Mother&Baby Indonesia
12 Hal yang Bisa Dilakukan saat Menghadapi Bayi Telat Lahir

12 Hal yang Bisa Dilakukan saat Menghadapi Bayi Telat Lahir

Saat hamil, dokter pasti akan memberitahu Anda kapan hari perkiraan lahir (HPL) buah hati Anda agar Moms bisa mempersiapkan persalinan dengan baik. Meski HPL ini telah dihitung berdasarkan hari pertama haid terakhir Anda, namun tak sedikit bayi yang justru lahir lebih dulu atau bahkan sebaliknya, melewati HPL.

Bila kini bayi yang Anda kandung belum kunjung lahir karena telah melewati HPL, mungkin Anda akan merasa gelisah dan tidak nyaman menunggu kelahirannya. Namun tak peduli seberapa frustrasinya Anda menunggu kelahiran Si Kecil, Anda lebih baik melakukan hal-hal positif sembari mengisi waktu luang sambil menunggu waktu persalinan, seperti berikut ini, Moms.



1. Kencan Bersama Pasangan

Rasanya sulit untuk memiliki waktu berdua dengan pasangan setelah beberapa minggu pertama melahirkan. Maka sambil menunggu Si Kecil lahir, isi waktu Anda bersama pasangan dengan pergi keluar dan melakukan apa yang Anda berdua sukai, entah dengan makan malam bersama atau pergi menonton film di bioskop.

2. Menikmati Pijat Hamil

Tak hanya bisa membantu Anda untuk lebih rileks, meningkatkan suasana hati dan kualitas tidur, serta mengurangi stres, kecemasan, dan depresi saat menunggu persalinan, pijat saat hamil juga dapat meredakan rasa nyeri pada punggung bawah, persendian, otot, panggul, leher, dan bahu Anda.

3. Mendengarkan Musik

Mendengarkan lagu favorit menjadi cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu kala menunggu kelahiran buah hati Anda. Memilih lagu-lagu yang bisa bikin Anda bernyanyi dan menari dipercaya dapat membuat Anda lebih cepat melahirkan. Sedangkan lagu-lagu dengan tempo lambat bisa Anda dengarkan saat fase transisi persalinan Anda.

4. Membaca Buku

Membaca buku dipercaya dapat mengalihkan pikiran Anda dari kecemasan saat melahirkan. Bila Moms sudah selesai membaca buku soal kehamilan, tak ada salahnya mengisi waktu dengan membaca buku lainnya yang menarik untuk Anda.



5. Memeriksa Daftar Nama Bayi

Meski mendekati persalinan Anda sudah menentukan nama untuk calon bayi Anda, namun tak ada salahnya memeriksa ulang daftar nama bayi selagi menunggu kelahiran bayi Anda. Siapa tahu ada nama bayi yang lebih menarik dan bagus untuk Si Kecil.

6. Berolahraga

Olahraga saat hamil diketahu bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan mengurangi komplikasi kehamilan. Maka sambil menunggu datangnya waktu melahirkan, tak ada salahnya untuk berolahraga. Mungkin Anda bisa mencoba senam aerobik, yoga, dan gerakan olahraga untuk melatih otot panggul Anda.

7. Jalan Kaki

Berjalan kaki menjadi cara alami untuk menginduksi persalinan. Pasalnya jalan kaki dapat membantu bayi turun ke panggul. Tekanan dari panggul kemudian merangsang serviks untuk mulai melebar. Cobalah berjalan kaki di sekitar lingkungan tempat tinggal Anda atau sambil berbelanja bulanan di supermarket.

8. Menari

Selain berjalan kaki, Moms mungkin juga bisa menari. Pasalnya menari juga dipercaya dapat melancarkan persalinan Anda.

9. Bercinta

Sambil menunggu kelahiran Si Kecil, Moms bisa menghabiskan waktu dengan bercinta bersama pasangan Anda. Namun pastikan kehamilan Anda tidak berisiko tinggi dan pilih posisi seks yang aman untuk trimester ketiga.

10. Foto Kehamilan

Meski Moms ingin Si Kecil segera lahir, namun ketahuilah bahwa ada saatnya Anda akan merindukan kehamilan Anda ini nantinya. Maka, sebaiknya Moms mengabadikan momen kehamilan Anda dengan melakukan maternity shoot.

11. Manikur

Sebelum melakukan foto kehamilan, tak ada salahnya Anda mempercantik kuku Anda dengan melakukan manikur agar jari-jemari Anda tampak cantik saat difoto. Moms tidak ingin kan, mengacaukan maternity shoot Anda dengan konsisi kuku yang tampak tidak terawat?

12. Melukis Perut

Ingin cara yang lebih fun? Tak ada salahnya bila Moms melukis perut besar Anda dengan gambar karakter kartun favorit, hewan kesukaan, buah labu, atau gambar bayi yang sedang tidur di perut Anda. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi telat lahir,   kehamilan,   ibu hamil,   persalinan