Mother&Baby Indonesia
Ini Bahayanya Jika Ibu Hamil Mengonsumsi Tauge Mentah

Ini Bahayanya Jika Ibu Hamil Mengonsumsi Tauge Mentah

Di masa kehamilan, Moms tentu dianjurkan mengonsumsi makanan sehat dan kaya nutrisi. Kecambah atau tauge yang mengandung protein, folat, magnesium, fosfor, mangan, serta vitamin C dan K juga menjadi salah satu makanan kaya nutrisi yang perlu dikonsumsi ibu hamil. Tak hanya itu, tauge juga mengandung antioksidan, mudah dicerna, dan rendah kalori. 

Ya, meski bentuknya kecil, tauge punya nilai gizi yang cukup tinggi. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), secangkir tauge mengandung kalori (31), sodium (6,2 mg), karbohidrat (6,2 g), serat (1,9 g), gula (4,3 g), dan protein (3,2 g). Jadi, tauge bisa jadi pilihan sehat untuk bumil.



Tauge memang merupakan salah satu jenis sayuran yang paling mudah ditemui. Bahkan ada beragam makanan khas Nusantara yang menggunakan tauge sebagai salah satu bahan utamanya, seperti ketoprak, gado-gado, tauge goreng, dan lain sebagainya.

Namun, meski sehat dan kaya nutrisi, bumil nyatanya tidak dianjurkan untuk mengonsumsi tauge mentah atau yang belum dimasak sama sekali. Sebab, ada kemungkinan terdapat bakteri seperti Listeria, Salmonella, dan Escherichia coli yang dapat berpindah ke dalam biji kecambah melalui celah pada cangkang tauge. Keberadaan bakteri ini bisa semakin tinggi jika tauge mentah tidak dicuci dengan bersih.

Mengonsumsi tauge mentah bisa berisiko menimbulkan gangguan pada kesehatan selama kehamilan yang Anda jalani. Misalnya, muncul masalah pada kesehatan organ dalam tubuh hingga memicu penyakit dengan risiko fatal. Selain itu, mengonsumsi tauge mentah juga dapat menyebabkan bayi lahir mati (stillbirth), keguguran, infeksi berbahaya, dan kelahiran prematur pada bayi baru lahir.

Bukan hanya tauge mentah, Moms yang sedang hamil juga dianjurkan untuk tidak mengonsumsi makanan apa pun yang tidak dimasak terlebih dahulu. Selain menyebabkan bahaya pada proses kelahiran bayi, bumil juga bisa mengalami kondisi mual, muntah, diare, hingga infeksi.



Tips Mengolah Tauge untuk Bumil


Ibu hamil tentu masih boleh mengonsumsi tauge, tetapi Moms perlu memasaknya dengan benar terlebih dahulu. Agar tetap aman, berikut ini beberapa tips yang bisa Moms lakukan saat hendak mengonsumsi tauge:

• Pastikan tauge yang Anda beli masih segar, tidak berbau apek atau terlihat kecil.

• Simpan tauge di dalam kulkas di dalam wadah kering bila Anda tidak ingin langsung mengonsumsinya.

• Sebelum mengolah tauge, usahakan untuk membersihkan bagian akar dari tauge yang bisa mencegah terjadinya keracunan makanan.

• Cuci tauge di bawah air mengalir hingga bersih.

• Masak tauge pada suhu 75 derajat Celsius untuk membunuh semua bakteri dan aman untuk dikonsumsi bumil.

• Kombinasikan tauge dengan sayuran lain serta lauk seperti tahu, daging, atau udang untuk menambahkan kadar nutrisi yang masuk ke tubuh Anda dan menjadi asupan yang baik dan menyehatkan bagi Anda dan janin. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   ibu hamil,   tauge,   nutrisi