Mother&Baby Indonesia
7 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh Ibu Hamil

7 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh Ibu Hamil

Bicara soal menjaga kesehatan dengan cara alami, jahe tentu selalu menjadi andalan para Moms. Herba yang satu ini memang memberi aroma yang menenangkan, rasa yang enak, dan tentunya berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Jahe juga cocok untuk dikreasikan menjadi berbagai menu, mulai dari teh jahe, sup ayam jahe, atau bahkan permen jahe.

Lebih baiknya lagi, jahe segar yang punya nama latin Zingiber officinale juga aman untuk ibu hamil lho, Moms. Mengutip Mom Junction, satu gram jahe segar yang dibagi 2 atau 4 per porsi aman untuk ibu hamil. Yang tidak aman adalah jahe bubuk, dosisnya harus dikonsultasikan dulu ke dokter kandungan Anda sebelum Anda mengonsumsinya. 



Apa saja manfaat jahe untuk tubuh ibu hamil? Simak penjelasannya di bawah ini, Moms.

1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Mengonsumsi jahe segar saat hamil dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh Anda. Jahe segar juga bisa membantu memberikan cadangan darah yang cukup untuk janin Anda lho, Moms.



2. Menstabilkan Kadar Kolesterol

Takut kadar kolesterol Anda berlebihan saat hamil? Untuk menstabilkan kadar kolesterol Anda, cobalah mengonsumsi jahe segar. Jahe juga efektif untuk mengurangi kadar kolesterol yang sudah telanjur tinggi saat hamil. Selain jahe, Moms bisa ketahui juga makanan lainnya yang dapat menurunkan kolesterol bumil di artikel ini: Makanan Penurun Kolesterol Tinggi untuk Ibu Hamil.

3. Meredakan Mual Muntah

Mual muntah saat hamil atau morning sickness dialami oleh sekitar 80 persen ibu hamil di seluruh dunia. Jika Anda salah satunya dan ingin meredakannya dengan cara alami, cobalah jahe segar. Anda bisa membuat teh jahe yang aroma dan rasanya berkhasiat untuk meredakan mual dan muntah. Mau cara alami lain untuk meredakan morning sickness? Klik artikel 7 Cara Ampuh Mengatasi Morning Sickness ya, Moms.

4. Mengusir Flu dan Batuk

Kondisi tubuh ibu hamil membuatnya jadi lemah dan lebih mudah sakit dibanding sebelumnya. Nah, ketika ibu hamil terserang pilek dan batuk, maka obat alami yang aman untuk bumil adalah jahe segar. Ini bisa membantu mendongkrak imunitas tubuh Anda agar lebih kuat melawan kuman dan virus. Hasilnya, tubuh cepat sembuh dari flu dan batuk, deh. Jahe segar juga efektif mencegah infeksi kuman dan virus, lho!

5. Menjaga Kadar Gula Darah

Mengutip Web MD, jahe dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dan menjaganya tetap stabil. Namun bagi wanita hamil dengan diabetes gestasional, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan sebelum mengonsumsi jahe. Ingat, konsumsi jahe berlebih dapat meningkatkan risiko keguguran!

6. Meredakan Heartburn

Heartburn adalah istilah umum untuk menggambarkan sensasi panas atau perih pada tenggorokan, dada, atau perut bagian atas. Sensasi ini muncul akibat naiknya asam lambung, sehingga kondisi ini sering juga disebut sebagai acid reflux. Untuk meredakan heartburn, Moms bisa mengonsumsi air jahe yang ditambahkan madu atau gula sesuai selera. Minum ini di antara waktu makan ya, Moms.

7. Otot Kencang

Kehamilan membuat tubuh Anda harus melalui berbagai hal, salah satunya “menggendong” Si Kecil di perut Anda selama berbulan-bulan. Tubuh tentu butuh waktu untuk menyesuaikan tambahan beban ini. Akibatnya, otot mudah lelah dan kencang yang memberikan rasa tidak nyaman di sekujur tubuh. Untuk meredakan keluhan kehamilan yang satu ini, coba minum secangkir teh jahe atau air jahe yang dapat meredakan otot kejang, sakit punggung, skiatika, dan kaki bengkak. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   ibu hamil,   jahe,   morning sickness,   kesehatan