Mother&Baby Indonesia
5 Mimpi Buruk yang Biasa Dialami Para Ibu dan Artinya

5 Mimpi Buruk yang Biasa Dialami Para Ibu dan Artinya

Menjadi seorang ibu adalah anugerah bagi setiap wanita dan ini merupakan tugas mulia dalam hidup. Di samping rasa bahagia karena menjalani peran sebagai ibu, mungkin Moms juga tetap memiliki banyak kekhawatiran tentang mengurus anak Anda, dan bahkan sampai ada yang terbawa mimpi.

Mungkin mimpi aneh sering dialami oleh wanita hamil, namun keanehan serta mimpi buruk tersebut ternyata juga menghampiri ketika Anda sudah menyandang status sebagai seorang ibu. Nyatanya, mimpi tersebut bisa sangat menyedihkan sehingga bisa membuat Anda sulit tidur, terutama saat Anda baru saja punya anak.



Tak mengada-ada, bahkan seperti dilansir laman Times of India, para peneliti telah menemukan mimpi umum yang biasa dialami para ibu khususnya saat mereka membesarkan anaknya, di antaranya:

1. Kehilangan Anak

Mimpi ini tentu akan membuat Moms langsung terbangun dan refleks memeluk anaknya dengan erat. Ya, orang tua memang sering bermimpi tentang kehilangan orang yang dicintai atau anaknya terutama saat anaknya masih sangat kecil. Mimpi tersebut bisa memperlihatkan entah kehilangan sang anak selamanya atau kembali menemukan anaknya.

Berdasarkan beberapa studi dan analisis, mimpi tentang kehilangan anak bisa berkaitan dengan kecemasan seorang ibu soal menjadi orang tua, di mana mungkin ia merasa kewalahan atau stres tentang tanggung jawab di dalam rumah tangga, atau memang merasa insecure karena masalah masa lalunya.

2. Mengabaikan atau Menelantarkan Anak

Selain kehilangan anak, mimpi buruk lainnya yang bisa membangunkan ibu adalah saat ia bermimpi melihat anaknya dalam situasi buruk dan mengabaikannya, mengalami pelecehan, tinggal sendirian, atau mengalami siksaan. Namun ingatlah, ini tidak ada hubungannya dengan anak Anda.



Mimpi tersebut bisa menjadi perpanjangan dari emosi Anda, di mana mungkin Moms merasa ditinggalkan, diabaikan, atau berjuang untuk melupakan suatu hal yang terjadi di masa kecil Anda.

3. Menjadi Ibu yang Buruk 

Karena kritikan, penilaian dari orang lain serta seringnya dibanding-bandingkan, semua itu membuat Moms rentan merasa bersalah tentang bagaimana gaya pengasuhannya serta caranya menjaga anak. Bahkan, tak sedikit para ibu yang berpikir bahwa ibu lain lebih baik dari mereka, sehingga pemikiran tersebut sering muncul dalam mimpi.

Beberapa peneliti percaya bahwa mimpi semacam ini sering dialami para ibu baru, yang sering khawatir soal membesarkan anak. Selain itu, mimpi tersebut juga bisa dialami bila Anda memiliki masalah yang tak terselesaikan di masa lalu, atau merasa orang tua Anda tidak kompeten mengurus anak.

Bila Moms bermimpi tentang menjadi ibu yang buruk, ini sebenarnya hanya menunjukkan seberapa terlibatnya Anda dalam kehidupan anak-anak Anda. Ingatlah, mimpi hanyalah mimpi. Semua ibu telah melakukan tugas yang baik untuk anak mereka.

4. Punya Anak Lagi

Buat sebagian orang, memiliki banyak anak adalah mimpi buruk. Hal yang mendasari mengapa banyak ibu memimpikan hal tersebut adalah karena keinginan di dalam hatinya, yaitu ingin punya anak lagi namun belum terwujud. Bila Moms berpikir untuk hamil lagi, mungkin mimpi tersebut bisa menjadi nyata.

Mimpi tersebut juga mungkin dialami para ibu yang mengalami masalah infertilitas. Di sisi lain, beberapa ahli percaya bahwa mimpi tersebut tidak ada hubungannya tentang anak sama sekali. Bisa saja berarti sebuah perubahan signifikan mungkin akan terjadi pada diri Anda.

5. Melihat Bayi Baru Lahir dalam Bahaya

Mimpi ini sering dialami ibu yang baru saja melahirkan. Sebanyak 73% wanita diketahui mengalami mimpi buruk usai melahirkan, dan sebagian besar bermimpi tentang kehilangan anaknya, atau sang anak tersesat di sebuah tempat dan mereka tak bisa menyelamatkannya.

Mimpi buruk setelah melahirkan ini mungkin terjadi karena kecemasan dalam merawat atau menjaga bayi baru lahir, atau ini bisa menjadi masalah problematik karena peningkatkan rapid eye movement (REM), atau terkait siklus tidur dan perubahan hormon yang dialami.

Nah, apakah Moms pernah memimpikan hal yang sama seperti di atas? (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: mimpi,   arti mimpi