Mother&Baby Indonesia
Waktu yang Tepat untuk Bercinta Setelah Operasi Caesar

Waktu yang Tepat untuk Bercinta Setelah Operasi Caesar

Proses persalinan tidak selamanya berjalan normal. Ada kalanya, kelahiran bayi dilakukan melalui tindakan operasi caesar.

Setelah menjalani operasi caesar, ibu kemungkinan akan merasakan nyeri di sekitar area perut selama beberapa minggu hingga beberapa bulan. Selama periode tersebut, mungkin Moms merasa takut berhubungan seks dengan pasangan dan bertanya-tanya kapan waktu yang tepat untuk kembali bercinta.



Menurut situs Healthline, sebagian besar ibu yang melalui persalinan melalui operasi caesar biasanya mengalami kesulitan untuk kembali berhubungan seks. Hal ini bisa disebabkan beberapa hal, antara lain rasa nyeri di area perut dan kekhawatiran jika berhubungan seks akan merusak jahitan bekas operasi.

Bukan itu saja masalahnya. Berbeda dengan ibu yang melahirkan secara normal, ibu yang melahirkan melalui operasi caesar biasanya akan mengeluarkan perdarahan nifas lebih sedikit karena sudah dibersihkan pada saat operasi. Meski begitu, perdarahan tersebut tetap bisa terjadi hingga enam minggu lamanya.

Waktu yang Tepat untuk Berhubungan Seks

Jadi kapan seorang ibu bisa kembali berhubungan seks setelah menjalani operasi caesar? Pada dasarnya, tidak ada ketentuan pasti kapan Moms bisa kembali bercinta. Namun pada umumnya, Anda perlu waktu pemulihan selama 4 hingga 6 pekan setelah menjalani operasi caesar untuk bisa kembali berhubungan seks. Pada masa ini, leher rahim biasanya sudah kembali menutup dan perdarahan diharapkan sudah berhenti.

Akan tetapi faktanya, proses pemulihan masing-masing ibu bisa berbeda. Ada yang lebih cepat, tapi ada pula yang lebih lambat pemulihannya. Oleh sebab itu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu guna memastikan kondisi Anda.



Masalah yang Mungkin Dihadapi

Di sisi lain, seorang ibu bisa saja pulih secara fisik tapi tidak secara mental. Beberapa hal yang mungkin membuat ibu merasa kurang bergairah untuk kembali berhubungan seks di antaranya adalah:

1. Rasa khawatir yang berlebihan

Dalam beberapa kasus, proses pemulihan fisik ibu berjalan dengan baik. Akan tetapi rasa khawatir yang berlebihan, misalnya takut berhubungan seks akan merusak jahitan pascaoperasi, bisa membuat gairah ibu menurun.

2. Kelelahan

Setelah melahirkan, ibu biasanya akan mengalami kelelahan karena harus mengurus dan menyusui Si Kecil. Apalagi pada beberapa bulan pertama, bayi kerap terbangun pada malam hari. Alhasil, tenaga ibu akan terkuras dan kurang bergairah saat berhubungan seks.

3. Stres dan kurang tidur

Hal lain yang yang mungkin menyebabkan ibu enggan berhubungan seks setelah melahirkan adalah stres dan kurang tidur yang kerap dialami setelah melahirkan. Apalagi jika stres yang dirasakan cukup berat sehingga membuat Anda merasa kewalahan atau bahkan mengalami depresi postpartum.

Hal-hal tersebut memang bisa membuat Anda merasa tidak nyaman atau enggan cepat-cepat berhubungan seks lagi. Sangat disarankan, Anda membicarakan masalah ini dengan suami sehingga bisa dicari solusinya. Jika diperlukan, Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahli, seperti dokter atau psikolog guna mengatasi masalah ini. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: persalinan,   ibu melahirkan,   operasi caesar,   seks