Mother&Baby Indonesia
Anti Bocor! Rekomendasi 7 Menstrual Cup yang Cocok untuk Pemula

Anti Bocor! Rekomendasi 7 Menstrual Cup yang Cocok untuk Pemula

Moms, sudah pernah dengar tentang menstrual cup atau menscup? Meskipun sebenarnya sudah eksis sejak tahun 1930-an di luar negeri, menstrual cup memang baru populer di Indonesia sekitar 2 tahun belakangan ini. Kehadiran menstrual cup ini sendiri bisa menjadi alternatif Moms yang menginginkan produk penampung darah menstruasi yang lebih sehat juga lebih ramah lingkungan. Tak hanya itu, menstrual cup juga lebih ekonomis karena bisa digunakan hingga 10 tahun, lho.

Nah, bagi Moms yang ingin memulai menggunakan menstrual cup, pastinya masih bingung ya, memilih produk yang tepat. Untuk membantu Moms memilih, M&B berikan rekomendasi menstrual cup yang aman dan cocok untuk pemula, ya.



1. Intimina Lily Cup One

Merek yang identik dengan warna pink dan fuchsia-nya yang menggemaskan ini memang memiliki berbagai tipe menstrual cup. Namun untuk pemula, M&B sangat menyarankan Moms untuk mencoba tipe Lily Cup One. Bentuknya mungil dengan 100% medical grade silicone yang lebih lembut dibandingkan merek lainnya, sehingga memudahkan Moms untuk menyelipkannya ke dalam area intim Anda.

Meskipun terlihat mungil, Lily Cup One ini bisa menampung darah menstruasi Anda hingga 8 jam, lho. Tak usah takut tembus karena menscup yang satu ini memiliki double rim di bagian atas untuk suction yang lebih kuat. Mengeluarkannya pun sangat mudah karena Lily Cup One dilengkapi oleh loop di bagian bawah. Satu lagi kelebihannya, menstrual cup ini collapsible sehingga bisa dipipihkan dan disimpan di dalam case pelindungnya yang termasuk di dalam paket. Travel friendly!

Beli di Shopee

2. OrganiCup Menstrual Cup

Kesan ramah lingkungan sudah bisa Moms lihat mulai dari kemasan menstrual cup yang satu ini. Dengan packaging kertas biodegradable dengan instruksi yang dicetak di sisi dalam boks, OrganiCup juga berwarna putih transparan, dan dilengkapi oleh organic cotton pouch.

Kualitasnya tidak main-main lho, Moms! OrganiCup yang terbuat dari 100% medical grade silicone, bebas lateks, dan BPA Free ini sudah mengantongi sejumlah penghargaan dari bidang penjualan dan kesehatan. Silikon yang digunakan cukup tebal namun ternyata lentur dan mudah digunakan, Moms. OrganiCup memiliki 3 ukuran, mini, A (untuk Moms yang melahirkan caesar), dan B (untuk Moms yang melahirkan per vaginam), serta cocok untuk Moms yang memiliki serviks tinggi.

Beli di Tokopedia

3. DivaCup

Alergi dengan bahan lateks atau karet? Tentunya Moms perlu memiliki menstrual cup bebas lateks dan hypoallergenic seperti Diva Cup! Sama seperti OrganiCup, Diva Cup juga berwarna putih transparan, namun dengan bentuk sedikit lebih besar dan panjang.

Terdengar “mengintimidasi” bagi pemula? Enggak juga kok, Moms! DivaCup ini terbuat dari bahan durable silicone yang lebih fleksibel dengan suhu tubuh, sehingga sangat lentur dan mudah dimasukkan. Tak perlu takut menscup bergeser dan bocor karena DivaCup memiliki 4 lubang di bawah rim atas yang berfungsi untuk “mengunci” cup saat sudah berada di dalam vagina.



Jika jumlah darah menstruasi Moms tergolong sedang, Moms bisa memilih Model 1, dan model 2 apabila aliran darah menstruasi Moms lebih deras. Keduanya bisa menampung hingga 12 jam kok, jadi sudah pasti aman dan nyaman, ya.

