Mother&Baby Indonesia
Bayi Mengalami Hidung Tersumbat, Begini Cara Mengatasinya

Bayi Mengalami Hidung Tersumbat, Begini Cara Mengatasinya

Di tahun pertamanya, bayi belum memiliki sistem imun yang terbentuk dengan baik dan berfungsi dengan sempurna. Karena itu, Si Kecil rentan terinfeksi penyakit dan mengalami gangguan kesehatan. Salah satu masalah yang umum dialami bayi adalah pilek atau flu yang bisa menyebabkan hidungnya tersumbat.

Seperti halnya dengan orang dewasa yang akan merasa tidak nyaman saat mengalami hidung tersumbat, bayi pun demikian, Moms. Selain jadi rewel karena tidak nyaman, hidung tersumbat juga membuat Si Kecil kesulitan bernapas, bahkan membuat nafsu makannya menurun. Bagi Anda para orang tua baru, hal ini bisa jadi akan menimbulkan rasa cemas dan kekhawatiran tersendiri.



Nah, jika Moms mendapati bayi Anda menderita flu dan mengalami hidung tersumbat, tidak perlu panik. Anda bisa melakukan beberapa cara sederhana berikut ini untuk mengatasi masalah hidung tersumbat pada Si Kecil.

1. Bersihkan Hidung Bayi

Terkadang lendir atau ingus bayi akan mengeras dan menjadi kerak jika tidak dibersihkan. Karena itu, Moms perlu membersihkan hidung bayi untuk mencegah penyumbatan hidung. Caranya, Anda bisa gunakan cotton bud. Basahi cotton bud dengan air hangat, lalu ambil kotoran yang mengeras tersebut untuk bantu mengatasi hidung bayi yang tersumbat. Agar tidak merepotkan, sebaiknya Moms lakukan ini saat Si Kecil sedang tertidur.



2. Bantu Bayi Membuang Ingusnya

Bayi tentunya belum bisa membuang ingusnya sendiri. Jadi, ia akan sangat memerlukan bantuan Anda untuk mengatasi hal tersebut. Menurut dr. Rouli Nababan, Sp.A, Kiddie Care Centre, Sunter, Jakarta Utara, Moms bisa menggunakan alat penyedot lendir atau nasal aspirator. Alat ini mudah ditemukan di apotek atau toko perlengkapan khusus bayi.

Pertama, teteskan obat atau semprot hidung dengan cairan yang berisi air larutan garam atau NaCl 0,9 persen (Anda bisa membelinya di apotek) agar saluran pernapasan bayi menjadi lembap sehingga lendir pun menjadi lebih encer dan mudah dikeluarkan dengan nasal aspirator. Jangan lupa bersihkan terlebih dahulu alat yang akan dimasukkan ke hidung bayi dengan kapas alkohol.

3. Lakukan Penguapan

Hidung tersumbat membuat Si Kecil kesulitan bernapas. Untuk memudahkannya bernapas, ia membutuhkan udara yang lembap dan hangat. Moms bisa membantunya untuk menghirup uap dari baskom yang diberi air hangat.

Anda juga bisa menggunakan humidifier untuk melembapkan udara di dalam rumah. Uap tersebut akan membersihkan kotoran pada udara di ruangan. Selain itu, penguapan pada kamar bayi juga akan memberikan efek tenang, sehingga Si Kecil bisa tidur dengan lebih nyenyak.

4. Tepuk-tepuk Punggung Bayi

Biasanya, bayi yang hidungnya tersumbat akan rewel dan merasa tidak nyaman. Untuk membuatnya nyaman, Moms bisa menepuk-nepuk punggung Si Kecil secara perlahan. Taruh Si Kecil dalam posisi tengkurap kemudian tepuk perlahan punggungnya. Selain menenangkannya, cara ini juga bisa membantu lendir yang menyumbat keluar dari dalam hidung Si Kecil.

5. Atur Posisi Tidur Anak

Ketika Si Kecil ingin tidur, buat ia lebih nyaman saat hidungnya tersumbat dengan cara menambahkan bantal untuk meninggikan posisi kepalanya. Posisi kepala yang lebih tinggi membuat Si Kecil lebih mudah menghirup udara. Selain itu, posisi ini juga membuat lendir tidak menggumpal di dalam hidung. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   hidung tersumbat