Mother&Baby Indonesia
Ikut Kelas Edukasi Parenting, Bermanfaat atau Tidak?

Ikut Kelas Edukasi Parenting, Bermanfaat atau Tidak?

Mengasuh Si Kecil memang bukan pekerjaan yang mudah, apalagi untuk Moms dan Dads yang baru pertama kali menjalaninya. Anda tentu mencari informasi mengenai pengasuhan anak, baik dari buku ataupun internet. Tak sedikit juga yang akhirnya mengikuti kelas edukasi pola asuh atau parenting yang semakin banyak diselenggarakan belakangan ini.

Kelas atau sekolah parenting merupakan satu aktivitas yang bisa dimanfaatkan orang tua untuk mempelajari beragam hal mengenai pola asuh. Mulai dari jenis-jenis pola asuh, cara berkomunikasi yang efektif dengan anak, serta langkah menghadapi setiap perubahan dan perkembangan dari Si Kecil.



Materi yang ada diberikan oleh praktisi seperti psikolog dan Anda dapat mengikuti kelas sesuai dengan usia Si Kecil. Jadi, ada kelas mengenai cara menyusui dan merawat bayi, pembelajaran mengenai stimulasi yang tepat untuk anak usia batita hingga balita.

Manfaat Mengikuti Kelas Parenting


Mengikuti kelas parenting bisa menjadi solusi bagi orang tua untuk tahu cara menghadapi anak-anak. Tentu ada manfaat yang bisa Anda dapatkan jika meluangkan waktu untuk mengikutinya, antara lain:

• Memberikan perspektif baru tentang parenting kepada orang tua.



• Moms dan Dads mengetahui dasar-dasar mengenai pengasuhan, sehingga menjadi lebih percaya diri ketika menerapkannya pada Si Kecil.

• Orang tua bisa mengetahui informasi terbaru mengenai parenting yang nantinya bisa disesuaikan dengan pola asuh anak seiring pertambahan usianya.

• Dengan mengenal berbagai jenis pola asuh, Anda dapat menentukan yang paling tepat dan sesuai dengan karakter serta kepribadian Si Kecil.

• Dapat membantu Moms dan Dads membesarkan Si Kecil menjadi anak yang bahagia, produktif, dan mampu beradaptasi di tengah masyarakat nantinya.

• Moms dan Dads dapat berkenalan dengan orang tua lain dan menjadi sarana berbagi pengalaman dan keterampilan baru dalam pengasuhan anak, sekaligus dapat menjadi teman untuk saling mendukung satu sama lain.

Haruskah Mengikuti Kelas Parenting?

Memang ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengikuti kelas atau sekolah parenting. Berbagai saran yang diberikan praktisi maupun orang tua lain selama kelas dapat menjadi motivasi Anda untuk menerapkan pola asuh yang dirasa tepat bagi Si Kecil.

Meski begitu, Anda mungkin masih ragu untuk mengikuti kelas parenting. Dan beberapa pakar menyebutkan bahwa orang tua tidak diharuskan untuk mengikutinya. Sebab, kegiatan ini membutuhkan biaya serta waktu luang agar pemaparan materi bisa Anda terima dengan baik.

Moms dan Dads masih bisa mendapatkan informasi parenting dari buku maupun internet, tentu dengan sumber yang valid dan benar. Jika masih mengalami kesulitan, tidak ada salahnya untuk bertemu dengan psikolog anak dan keluarga sebagai langkah menentukan pola asuh tepat yang bisa Anda terapkan kepada Si Kecil. (Vonia Lucky/ND/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   kelas parenting,   parenting