Beli di Shopee

4. Lena Sensitive Cup

Merek yang satu ini merupakan menstrual cup paling populer bagi para wanita di Amerika Serikat. Apalagi kalau bukan karena desainnya yang nyaman dengan sisi-sisi corong yang tidak terasa mengganjal saat dipakai. Tak hanya itu, bahannya pun lembut, elastis mengikuti gerak tubuh, dan warna-warna pastelnya sangat menggemaskan.

Nah, Lena Cup ini juga memiliki tipe Lena Sensitive Cup yang cocok untuk Moms pemilik anatomi vagina serta kandung kemih yang sensitif. Terbuat dari silikon yang lebih lembut dibandingkan Lena Cup klasik, Moms tak akan merasakan gatal, nyeri, atau bahkan infeksi bakteri yang biasa terjadi saat menggunakan pembalut biasa. Harganya cukup mahal, namun sebanding dan kualitasnya yang memberi kenyaman maksimal, seperti tak sedang memakai menstrual cup!

Beli di Tokopedia

5. Saalt Soft Menstrual Cup

Sudah pernah mencoba menstrual cup namun justru merasa kram lebih sering terjadi? Moms mesti mencoba yang satu ini. Saalt Soft Menstrual Cup didesain khusus dengan bahan ultra-soft silicone untuk Moms yang memiliki kandung kemih yang sensitif, sering merasa kram, atau tak nyaman dengan menscup yang terasa kencang dan padat.

Meskipun silikon yang digunakan lebih lembut dari tipe original, tak berarti tipe Soft ini mudah bergeser ataupun bocor ya, Moms. Menscup ini mampu menampung darah menstruasi Anda selama 12 jam, dengan daya tampung 20 ml untuk ukuran Small dan 30 ml untuk ukuran Large. Oh ya, Saalt Soft Menstrual Cup juga dilengkapi pouch simpel dengan motif dan warna yang supercantik!

Beli di Tokopedia

6. Blood Menstrual Cup


Komplet! Itulah yang ditawarkan dalam kit Blood Menstrual Cup. Tak hanya menscup berkualitas, dalam satu kemasan tube cantik ini juga tersedia cara pemakaian lengkap, stiker, hingga pouch untuk sterilisasi. Sehingga sebelum dan selesai pemakaian, Moms hanya tinggal mencuci menscup, meletakkannya dalam pouch yang tersedia, mengisi air dan memanaskannya di dalam microwave selama 2-3 menit.

Produk asal Amerika Serikat ini terbuat dari 100% medical-grade silicone, dan mampu menampung darah menstruasi Moms hingga 25 ml, atau setara dengan 4 pembalut. Ukurannya sendiri cukup mungil dari rata-rata menscup sehingga sangat cocok untuk pemula. Namun karena bagian ujung menscup cukup pendek, menscup ini lebih cocok untuk Moms yang memiliki serviks pendek.

Oh ya Moms, asyiknya lagi, produk ini juga memiliki garansi 4 bulan di mana jika Moms tidak cocok dengan menscup ini dan ingin kembali menggunakan pembalut, Moms akan mendapat penggantian biaya pembelian sebesar 100%.

Beli di Shopee

7. Rhea Menstrual Cup

Produk lokal pun ternyata tak mau kalah dengan produk-produk menscup impor lho, Moms. Diklaim sebagai satu-satunya menstrual cup lokal yang sudah sesuai dengan standar FDA (Food and Drug Administration), Rhea Menstrual Cup tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan dapat digunakan hingga 10 tahun.

Tak hanya itu, semua bagian dari Rhea Cup dapat digunakan kembali, sehingga limbah dari produk sangat minim, sehingga dengan menggunakan produk ini, Moms berarti ikut mengurangi pencemaran lingkungan, nih. Untuk Moms yang sudah melahirkan, disarankan untuk menggunakan size L yang mampu menampung sebanyak 20 ml.

Beli di Shopee

(Nanda Djohan/SW/Dok. Freepik)



Tags: menstrual cup,   menscup,   rekomendasi,   menstruasi