Mother&Baby Indonesia
Khasiat Mandi Oatmeal untuk Perawatan Kulit Bayi

Khasiat Mandi Oatmeal untuk Perawatan Kulit Bayi

Moms, Anda pastinya sudah tahu bahwa bayi memiliki kulit yang masih sangat sensitif. Kulit bayi sangat halus dan lembut serta lebih tipis dibandingkan kulit orang dewasa, sehingga harus dirawat dengan ekstra hati-hati.

Salah melakukan perawatan pada kulit bayi yang sensitif bisa berisiko menimbulkan masalah kulit untuk Si Kecil, misalnya muncul bercak kemerahan pada kulitnya hingga ruam. Jika bayi Anda mengalami kondisi ini, ia tentu saja akan merasa tidak nyaman dan jadi lebih rewel ya, Moms. Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi kondisi kulit bayi yang sensitif ini?



Selain menggunakan produk perawatan kulit, Moms juga bisa memandikan Si Kecil dengan oatmeal. Bahan pangan yang satu ini memang kaya akan manfaat, tak hanya saat dikonsumsi, tetapi juga untuk dijadikan sebagai campuran air mandi bayi Anda, lho!

Apa Itu Mandi Oatmeal?

Secara medis, oatmeal sendiri mengandung senyawa bernama koloid yang mampu melembapkan kulit yang sensitif. Kandungan ini juga dapat mengurangi rasa gatal dan peradangan serta menenangkan kulit dari iritasi. Apabila oatmeal dijadikan bubuk halus (emolien), maka nutrisi di dalamnya juga akan lebih mudah diserap oleh kulit.

Dilansir dari Verywell, ada beberapa kondisi masalah kulit yang bisa teratasi jika Anda memandikan bayi dengan oatmeal, di antaranya:

• Gatal di area dubur

• Jerawat

• Ruam popok



• Kulit kering

• Eksim

• Gigitan serangga

• Kulit terbakar matahari.

Cara Mandi Oatmeal untuk Bayi


Untuk memandikan Si Kecil dengan oatmeal, Moms bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Haluskan oat dengan food processor atau blender, hingga menjadi bubuk yang sangat halus.

2. Ambil satu sendok bubuk oat, lalu campurkan dengan segelas air hangat. Aduk hingga warna air menjadi seperti susu dan terasa lembut.

3. Apabila campuran tampak tidak menyatu, Moms perlu memasukkan oat ke dalam blender dan proses sampai menjadi lebih halus lagi.

4. Anda juga bisa memasukkan bubuk oat ke dalam kain tipis (boleh dengan stocking), ikat, dan masukkan ke dalam bak mandi bayi.

Sebelum memandikan Si Kecil, Moms perlu mengetes keberadaan reaksi alergen yang bisa muncul dan perlu dihindari. Anda dapat mengaplikasikan oatmeal ke kulit bayi dan tunggu selama 10-15 menit. Jika tidak ada reaksi seperti ruam atau kulit memerah, berarti Si Kecil bisa dimandikan dengan oatmeal dan air hangat.

Moms juga bisa menambahkan pelembap kulit ke dalam bak mandi agar kulit bayi menjadi halus dan lebih lembap. Selesai mandi, keringkan tubuh Si Kecil dengan handuk kering yang lembut. Mandi oatmeal bisa dilakukan satu sampai dua kali sehari. Moms juga dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak sebelum melakukan hal ini. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   kulit bayi,   kesehatan kulit,   oatmeal