Mother&Baby Indonesia
5 Rekomendasi Penyedap Rasa Enak dan Praktis

5 Rekomendasi Penyedap Rasa Enak dan Praktis

Agar memasak untuk sahur dan berbuka puasa tetap enak dan praktis, tambahan penyedap rasa instan memang bisa jadi solusi ya, Moms. Penyedap rasa berbeda dengan penguat rasa atau MSG lho, Moms. Penyedap rasa adalah penambah cita rasa makanan, terbuat dari kaldu yang dijadikan ekstrak, bisa kaldu daging sapi, ayam, jamur, atau kaldu lainnya. Sedangkan penguat rasa terbuat dari bahan kimia bernama monosodium glutamat (MSG) atau biasa disebut mecin.

Penyedap rasa sendiri ada yang mengandung MSG, ada juga yang non-MSG. Moms bisa sesuaikan dengan kebutuhan memasak Anda. Jika bahan-bahan masakan Anda rasanya sudah cukup kuat alami, sepertinya tidak butuh lagi penyedap rasa yang mengandung MSG.



Nah, di bulan Ramadan seperti saat ini, memasak dengan tambahan penyedap rasa memang lebih praktis, karena tidak perlu waktu lama untuk membuat kaldu asli. Yuk, coba beberapa penyedap rasa instan berikut ini!

1. Bionic Farm Umamitake


Untuk Moms yang ingin menikmati kaldu jamur shitake, Bionic Farm Umamitake bisa jadi pilihan menarik, nih. Penyedap rasa ini dibuat dari jamur shitake organik, lada, garam, bawang putih, dan bumbu dapur lainnya yang menghasilkan perpaduan rasa gurih dan sedap. Produk ini diproses secara natural tanpa bahan kimia, cocok untuk digunakan sebagai pengganti MSG kimia. Pastinya produk ini juga halal ya, Moms.

Kisaran harga: Rp41.000/botol 75 gram

Beli di sini Tokopedia

2. Lemonilo Kaldu Pelezat Alami


Kaldu pelezat alami dari Lemonilo dijamin bebas dari bahan pengawet, perasa, dan pewarna buatan. Tentunya ini membuat masakan Anda lebih lezat alami dan sehat ya, Moms. Memasak pun jadi lebih praktis! Ada tiga varian yang bisa Anda coba, yaitu Ayam, Sapi, dan Jamur.



Kisaran harga: Rp25.100/botol 80 gram

Beli di sini Tokopedia

3. Totole Kaldu Rasa Jamur


Untuk Moms yang vegetarian, Anda bisa menikmati kaldu jamur Totole yang gurih, sehat, dan praktis ini. Kaldu jamur pengganti kaldu daging ini juga mengandung vitamin B, zat besi, dan antioksidan. Totole dapat digunakan untuk berbagai masakan, seperti tumisan, sup, tim, dan gorengan. Enak dan praktis!

Kisaran harga: Rp10.900/sachet 80 gram

Beli di sini Klikindomaret

4. Masako Penyedap Rasa


Siapa tak kenal Masako? Produk Ajinomoto ini bahkan sudah ada di Indonesia sejak 1969 lho, Moms. Bumbu kaldu Masako dibuat dengan daging ayam dan sapi asli pilihan yang berkualitas. Ekstrak daging sapi dan ayam ini memberikan rasa gurih alami dengan sentuhan bumbu-bumbu alami yang seimbang. Diolah dengan teknologi tinggi dan higienis, tentunya Masako juga halal ya, Moms.

Kisaran harga: Rp32.000/1 kilogram

Beli di sini Shopee

5. Royco Bumbu Kaldu


Merek penyedap rasa instan yang satu ini seperti sudah sangat terkenal di Indonesia ya, Moms. Jika selama ini Royco hanya memiliki kaldu rasa sapi dan ayam, kini Royco menghadirkan kaldu rasa jamur yang dibuat dari jamur pilihan. Produk ini tanpa pewarna, penguat rasa, dan cocok untuk berbagai masakan. Membuat sup, tumisan, sayuran, gorengan, tentu lebih mudah dan rasanya gurih alami. Pilihan ukuran Royco juga cukup banyak, ada yang kemasan sachet 9 gram, medium 40 gram, dan big pack 170 gram. 

Kisaran harga: Rp9.000/sachet 230 gram

Beli di Shopee

(Tiffany/SW/Dok. Freepik, Ajinomoto, Bionic Farm, Lemonilo, Masako, Royco, Totole)



Tags: rekomendasi,   penyedap rasa,   memasak,   kaldu