Mother&Baby Indonesia
Rekomendasi Busy Book untuk Stimulasi Bayi dan Balita

Rekomendasi Busy Book untuk Stimulasi Bayi dan Balita

Mainan bisa hadir dalam berbagai bentuk, seperti buku yang menyenangkan untuk anak-anak. Buku pun tidak melulu berisi tulisan dan cerita, tetapi juga dipenuhi dengan macam-macam hal untuk aktivitas anak, yang disebut dengan busy book. Selain busy book, ada juga quite book dan soft book yang bisa diberikan kepada Si Kecil untuk menemaninya bermain.

Secara garis besar, busy book akan membuat Si Kecil sibuk karena asyik bermain untuk mengenal tekstur, merangkai huruf atau angka, dan bentuk permainan interaktif lainnya. Aktivitas ini tak hanya menyenangkan saat dimainkan, tetapi juga membantu menstimulasi kemampuan motorik anak, baik kasar maupun halus. M&B punya rekomendasi akun yang membuat busy book dengan beragam aktivitas menarik untuk Si Kecil, dan berikut ulasannya.



1. @aimed.craft

Salah satu aktivitas yang bisa terdapat di dalam busy book adalah memasang dan membuka ritsleting atau kancing, yang ada pada buku buatan Aimed Craft. Aktivitas ini bisa melatih gerakan tangan Si Kecil, terutama yang sudah berusia 3 tahun ke atas.

2. @ummuhanif.busybook

Untuk mengenalkan bentuk bidang serta melatih kreativitas anak, busy book dari Mande by Ummu Hanif bisa membantu Anda. Si Kecil dapat mengenal bentuk seperti segitiga atau persegi, lalu merangkainya menjadi sebuah bentuk bangunan.



3. @cibytoys

Memancing nyatanya menjadi salah satu pilihan aktivitas favorit Si Kecil. Aktivitas ini terdapat pada busy book dari Cibytoys. Dengan bentuk hewan laut yang berbeda-beda, anak akan diajak “memancing” ikan serta gurita dari laut ke akuarium ataupun sebaliknya. Menyenangkan, bukan?

4. @nizam_craft

Busy book juga bisa hadir dengan aktivitas khusus untuk anak laki-laki ataupun perempuan. Salah satunya adalah buku bertema doll house yang dibuat oleh Nizam Craft. Mulai dari merapikan tempat tidur, mengepang rambut, hingga berdandan, semuanya bisa menjadi aktivitas seru untuk putri kecil Anda.

5. @ilokids

Busy book juga bisa menjadi alat bermain yang seru untuk si kakak dan si adik. Keduanya dapat melakukan aktivitas seperti berhitung dengan sayur dan buah pada buku buatan Ilokids. Jadi, bonding antara kakak dan adik juga bisa semakin erat dengan melakukan kegiatan di busy book ini.

6. @foxandbunny.id

Moms juga bisa mengenalkan beragam jenis hewan dengan busy book dari Fox and Bunny. Berbagai bentuk hewan yang nyata dan bisa disentuh dalam buku ini bisa menambah pengetahuan Si Kecil secara langsung mengenai hewan-hewan yang ada. Moms pun bisa mengurangi screen time Si Kecil dengan cara yang tak kalah menyenangkan.

Dengan memberikan anak busy book, Moms jadi bisa mengurangi penggunaan gadget dan menggantinya dengan permainan yang tentu lebih aman untuk Si Kecil. Namun, yang perlu diingat, pilih busy book yang sesuai dengan usia bayi dan balita Anda ya Moms, antara lain dengan melihat penggunaan bahan dan material serta pilihan aktivitas yang ada di dalam busy book. Selamat memilih busy book buat Si Kecil, Moms! (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik, Instagram @aimed.craft, @ummuhanif.busybook, @cibytoys, @nizam_craft, @ilokids, @foxandbunny.id)



Tags: rekomendasi,   busy book,   stimulasi,   bayi,   balita,   edukasi