Mother&Baby Indonesia
Moms, Lakukan Hal Ini saat ART Kembali Bekerja Setelah Mudik

Moms, Lakukan Hal Ini saat ART Kembali Bekerja Setelah Mudik

Kita semua tahu bahwa Hari Raya Idul Fitri identik dengan mudik atau pulang kampung. Meskipun pemerintah menerapkan larangan mudik selama pandemi COVID-19, toh faktanya masih banyak orang yang bersikeras berusaha mudik pulang ke kampung halamannya guna merayakan Lebaran bersama keluarga mereka.

Sebagian masyarakat Indonesia masih memegang kuat tradisi untuk merayakan Idul Fitri di kampung halaman atau daerah asal mereka, tak terkecuali dengan para asisten rumah tangga atau ART yang selama ini bekerja di rumah Anda.



Namun berbeda dari biasanya, menerima asisten rumah tangga untuk kembali bekerja setelah pulang kampung selama masa pandemi COVID-19, tentu tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Demi alasan kesehatan, tentunya diperlukan langkah-langkah tertentu saat ART kembali dari kampung halamannya.

Pasalnya, bukan tak mungkin ART Anda terinfeksi virus COVID-19 saat berada di kampung atau dalam perjalanan mudik. Oleh sebab itu, Moms juga perlu mengantisipasi hal tersebut dengan cara berikut ini:



1. Lakukan Tes Terlebih Dahulu

Sangat disarankan bagi Moms untuk meminta asisten rumah tangga Anda melakukan rapid test atau swab terlebih dahulu sebelum kembali bekerja. Anda bisa menawarkan tes swab PCR atau antigen. Namun tentu saja, hasil yang lebih akurat bisa didapatkan melalui tes PCR.

2. Isolasi Mandiri

Jangan langsung senang apabila rapid test asisten rumah tangga Anda menunjukkan hasil negatif. Bukan tak mungkin, ia baru terinfeksi virus COVID-19 pada saat perjalanan pulang sehingga belum terdeteksi saat melakukan rapid test. Oleh sebab itu, Moms bisa memberi waktu bagi asisten rumah tangga Anda untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari setelah melakukan rapid test guna meminimalisasi terjadinya penularan COVID-19 di rumah Anda.

3. Mencuci Barang Bawaannya

Virus tidak hanya berada dalam tubuh seseorang, tapi ada kemungkinan juga menempel di benda-benda. Inilah alasan mengapa Anda perlu meminta asisten rumah tangga Anda untuk mencuci semua barang bawaannya terlebih dahulu guna mengurangi risiko penularan virus COVID-19.

4. Memastikan Ulang

Apabila Moms menerima asisten rumah tangga baru dari agen atau penyalur, jangan langsung percaya apabila mereka mengklaim bahwa ART tersebut telah melakukan isolasi mandiri sebelum bekerja. Ada baiknya, Anda tetap meminta asisten tersebut untuk melakukan tes dan isolasi mandiri selama 14 hari di rumah Anda sebelum mulai bekerja.

Mudik pada masa pandemi COVID-19 bukanlah sebuah pilihan yang bijak. Jika memungkinkan, Moms bisa meminta asisten rumah tangga Anda untuk mengurungkan niat pulang kampung. Berikan alasan jelas kepada ART Anda, mengapa sebaiknya ia tidak mudik.

Jika memang asisten Anda memaksa untuk merayakan Lebaran di kampung halamannya, sebaiknya Anda juga melakukan langkah antisipasi. Salah satunya adalah membekali asisten rumah tangga Anda dengan pengetahuan bagaimana menerapkan protokol kesehatan selama dalam perjalanan atau di kampung halamannya. Selain itu, Anda juga bisa melengkapi perlengkapan prokesnya, seperti masker, hand sanitizer, disinfektan, serta suplemen dan vitamin. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: mudik,   covid-19,   pandemi,   pulang kampung