Mother&Baby Indonesia
Bikin Awet Muda! Ini 6 Rekomendasi Serum Retinol Lokal Terbaik!

Bikin Awet Muda! Ini 6 Rekomendasi Serum Retinol Lokal Terbaik!

Belakangan ini, serum menjadi salah satu produk skincare yang sangat populer. Ya Moms, serum disukai karena dianggap sebagai produk perawatan kulit yang efektif. Meskipun pemakaiannya hanya sedikit (3-5 tetes saja), serum bekerja dengan cara “ajaib” karena molekulnya mampu menembus lapisan kulit lebih dalam. Tak hanya itu, serum juga mengandung kadar zat aktif yang lebih tinggi dibandingkan produk perawatan kulit lainnya, seperti pelembap atau krim biasa.

Memang banyak jenis serum yang beredar di pasaran, namun sejak tahun 2020 lalu, serum dengan kandungan retinol menjadi “diva” di antara serum-serum lainnya. Tak heran, retinol yang didapatkan dari proses vitamin A ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk mengatasi berbagai masalah kulit, mulai dari mengatasi dan menghilangkan bekas jerawat, menghilangkan milia, hingga mengendalikan gejala psoriasis. Selain itu, retinol yang juga merupakan “aktor utama” dalam produk anti-aging ini juga disebut-sebut memiliki kemampuan untuk merangsang produksi kolagen, lho. Ia dapat mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit mati, sehingga membuat tekstur kulit menjadi lebih halus, lembut, dan cerah.



Hmm, melihat dari manfaatnya, sepertinya serum retinol ini cukup menguras dompet ya, Moms. Padahal, tidak juga, kok. Saat ini, sudah banyak lho, brand lokal yang mengeluarkan serum retinol dengan harga terjangkau namun kualitasnya tidak kalah dengan brand internasional.

Nah, jika Moms masih bingung serum retinol lokal mana yang ingin Moms coba, Moms bisa simak rekomendasi M&B berikut ini.

1. Avoskin Miraculous Retinol Ampoule

Serum retinol ini pas untuk Moms yang termasuk pemula dalam hal retinol. Formulanya sangat ringan dan sangat melembapkan, sehingga cocok untuk pemilik kulit supersensitif dan kering. Serum ini sendiri memiliki kandungan 3% actosome retinol, peptide, niacinamide, green tea leaf, raspberry, dan pomegranate untuk membantu merangsang produksi kolagen dalam kulit.

Mungkin Moms awalnya akan terkaget-kaget dengan teksturnya yang cukup kental dengan warna putih susu, yang membuat serum ini terlihat “berat”. Namun, saat diaplikasikan ke kulit, ternyata serum yang juga mendapatkan penghargaan kategori Local Hype versi Cosmo Reader's Choice Award 2020 ini sangat nyaman dan cepat meresap lho, Moms.

Efek langsung yang bisa Moms rasakan pada pemakaian pertama adalah kulit wajah yang terasa lebih kenyal. Jika digunakan secara rutin setiap malam hari sebelum tidur, serum retinol ini bisa menyamarkan kemerahan dan meratakan warna kulit wajah.

2. Somethinc Level 1% Retinol

Dikemas dalam botol kaca dengan tutup pipet, serum retinol berwarna kehijauan dari brand lokal superhits ini cukup populer diperbincangkan sejak awal peluncurannya. Serum ini memiliki kandungan retinol jenis encapsulated retinol unik yang memiliki shield berbentuk kristal yang membuatnya tidak menyebabkan iritasi dan aman untuk kulit sensitif. Tak hanya itu, retinol jenis ini juga lebih stabil serta sangat mudah meresap ke dalam lapisan kulit terdalam dan langsung memperbaiki sel kulit yang rusak.

Performanya sendiri bisa dibilang menakjubkan, Moms! Hanya dalam pemakaian rutin selama seminggu, Moms pun bisa langsung merasakan manfaatnya, seperti jerawat yang lebih mudah kempes atau beruntusan di wajah yang cepat mereda. Kandungan lainnya seperti hyaluronic acid, allantoin, dan ceramide-3 di dalamnya pun mampu melindungi kulit dari radikal bebas, antipolusi, dan menjaga kadar air pada lapisan kulit.

3. Bhumi HPR Retinol Serum

Produk Bhumi yang satu ini diklaim sebagai serum retinol merk lokal dengan kadar retinol paling kuat yang merupakan kombinasi antara 1% hydroxypinacolone retinoate (HPR) dan 1% retinol. Meski begitu, kandungan retinol complex tersebut memiliki formula yang stabil, sehingga tak menyebabkan kulit wajah Moms iritasi, justru membuat efek kulit yang lebih lembut.



