Mother&Baby Indonesia
Ini yang Akan Anda Alami Beberapa Saat Usai Melahirkan

Ini yang Akan Anda Alami Beberapa Saat Usai Melahirkan

Buat Moms yang sedang menantikan tibanya waktu persalinan, Anda mungkin tengah diliputi perasaan bahagia sekaligus cemas. Apalagi jika ini adalah kehamilan pertama Anda. Ya, apabila Anda belum pernah melahirkan, ada beberapa kondisi yang bisa terjadi usai persalinan yang mungkin saja akan mengejutkan buat Anda.

Itulah sebabnya, Anda perlu mengetahui mengenai apa saja yang terjadi setelah persalinan. Hal ini dibutuhkan agar Anda bisa lebih tenang dan rileks dalam menjalaninya. Nah, berikut ini beberapa hal yang biasanya terjadi dalam beberapa jam usai Anda melahirkan, Moms.



Sangat Kelelahan

Jika Anda merasa sangat kelelahan usai persalinan normal, itu wajar, Moms. Bayangkan saja, Anda harus terjaga selama berjam-jam lamanya untuk melahirkan bayi Anda, kemudian mengejan berkali-kali untuk mendorong agar Si Kecil bisa keluar. Kondisi yang tidak berbeda pun akan dialami jika Anda melakukan persalinan caesar. Anda akan merasa sangat letih dan kesakitan. Anda seperti tidak memiliki kekuatan sama sekali dan semua bagian tubuh terasa nyeri.

Berkeringat

Tidak hanya kelelahan, Anda mungkin juga akan berkeringat setelah melahirkan Si Kecil. Kondisi ini sangat wajar karena pengaruh hormon di dalam tubuh. Dengan berkeringat, Anda juga sedang mengeluarkan kelebihan air yang terkandung di dalam tubuh selama masa kehamilan.

Keadaan ini akan berlangsung hingga beberapa minggu setelah persalinan dan menjadi lebih lama jika Anda menyusui. Namun jika Anda berkeringat disertai demam, segera hubungi dokter, karena mungkin Anda mengalami infeksi.



Nyeri Usai Melahirkan

Jika Anda pikir nyeri akibat kontraksi akan hilang setelah Si Kecil lahir, Anda salah, Moms. Setelah persalinan, nyeri kontraksi yang Anda rasakan tetap berlanjut. “Kontraksi yang dirasakan ibu akan membantu rahim kembali ke bentuk semula dalam 4-6 minggu usai persalinan,” jelas Robin Elise Weiss, LCCE, ahli kehamilan dan persalinan.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi obat pereda nyeri. Selain itu, cobalah teknik relaksasi dan pernapasan yang Anda lakukan saat persalinan, berjalanlah sejauh yang Anda bisa, dan pastikan kandung kemih selalu kosong.

Masih Terlihat Hamil

Anda mungkin berharap, setelah melahirkan Anda bisa pulang dari rumah sakit dengan perut yang sudah mengecil sambil memakai celana panjang favorit Anda. Sayangnya, hal tersebut hampir tidak mungkin terjadi, karena perut “hamil” dan kulit gelambir Anda masih tetap akan ada di sana. Namun jangan khawatir, Moms! Perut Anda akan mengecil dengan sendirinya, seiring rahim yang kembali ke bentuk semula dan kulit Anda pun akan mengencang kembali.

Tetap Berdarah

Meskipun melahirkan secara caesar, vagina Anda tetap mengeluarkan darah nifas, sehingga Anda perlu memakai pembalut 4-6 minggu setelah persalinan. Namun, darah yang keluar biasanya lebih sedikit dibandingkan jika Anda melahirkan secara normal.

Tidak Ada Bonding

Banyak orang bilang, momen seorang ibu saat melihat bayinya untuk pertama kali akan terasa amat menakjubkan. Bonding di antara mereka pun akan terwujud segera setelahnya. Namun, bagaimana jika hal itu tidak terjadi pada Anda?

Jawabannya, itu hal yang normal. “Ketika saya melihat Si Kecil untuk pertama kalinya, saya merasa tidak ada bonding di antara kami. Saya sempat merasa khawatir, namun keterikatan kami ternyata muncul seiring berjalannya waktu,” ujar Devan McGuinness, mom blogger yang pernah menjadi pemenang Bloganthropy Award.

Bayi Tidak Pernah Kenyang

ASI Anda belum keluar dengan lancar, namun Si Kecil tampak selalu haus dan ingin menyusu. Jangan pernah panik dan terpikir untuk memberikan susu formula kepadanya. Kondisi ini sangat wajar terjadi pada newborn karena mereka sedang mengalami growth spurt atau masa pertumbuhan yang cepat. Untuk memicu ASI keluar dengan lancar, biarkan bayi menyusu pada Anda sesering mungkin ya, Moms. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: persalinan,   ibu melahirkan