Mother&Baby Indonesia
7 Manfaat Tomat untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

7 Manfaat Tomat untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Tak jarang ibu hamil ngidam tomat, mungkin karena perpaduan rasanya yang manis-asam dan segar bisa membantu mengurangi mual di awal trimester ya, Moms. Buah tomat enggak cuma enak dan mudah didapat, tetapi juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Buah merah yang kaya nutrisi ini aman banget dikonsumsi saat hamil, namun tetap saja tidak boleh terlalu banyak ya, Moms.

Apa saja manfaat buah tomat untuk kesehatan ibu hamil dan janin? Yuk, ketahui berbagai manfaatnya dengan membaca info lengkap di bawah ini.



1. Meredakan Lelah

Semakin besar usia kehamilan, semakin mudah lelah pula Anda. Ini mungkin disebabkan oleh semakin beratnya beban di area perut. Nah, untuk meredakannya secara alami, bumil bisa mengonsumsi tomat yang memberikan kalori tambahan sebagai peningkat energi. Kalori sehat pada tomat membantu Anda lebih bertenaga sepanjang hari.

2. Merawat Kulit

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tomat juga efektif menjaga kesehatan kulit bumil. Kehamilan bisa membuat kulit bumil lebih sensitif dan rentan mengalami masalah kulit. Untuk keluhan sunburn atau sengatan matahari, Anda bisa oleskan air buah tomat ke kulit. Buah bulat berwarna merah ini kaya akan kandungan vitamin E, lho. Manfaat tomat untuk kulit juga tetap bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsinya langsung kok, Moms.



3. Mengurangi Risiko Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi saat hamil sangat berbahaya bagi keselamatan ibu dan janin. Jika Anda berisiko tinggi mengalami hipertensi, maka rutin mengonsumsi tomat dapat mengurangi risiko tersebut. Ini karena tomat mengandung potasium tinggi yang sangat baik untuk meningkatkan aliran darah agar semakin lancar. Potasium pada tomat juga efektif menyehatkan jantung, lho. Hal ini tentu bermanfaat untuk mengurangi risiko preeklampsia atau tekanan darah tinggi saat hamil.

4. Mencegah Cacat Lahir

Salah satu cara mudah untuk mencegah risiko bayi terlahir cacat otak adalah dengan mengonsumsi asam folat. Nah, tomat merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan asam folat lho, Moms. Ini sangat baik untuk membantu memenuhi kebutuhan harian bumil akan asam folat. Asam folat juga perlu dikonsumsi untuk Anda yang sedang dalam persiapan kehamilan.

“Wanita yang sedang mempersiapkan kehamilan sebaiknya mulai memenuhi kebutuhan asam folat harian sejak tiga bulan sebelum hamil,” saran dr. UF Bagazi, SpOG, dokter kebidanan dan kandungan Brawijaya Hospital Antasari dan Saharjo, saat Instagram Live bersama @motherbabyind.

5. Menurunkan Kolesterol

Bagi wanita hamil yang bermasalah atau berisiko dengan angka kolesterol tinggi, maka Anda bisa mengonsumsi tomat untuk membantu meredakan dan mencegahnya. Ini karena tomat memiliki kandungan likopen yang mencegah oksidasi serum lipid untuk melindungi hati. Kandungan ini membantu mengurangi kadar LDL atau kolesterol jahat dan trigliserida di aliran darah Anda.

6. Memenuhi Kebutuhan Vitamin A dan C

Satu buah tomat ukuran sedang memberikan hampir 40 persen dari rekomendasi harian vitamin C dan 20 persen vitamin A, lho. Buah ini juga kaya akan vitamin K, potasium, zat besi, dan kalsium, yang semuanya sangat penting untuk membantu pertumbuhan janin di perut Anda.

7. Mencegah Kanker

Tak hanya untuk bumil, buah tomat juga membantu siapa saja untuk terhindar dari kanker. Ini karena tomat mengandung antioksidan yang tinggi, yang tentu saja sangat efektif untuk mencegah kanker dan mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Mudah, enak, dan banyak manfaatnya kan, Moms! (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: tomat,   nutrisi,   kehamilan,   kandungan