dan menggunakan cat yang juga aman, ya.

Mainan yang bisa digenggam




Mainan rattle yang terbuat dari kayu dan cat yang aman untuk anak adalah contoh mainan Montessori yang tepat untuk bayi. Bentuknya unik dan bobotnya ringan, sehingga mudah untuk digenggam jari-jari mungil bayi Anda. Suara unik dan sensasi menggenggam benda berbunyi memberikan pengalaman sensori yang menyenangkan untuk bayi. Pastikan rattle yang Moms pilih berkualitas tinggi yang membuat Anda bebas cemas dengan kandungan kimia yang berbahaya.

Mainan sensori

Semua bayi suka mainan-mainan yang memberikan pengalaman sensori atau yang merangsang seluruh pancar indranya. Coba berikan bola-bola bertekstur yang bayi sukai untuk bermain. Bola bertekstur ini juga cocok untuk meningkatkan kecerdasan motorik bayi. Ia bisa menggenggamnya, menggelindingkan, atau bahkan meremasnya. Jangan lupa pilih yang berkualitas agar tidak menyakiti bayi ketika memainkannya ya, Moms.

Teether kayu


Kini sudah banyak dijual teether kayu dengan manik-manik silikon food-grade. Jenis teether ini unik dan bisa jadi solusi terbaik untuk Si Kecil yang gusinya sedang sakit karena tumbuh gigi. Umumnya teether kayu terbuat dari kayu alami yang sudah dipastikan aman untuk bayi. Mainan ini juga mudah digenggam, mudah dicuci, dan tahan lama.

Board book

Board book atau buku papan merupakan salah satu jenis buku anak yang dicetak di atas kertas karton tebal. Buku ini adalah contoh mainan Montessori yang sekaligus bisa menstimulasi kecerdasan bayi. Warna cerah dan gambar realistis di dalamnya pasti bisa menarik perhatian bayi Anda. Momen membaca buku berdua bayi juga bisa meningkatkan bonding sambil mengenalkan huruf dan kata-kata baru untuknya. 

Mainan susun


Mainan yang tak pernah ketinggalan zaman ini selalu seru dan menarik untuk bayi! Mainan susun ini membantu Anda mengenalkan konsep matematika pada Si Kecil sedini mungkin. Anak juga belajar mengenal konsep ukuran, bentuk, dan mengurutkannya. Umumnya mainan susun atau stacking toys ini memiliki aneka warna cerah yang pasti menarik perhatian bayi hingga balita. Seru!

Puzzle

Mainan yang satu ini juga tidak pernah ketinggalan zaman! Ada jenis puzzle untuk bayi yang tidak serumit puzzle balita. Puzzle untuk bayi jauh lebih sederhana, mungkin hanya menempatkan 3 jenis bentuk ke dalam wadah yang sesuai. Puzzle adalah contoh mainan Montessori yang baik, karena tetap menantang, namun tidak membuat anak kewalahan. Bayi bisa belajar penyelesaian masalah dengan bermain puzzle. Ya, sederhana dan bikin cerdas kan, Moms!

Alat musik mainan


Mainan berbentuk alat musik yang sudah disesuaikan untuk bayi dan balita adalah ide bermain seru yang keren! Kebanyakan bayi sangat menyukai mainan alat musik. Mainan ini juga bisa mengenalkan konsep sebab-akibat pada anak, karena ia tahu suara-suara yang unik itu hanya bisa dihasilkan jika ia memencet tuts atau menabuhnya. Kini juga sudah banyak mainan yang menggabungkan beberapa jenis alat musik dalam satu mainan lho, Moms. Si Kecil bisa memencet, meniup, menabuh sekaligus. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   mainan bayi,   mainan montessori