Mother&Baby Indonesia
Ini Manfaat Anak Menghabiskan Waktu dengan Kakek dan Neneknya

Ini Manfaat Anak Menghabiskan Waktu dengan Kakek dan Neneknya

Kakek dan nenek dikenal sebagai dua sosok yang penuh kasih dan akan sangat menyenangkan bila kita ataupun Si Kecil bisa tumbuh besar saat mereka masih ada. Tak hanya terkenal baik dan suka membantu, seperti mengasuh dan menjaga cucu kecilnya, keberadaan kakek dan nenek juga ternyata sangat menolong dalam hal pertumbuhan seorang anak.

Saat anak Anda menghabiskan waktu dengan kakek-neneknya, tentunya ini merupakan hal yang berharga. Namun selain itu, seperti dilansir laman Times of India, ada beberapa manfaat berdasarkan sains yang bisa didapat bila anak Anda sering menghabiskan waktu dengan kakek-neneknya, yaitu:



1. Jadi Lebih Tangguh

Saat anak tahu banyak tentang sejarah keluarganya dan banyak berbagi hal emosional dengan kakek-neneknya, ia akan jadi lebih tangguh dan tajam dalam berpikir. Ia juga akan terlihat lebih pintar dan dewasa dibandingkan anak lainnya. Hal ini dikarenakan Si Kecil belajar tentang sejarah keluarga dan mungkin segala cerita kesulitannya, sehingga ia tahu bagaimana harus bangkit dan berjuang kembali.

2. Mampu Menghadapi Masalah Emosional dan Perilaku

Ketika anak Anda menghabiskan banyak waktu dengan kakek-neneknya, ia akan memiliki pemahaman yang lebih baik dalam menghadapi masalah emosional atau perilaku dan juga mampu mengatasi segala jenis trauma. Studi yang dilakukan oleh University of Oxford pun menemukan hal yang sama seperti yang telah disebutkan.



3. Cenderung Tidak Melakukan Diskriminasi Usia

Berdasarkan sebuah studi, anak-anak yang memiliki hubungan penuh kasih dan dekat dengan kakek-neneknya memiliki kemungkinan kecil untuk berlaku tidak sopan atau melakukan diskriminasi usia.

4. Menurunkan Risiko Depresi

Selain itu, saat Si Kecil menghabiskan waktu dengan kakek-neneknya untuk membangun kedekatan di antara mereka, anak Anda akan memiliki sistem emosi dalam dirinya, di mana ia akan membangun hubungan persahabatan dengan kakek-neneknya yang pada akhirnya akan membantunya untuk menurunkan risiko masalah kesehatan mental di usia muda dan risiko depresi sebagai orang dewasa nanti.

5. Memiliki Stabilitas Hidup

Ketika seorang anak memiliki orang tua yang sibuk dengan pekerjaanya, tentu akan sulit untuk Si Kecil terhubung dengan orang tuanya. Nah, keberadaan kakek-nenek bisa membantu dan mengisi kekosongan tersebut.

6. Mendapat Banyak Pelajaran Nilai dan Moral

Meski ini merupakan tugas utama orang tua, kakek-nenek juga bisa menjadi sosok yang memberikan banyak bantuan soal mengajarkan nilai dan moral pada anak Anda. Kakek dan nenek biasanya akan mengajarkan kisah teladan, menanamkan kebijaksanaan, dan memberikan pengaruh yang baik pada kehidupan cucunya. Jadi anak Anda bisa tumbuh sebagai manusia yang baik, menghormati orang yang lebih tua, karena bantuan kakek-neneknya.

7. Bermanfaat Juga untuk Kakek dan Nenek Si Kecil

Tak hanya untuk Si Kecil, kedekatan anak dengan kakek-neneknya juga bermanfaat untuk kakek dan nenek anak tersebut. Faktanya kakek-nenek yang memiliki hubungan baik dan menjaga cucunya, rata-rata meningkatkan kesempatan hidup sekitar 5 tahun dan memiliki kemungkinan kecil mengalami masalah kesepian maupun kecemasan.

Bagaimana Moms, apakah Si Kecil menjadi anak yang beruntung yang bisa menghabiskan waktu dengan kakek-neneknya? (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   kakek nenek