Mother&Baby Indonesia
Healing Crystal, Kenali Tren Kristal Magis dan Manfaatnya

Healing Crystal, Kenali Tren Kristal Magis dan Manfaatnya

Permasalahan kehidupan modern kian kompleks sehingga solusinya pun perlu semakin variatif. Terutama persoalan kesehatan fisik dan mental, yang kini sering disebut sebagai wellness, setiap orang berusaha mencari cara yang paling sesuai untuk memperoleh kesehatan dan kesejahteraan pribadi mereka.

Selain yoga dan mindfulness, tren dunia wellness yang tak kalah ramainya adalah penggunaan kristal atau healing crystal untuk membantu proses pemulihan diri, baik mental, emosi, dan fisik. Meski terdengar sedikit bohemian, selebriti seperti Adele dan Victoria Beckham mengaku sangat terbantu dengan kehadiran kristal di sisi mereka. Miranda Kerr bahkan menginfus berbagai produk dari lini skincare-nya, Kora Organics, dengan ekstrak rose quartz!



Hmm, unik, ya? Moms bisa percaya dengan hal ini ataupun tidak, tapi tak ada salahnya untuk menggali manfaat kristal lebih dalam, kan? Untuk itu, yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Ketenangan Jiwa dan Raga

Tidak hanya sebagai aksesoris yang indah, kristal juga dipercaya mampu membantu proses pemulihan diri dan memberikan rasa damai bagi pemiliknya. Meski belum terbukti menurut medis, secara historis kristal telah digunakan sejak ribuan tahun lalu sebagai bentuk medikasi.

Menurut Keveney Avila, praktisi penguasaan energi bersertifikasi, bangsa Mesir, India, Yunani, dan Romawi kuno menggunakan kristal untuk membantu proses penyembuhan penyakit, pemulihan diri, dan perlindungan dari penyakit serta saat perang.

Mengutip Glamour, pada dasarnya kristal bekerja untuk menstimulasi energi tubuh agar seimbang dan sembuh dengan sendirinya. Dikutip dari Elle, Devi Brown, pendiri Karma Bliss, mengatakan, “Kristal adalah alat yang bekerja dengan pusat energi Anda untuk menyerap, fokus, dan mengarahkan energi.”

Sedangkan dikutip dari Oprah Daily, Heather Askinosie, pendiri Energy Muse, mengatakan, “Kristal memancarkan getaran positif, menggembirakan, berenergi, dan menenangkan yang membantu Anda mencapai pikiran yang lebih damai dan keadaan fisik yang optimal.”



Berbagai Kristal untuk Berbagai Keperluan

Buat Moms yang pemula dan ingin mencoba manfaat kristal, Devi menyarankan beberapa jenis kristal untuk Anda:

1. Amethyst. Indah dan mudah ditemui, amethyst dipercaya mampu menghilangkan ketergantungan, perilaku negatif, menyempurnakan intuisi, dan meningkatkan spiritualitas Anda.

2. Citrine. Dikenal sebagai lambang kesuksesan, citrine membawa energi untuk kekuatan personal. Kristal ini ampuh menghilangkan energi negatif dan sempurna bagi Anda yang sedang meniti karier.

3. Aventurine. Selain terkenal sebagai batu keberuntungan, aventurine juga baik untuk kekuatan mental, aspek keuangan, kedamaian, dan kesejahteraan Anda. Kristal ini sungguh baik untuk meningkatkan karier Anda.

4. Clear Quartz. Kristal ini sesuai untuk meningkatkan fokus, keseimbangan, energi positif, dan ketenangan.

5. Moonstone. Baik untuk keseimbangan emosi, rasa percaya diri, keseimbangan hormon, fertilitas, dan kedamaian diri.

6. Tiger’s Eye. Kristal ini dapat membantu menyediakan perlindungan, kepercayaan diri, jaminan batin, kekuatan, dan keteguhan diri.

7. Rose Quartz. Menyediakan kedamaian jiwa, perlindungan secara emosional, self-love, kasih sayang, dan pengampunan.

Perawatan dan Penggunaan

Seperti dikutip dari Elle, energi kristal berbeda-beda sesuai dengan ukurannya, namun Anda tetap dapat menyerap energi kristal tak peduli berapa pun ukurannya. Selain itu, menurut Devi, Moms bisa letakkan kristal di mana pun di dekat Anda atau bawa ke mana pun, tergantung jenisnya. “Anda juga bisa letakkan kristal di meja tidur agar bisa merasakan energinya saat tidur, atau di belakang komputer saat bekerja agar semakin fokus, tutur Devi.

Untuk merawatnya, Moms perlu menjemur kristal di bawah sinar matahari atau sinar bulan secara rutin selama beberapa jam. Hal ini dilakukan untuk mengisi ulang energi kristal-kristal Anda. Selain itu, bilas dengan garam untuk menghilangkan energi buruk yang terserap oleh kristal.

Yang terpenting, Moms perlu membuat intensi terhadap kristal untuk mulai menggunakannya. “Contohnya, jika saya memiliki citrine (batu kesuksesan), saya akan berpikir ‘Di momen ini saya berharap agar karier meningkat dan memiliki kesempatan yang baik di kantor’. Baru setelah itu, intensi saya akan menempel ke kristal,” tutur Devi. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: kristal,   kesehatan,   mindfulness,   wellness