Serum retinol ini cocok buat Moms yang mendambakan produk untuk mencegah penuaan dini, menghilangkan tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus dan flek hitam, serta mencerahkan kulit wajah akibat hiperpigmentasi. Untuk Moms yang belum pernah menggunakan retinol sebelumnya, coba aplikasikan serum ini secara bertahap sebelum menggunakannya rutin setiap hari.

4. FSS For Skin’s Sake Retinol Serum Concentrate

Terkadang, skincare dengan kandungan retinol bisa membuat kulit terasa kering atau iritasi, apalagi untuk Moms yang memiliki kulit sensitif. Namun, tidak dengan produk yang satu ini, Moms. Karena dikombinasikan dengan hyaluronic acid, serum ini tetap membuat kulit terasa lembap, kenyal, dan glowing, bahkan sejak pemakaian pertama.

Sama seperti produk For Skin’s Sake lainnya, serum retinol ini juga merupakan hybrid skincare, di mana serum ini menggunakan bahan yang berasal dari alam namun diformulasikan secara klinis agar tetap terjamin manfaatnya.

5. Elsheskin Active Rejuvenating Night Serum

Memiliki tekstur kental dengan warna keruh, serum dari Elsheskin ini merupakan perpaduan dari kandungan aktif 1% encapsulated retinol, multi-peptide complex, niacinamide, licorice extract, hyaluronic acid dan gluconoactone yang mampu meregenerasi dan merawat kulit bermasalah, membantu mengembalikan fungsi optimal skin barrier, serta memberikan hidrasi untuk kulit kering. 

Untuk mendapatkan hasil maksimal, Moms bisa memadukan serum ini dengan produk Elsheskin lainnya, yaitu Radiant Skin Serum. Flek hitam akan terlihat berkurang setelah satu bulan pemakaian, kulit pun akan terlihat lebih kenyal dan halus.

6. Erto’s Retinol Serum

Sudah mengantongi izin dari BPOM dan LPPOM MUI, brand yang satu ini bisa menjadi andalan Moms dalam merawat kulit. Produk ini memiliki kandungan 0,5% retinol, serta lipochroman-6 dan soybean oil sebagai pelembap serta anti-aging untuk menghalangi efek buruk radikal bebas dan antioksidan untuk membantu memperbaiki barrier kulit.

Dengan pemakaian teratur, serum retinol ini diklaim mampu mengatasi masalah kulit kusam, memudarkan flek hitam, meningkatkan produksi kolagen, mengatasi lingkaran hitam di bawah mata, serta menyamarkan garis halus di bawah permukaan kulit. Tak perlu takut kulit wajah Moms menjadi kering, selain soybean oil, serum ini juga dilengkapi dengan ekstrak aloe vera untuk menjaga kulit agar tetap terhidrasi.

Penting!

Moms, retinol memang memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kulit. Namun, sama seperti bahan aktif lainnya, retinol juga memiliki “aturan main” agar kulit Moms bisa mendapatkan manfaat maksimal dan terhindar dari risiko iritasi. Apa saja sih, yang harus Moms perhatikan saat menggunakan produk dengan kandungan retinol?

Dos

1. Gunakan serum retinol pada malam hari, karena pada waktu ini kulit sedang beristirahat sehingga retinol bisa membantu regenerasi sel kulit bekerja secara optimal.

2. Jika menggunakan serum retinol di pagi hari, jangan lupa mengaplikasikan krim pelembap dan sunscreen (minimal SPF 30) agar kulit tetap lembap dan terhindar langsung dari paparan sinar matahari.

3. Untuk awal pemakaian, mulai dengan kandungan rendah terlebih dahulu, seperti 0,3%, lalu meningkat 0,5%, hingga 1%. Gunakan juga 1-2 kali seminggu, dan perlahan tambah frekuensinya menjadi setiap hari.

4. Gunakan saat kulit dalam keadaan kering, karena retinol justru berisiko menyebabkan iritasi dan membuat kulit lebih cepat mengering jika digunakan dalam keadaan kulit yang lembap.

5. Aplikasikan di seluruh wajah dan leher, namun hindari kulit area mata karena lebih tipis dan lebih peka.

Don’ts

1. Menggunakan retinol selama masa kehamilan. Penggunaan retinol jangka panjang atau dalam dosis besar bisa meningkatkan risiko cacat lahir pada bayi.

2. Menggunakannya bersamaan dengan produk eksfoliasi yang mengandung AHA dan BHA, karena dapat mengakibatkan kulit menjadi sangat kering, bahkan rentan mengelupas.

3. Menggunakannya bersamaan dengan produk yang mengandung vitamin C. Retinol dan vitamin C bekerja secara efektif pada pH yang berbeda sehingga tak akan membuat kedua produk tersebut memberikan hasil yang maksimal. (Nanda Djohan/SW/Dok. Freepik)



Tags: rekomendasi,   serum retinol,   retinol,   antiaging,   serum wajah,   kecantikan