Mother&Baby Indonesia
Bumil Mau Berpuasa? Kenali Dulu Manfaat dan Risiko Berpuasa

Bumil Mau Berpuasa? Kenali Dulu Manfaat dan Risiko Berpuasa

Bulan Ramadan tentunya menjadi momen yang paling tepat untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Salah satu caranya adalah dengan menjalankan ibadah puasa. Lantas bagaimana dengan ibu hamil? Apakah bisa tetap berpuasa?

Jawabannya adalah bisa! Ibu hamil tetap bisa menjalankan ibadah puasa, tapi dengan memperhatikan beberapa persyaratan, antara lain:



• Ibu hamil dalam kondisi sehat.

• Janin dalam kondisi baik.

• Ibu hamil tidak memiliki riwayat penyakit berat.

• Ibu hamil tidak pernah memiliki kelainan atau masalah pada kehamilan terdahulu.

• Ibu hamil harus memperhatikan asupan nutrisi pada saat sahur dan berbuka puasa.

Dan yang tak kalah penting, Moms tentunya harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu guna memastikan Anda dan janin dalam kondisi sehat sebelum berpuasa. Jika dilakukan dengan cara benar, berpuasa juga bisa memberikan manfaat bagi ibu hamil.

Manfaat Berpuasa untuk Ibu Hamil

Manfaat berpuasa bagi ibu yang sedang hamil sesungguhnya tidak jauh berbeda dengan manfaat bagi orang-orang pada umumnya. Ibu hamil memiliki kecenderungan lebih cepat lapar, sehingga makan lebih banyak pada hari-hari biasa. Dengan berpuasa, ibu hamil bisa mendapatkan manfaat sebagai berikut:

1. Mengontrol Berat Badan



Seperti yang telah disebutkan, ibu hamil lebih mudah merasa lapar dan makan lebih banyak. Hal ini tentunya akan meningkatkan risiko kenaikan berat badan secara berlebihan. Namun saat berpuasa, makan hanya bisa dilakukan pada sore dan malam hari. Dengan demikian, kenaikan berat badan saat hamil bisa lebih terkontrol. Satu hal yang perlu diingat, ibu hamil jangan makan berlebihan saat berbuka puasa, terutama makanan manis. Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis saat berbuka bisa memicu diabetes pada ibu hamil sehingga akan memengaruhi janin.

2. Memperbaiki Metabolisme Tubuh

Berpuasa juga diyakini dapat memperbaiki metabolisme tubuh. Saat berpuasa, sel-sel di dalam tubuh akan membersihkan sisa-sisa kotoran dan memperbaiki gangguan pada sistem metabolisme tubuh.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Diabetes

Berpuasa bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dan meningkatkan kinerja insulin. Manfaat puasa ini bisa membuat ibu hamil berisiko lebih rendah mengalami diabetes melitus. Masalah diabetes bukan hanya bisa memengaruhi janin, tapi juga dapat memicu sejumlah masalah lain pada kehamilan.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Berpuasa bisa mengurangi risiko terjadinya sejumlah penyakit pada ibu hamil, misalnya hipertensi, kolesterol tinggi, dan penyakit jantung. Namun manfaat puasa pada ibu hamil tersebut masih perlu diteliti lebih lanjut.

Ketahui Risikonya

Meski memiliki sejumlah manfaat, berpuasa juga menimbulkan beberapa risiko bagi ibu hamil, yaitu:

• Tubuh terasa lemas

• Sakit kepala

• Asam lambung naik

• Dehidrasi

• Pusing

• Pingsan.

Mengingat adanya risiko tersebut maka ibu hamil sebaiknya tidak memaksakan untuk berpuasa jika memang tidak kuat atau mulai merasakan gejala di atas. Pastikan, Anda terus memantau pergerakan janin dan periksa kandungan terlebih dahulu sebelum menjalankan ibadah puasa. (Wieta Rachmatia/TW/Dok. Freepik)



Tags: puasa,   ibu hamil,   janin,   kandungan