Mother&Baby Indonesia
Tips Membedong agar Bayi Tidur Lebih Aman, Nyaman, dan Lama

Tips Membedong agar Bayi Tidur Lebih Aman, Nyaman, dan Lama

Sebagai seorang ibu, terutama jika Moms adalah ibu baru, tidur rasanya menjadi hal mewah yang sulit didapatkan setiap harinya. Bagaimana tidak, saat menjadi ibu, rutinitas Anda pun akan berubah, menyesuaikan dengan aktivitas Si Kecil.

Tak sedikit ibu baru yang mengalami kelelahan yang mengakibatkan kesulitan tidur karena adanya perubahan siklus yang mengikuti waktu tidur Si Kecil. Terbiasa dengan rahim sang ibu dan kini ia berada di tempat yang berbeda, setelah dilahirkan bayi pun masih terus beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya yang baru.



Bayi baru lahir pun cenderung tidur lebih lama, sekitar 14-18 jam per harinya, serta lebih sering tidur di siang hari dan lebih aktif atau lebih sering terbangun di malam hari, baik karena haus maupun karena merasa tak aman dan nyaman.

Nyaman dengan Bedong

Seperti yang telah diturunkan oleh orang tua kita terdahulu dan telah menjadi tradisi, membedong bayi merupakan salah satu cara untuk membantu bayi beradaptasi yang dapat membuatnya nyaman dan aman, khususnya ketika ia tidur. Nah, ini merupakan saat yang tepat untuk membedong Si Kecil agar tidurnya lebih berkualitas, Moms.

Namun, tentunya membedong Si Kecil tak bisa asal, ya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar Si Kecil nyaman dan tetap aman saat dibedong. Dokter Meirdhania Andina SpA MKes, dokter spesialis anak dari Rumah Sakit Brawijaya Saharjo memberikan tips teknik memakaikan bedong yang baik dan benar.

1. Perhatikan jenis bahan bedong. Pilih kain yang nyaman, yang mudah menyerap keringat. Khusus di daerah tropis, pilih kain bedong yang tidak terlalu tebal.

2. Bagian leher ke atas tidak boleh tertutup, hanya bagian pundak ke bawah yang ditutup oleh bedong.



3. Letakkan bayi dalam posisi telentang dan kedua tangan dimasukkan ke dalam bedong. Jangan lilit bayi terlalu ketat namun juga tidak terlalu longgar.

4. Ketika membedong bayi, bagian kaki jangan diluruskan. Biarkan posisi natural normal bayi, yaitu frog position yang seperti kodok. Karena jika kaki diluruskan, hal tersebut dapat menimbulkan cedera pada pinggul atau hip dysplasia.

5. Penggunaan bedong pada bayi hanya dilakukan pada saat bayi tidur agar kualitas tidur Si Kecil lebih baik, lebih pulas, dan lebih lama.

Pilih Bedong yang Tepat

Banyak sekali varian bedong yang ada di pasaran, namun tentunya Moms harus lebih selektif untuk memberikan bedong yang nyaman dan aman untuk Si Kecil. Hal ini juga dilakukan oleh Hana Krawchuk, seorang ibu yang menginginkan bedong yang terbaik untuk buah hatinya.

Karena tidak juga menemukan bedong yang tepat untuk Si Kecil Elijah yang tidak dapat tidur nyenyak selama 18 bulan, akhirnya ia menciptakan Love To Dream™, bedong unik yang menyesuaikan dengan postur tubuh bayi dan kebiasaannya yang senang mengangkat tangannya saat tidur.

Ya, dari hasil membaca berbagai literatur ilmu kedokteran, Hana yang juga seorang perancang busana berpengalaman ini menemukan bahwa bayi benar-benar dapat tidur lebih nyenyak jika mereka memiliki akses ke tangan mereka untuk menenangkan diri. Hana pun membuktikan bahwa Elijah tidur lebih nyenyak ketika tangannya dibiarkan naik ke atas dibandingkan ketika dibungkus dalam bedong.

Sejak didirikan pada tahun 2008, Love To Dream™ memiliki misi untuk membantu orang tua dan bayi agar dapat tidur nyenyak. Canggihnya nih Moms, bedong Love To Dream™ memungkinkan Si Kecil tidur dalam posisi alami, yaitu dengan tangan terangkat, sehingga ia merasa lebih tenang dan otomatis tidur lebih lama.


Takut Si Kecil kepanasan karena dibedong? Tak usah khawatir Moms! Untuk di Indonesia, Love To Dream™ hadir dalam 2 varian produk, yaitu 1.0 TOG yang cocok untuk semua cuaca, dan 0.2 TOG  dengan desain tanpa lengan dan material kain 100% Nuzzlin ultra ringan yang sangat lembut dan breathable untuk Moms yang tinggal di tempat yang bersuhu lebih hangat.

Tipe 1.0 TOG sendiri dilengkapi dengan selimut berlapis LUX KNOT dengan 100% katun dan lapisan alami yang lembut, sehingga pas untuk Si Kecil yang tidur di ruangan ber-AC nih, Moms! Yang pasti, keduanya memungkinkan mobilitas dan kebebasan yang tak dimiliki oleh bedong tradisional, sehingga sangat ideal untuk Si Kecil yang aktif.

Penasaran di mana Moms bisa mendapatkan bedong unik ini? Love To Dream™ dijual secara eksklusif di Mothercare Indonesia. Nah, asyiknya lagi, mulai dari tanggal 25 Maret lalu hingga 18 April 2021, Mothercare menggelar Seasonal Savers, yaitu potongan harga hingga 50%! Yuk, segera kunjungi gerai Mothercare, official website www.mothercare.co.id, atau official Mothercare Store di beberapa marketplace terkemuka, Moms! (Nanda Djohan/SW/Dok. Love To Dream™)



Tags: bayi,   membedong bayi,   bedong,   swaddle,   love to dream,   mothercare