Mother&Baby Indonesia
Makanan yang Baik untuk Penderita Asam Lambung, Ini Daftarnya!

Makanan yang Baik untuk Penderita Asam Lambung, Ini Daftarnya!

Moms, pernah mengalami panas atau sensasi terbakar pada perut dan nyeri pada ulu hati? Jika ya, bisa jadi Anda memiliki penyakit asam lambung. Penyakit ini bisa dialami baik oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Penyakit ini merupakan gangguan pencernaan yang terjadi ketika asam lambung mengalir dengan cara yang salah dan justru kembali atau naik ke kerongkongan, mengutip dari laman Web MD, umumnya gejala asam lambung berupa kesulitan menelan, mengalami mual, terkadang muntah, perut kembung, dan makanan naik kembali ke kerongkongan, serta sensasi panas di perut dan nyeri di ulu hati.



Banyak faktor yang dapat memicu naiknya asam lambung, salah satunya adalah makanan. Ada beberapa makanan yang harus Anda hindari, termasuk cokelat, buah-buahan asam, makanan asam, makanan tinggi lemak, dan makanan pedas. Tetapi ada daftar makanan lainnya yang justru dapat membantu atau setidaknya tidak memperburuk kondisi asam lambung Anda.

Dikutip dari Medical News Today, sampai saat ini, masih terdapat sedikit bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa mengubah pola makan dapat memperbaiki gejala. Namun, sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 yang melibatkan lebih dari 500 orang menemukan bahwa beberapa makanan memang tampaknya mengurangi frekuensi gejala asam lambung. Berikut daftar makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

1. Jahe

Dilansir dari laman Healthline, jahe memiliki sifat antiinflamasi dan merupakan pengobatan alami untuk membantu menenangkan perut yang sakit atau masalah pencernaan lainnya. Anda bisa mencoba minum teh jahe panas untuk meredakan gejala.



2. Oatmeal

Oatmeal merupakan menu sarapan terbaik untuk penderita asam lambung, karena merupakan sumber serat yang baik, yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan cukup untuk memberi Anda energi selama berjam-jam. Mengonsumsi makanan dengan kandungan serat yang tinggi telah dikaitkan dengan penurunan risiko asam lambung. Pilihan makanan tinggi serat lainnya yakni beras whole-grain dan roti whole-grain.

Tetapi perhatikan tambahan topping-nya. Krim, gula, sirup, dan buah kering semuanya dapat memicu gejala asam lambung. Oleh karena itu, jika ingin menambahkan topping ke dalam oatmeal atau roti whole-grain, pilihlah buah-buahan segar, bukan buah-buahan masam, sebagai alternatif.

3. Sayuran Hijau

Rasanya, sudah bukan rahasia umum lagi jika sayuran hijau termasuk salah satu makanan sehat untuk dikonsumsi, tidak terkecuali untuk penderita asam lambung. Beberapa sayuran hijau, seperti brokoli, bayam, kangkung, asparagus, kubis, selada, dan seledri, memiliki kandungan serat tinggi, rendah kalori, dan tidak akan menyebabkan lebih banyak gas di perut sehingga dapat membantu mengurangi gejala asam lambung.

4. Daging dan Ikan Tanpa Lemak

Bagi penderita asam lambung, daging atau ikan tinggi lemak dapat memicu naiknya asam lambung. Oleh karena itu, jika ingin mengonsumsi daging atau ikan, Anda disarankan untuk memilih daging dan ikan tanpa lemak yang tidak akan memicu asam lambung. Pastikan Anda menghilangkan kulit dari dagingnya dan olah makanan dengan cara memanggang, merebus, mengukus, atau saute, yaitu metode memasak kering yang menggunakan panas tinggi dan sedikit minyak.

5. Root Vegetables (Sayuran Umbi-umbian)

Beberapa jenis sayuran umbi-umbani atau root vegetables, seperti ubi jalar, kentang, wortel, dan lobak dipenuhi karbohidrat kompleks yang sehat dan serat yang dapat dicerna dengan baik oleh lambung. Namun perhatikan, hindari memasak makanan ini dengan bawang bombay atau bawang putih, karena dapat mengiritasi lambung Anda.

6. Olive Oil

Pada dasarnya, tubuh Anda membutuhkan lemak agar dapat bekerja dengan benar, tetapi sayangnya mengonsumsi makanan tinggi lemak dapat memperburuk gejala asam lambung. Nah, sebagai gantinya, Anda dapat mencoba lemak sehat seperti minyak zaitun (olive oil) yang lebih baik dikonsumsi untuk penderita asam lambung. Pilihan makanan lemak sehat lainnya termasuk alpukat, walnuts, flaxseed, sesame oil, dan sunflower oil.

7. Pisang

Dikutip dari laman Alodokter, pisang memiliki kandungan pH sekitar 5,6, yang baik untuk menetralisir asam lambung sehingga menjadikan buah ini baik bagi penderita asam lambung. Selain pisang, buah-buahan lainnya seperti pir, apel, dan melon, juga baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung. (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   kesehatan,   asam lambung,   makanan untuk penderita asam lambung