Mother&Baby Indonesia
Moms, Ini 5 Makanan yang Harus Dihindari saat Buka Puasa

Moms, Ini 5 Makanan yang Harus Dihindari saat Buka Puasa

Tak hanya ibadah, Moms juga tetap perlu memperhatikan pola makan sehat dan seimbang selama berpuasa, agar tubuh tetap bugar menjalani hari demi hari. Selain itu, mengadopsi pola makan yang baik selama puasa juga dapat mengurangi risiko terjangkitnya penyakit tertentu. Jadikan wakgu berbuka puasa sebagai momen Moms dan keluarga bisa menyuplai kembali energi serta nutrisi yang diperlukan tubuh.

Nah, dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari saat buka puasa. Yuk, ketahui penjelasannya, Moms!



1. Makanan yang Digoreng

Bakwan, tempe mendoan, dan tempura mungkin sering dilihat sebagai menu berbuka yang menggiurkan. Namun, sayangnya berbagai makanan yang digoreng ini dapat bermanfaat buruk bagi sistem pencernaan, terlebih lagi selama puasa.

Makanan jenis ini akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras sehingga tubuh menjadi lebih mudah lelah. Belum lagi makanan yang digoreng kaya akan lemak jahat yang buruk bagi tubuh. Minyak yang terlalu banyak juga akan mengendap dan mengganggu kinerja sistem pencernaan, bahkan bisa memicu GERD atau asam lambung.



2. Minuman Tinggi Gula

Pilihlah makanan dan minuman manis untuk berbuka puasa dengan cermat ya, Moms. Soalnya, makanan dan minuman yang terlalu manis malah dapat mengganggu metabolisme tubuh Anda. Biasanya makanan dan minuman yang terlalu manis akan membuat perut terasa kenyang, padahal kandungan gizinya belum tentu memenuhi standar. Pasalnya, selain gula alias karbohidrat, Moms juga butuh serat, vitamin, mineral, dan protein. Jadi, hindari makanan dan minuman manis untuk berbuka dan jangan menjadikannya sebagai satu-satunya menu berbuka Anda dan keluarga, Moms.

3. Makanan Berlemak

Lemak memang salah satu zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun bukan sembarang lemak lho, Moms. Pilih makanan sumber lemak tidak jenuh, seperti alpukat atau salmon, dan hindari makanan sumber lemak jenuh, seperti kentang goreng dan gorengan, saat berbuka puasa. Soalnya, lemak jenuh dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, serta memperburuk gejala diabetes.

4. Makanan Pedas dan Asam

Moms mungkin berencana menjadikan ayam geprek dengan sambal super pedas sebagai menu buka puasa, tapi sebaiknya rencana ini perlu diurungkan. Soalnya, makanan dengan rasa tajam, terutama pedas dan asam, dapat memicu GERD atau maag. Meski tidak serta-merta menjadi sebab utama, makanan yang terlalu pedas maupun asam dapat memicu kambuhnya GERD dan memperparah gejalanya. Makanan pedas bisa menyebabkan iritasi pada lapisan mukosa lambung. Terlebih lagi jika dikombinasikan dengan makanan asam.

5. Minuman Berkarbonasi

Minuman bersoda pasti tampak sangat menyegarkan untuk melegakan dahaga selepas puasa. Namun, sebenarnya minuman bersoda tidak pantas untuk membuka puasa Anda, Moms. Minuman jenis ini mengandung banyak gelembung udara berisi karbon diosida, yang jika terlalu banyak dilepaskan di lambung dapat menyebabkan meningkatnya produksi gas di saluran cerna. Akibatnya, Moms bisa merasa perut terasa kembung, begah, dan tidak nyaman secara keseluruhan. Pada beberapa kasus, minuman bersoda bahkan bisa memicu GERD, lho. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: buka puasa,   puasa,   nutrisi,   kesehatan,   gizi,   makanan