Mother&Baby Indonesia
Tak Hanya Manis, Ini Manfaat Madu untuk Kecantikan Wajah

Tak Hanya Manis, Ini Manfaat Madu untuk Kecantikan Wajah

Madu adalah salah satu produk alami yang dihasilkan oleh lebah dan sudah sejak lama diketahui dapat menjadi obat untuk berbagai macam penyakit. Namun, tahukah Anda jika madu banyak digunakan dalam begitu banyak produk kecantikan?

Dikutip dari laman Women’s Health, menurut Mona Gohara, MD, profesor klinis di Departemen Dermatologi Yale, madu memiliki khasiat penyembuhan alami, meningkatkan pembentukan kolagen, dan dapat berperan sebagai anti-aging yang baik.



Lebih lanjut, Dendy Engelman, MD, seorang ahli dermatologi, mengatakan bahwa madu memiliki sifat antiseptik, antibakteri, dan antiinflamasi alami. Karena alasan itulah, madu banyak digunakan dalam aneka produk kecantikan. Madu, terutama madu mentah yang tidak dipasteurisasi dan madu manuka, dianggap sangat baik, tidak hanya untuk kesehatan, tetapi juga untuk wajah. Yuk, Moms cari tahu beberapa manfaat madu untuk wajah berikut ini!

1. Menyembuhkan Jerawat

Sebuah studi pada tahun 2016 secara in-vitro telah menemukan bahwa madu memiliki sifat antibakteri dan dapat menghambat pertumbuhan banyak mikroba penting secara dermatologi, termasuk Propionibacterium acnes yang dapat menyebabkan jerawat dan Staphylococcus aureus yang dapat menyebabkan dermatitis atopik dan infeksi kulit lainnya. Sifat antijamur yang dimiliki oleh madu dapat membantu mencegah jenis berjerawat tertentu. Selain itu, sifat antiinflamasi yang dimiliki madu juga dapat mengurangi peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

Salah satu cara merasakan manfaat madu untuk wajah adalah mencampurnya dengan bahan lain untuk membuat masker wajah. Sebelum melakukan ini, pastikan untuk melakukan patch test terlebih dahulu guna memastikan Anda tidak akan mengalami reaksi alergi.



Moms bisa mencampurkan madu mentah dan kayu manis murni. Lalu, oleskan ke kulit Anda dan biarkan selama kurang lebih 8 hingga 10 menit. Setelah itu, bilas wajah sepenuhnya dengan menggunakan air suam kuku dan keringkan.

2. Menjaga Kulit Tetap Lembap

Dilansir dari laman Women’s Health, menurut Ildi Pekar, seorang celebrity facialist, dengan efeknya yang melembapkan dan menyejukkan, madu mentah (raw honey) dapat membantu melembapkan kulit, membuatnya lembut, berseri dan bercahaya.

Berdasarkan sebuah studi pada tahun 2018, dilaporkan bahwa madu bersifat humektan alami, yang artinya dapat menjaga kelembapan kulit. Oleh karena itu, tak heran jika madu juga sering digunakan dalam berbagai produk pelembap.

3. Membantu Menjaga pH Kulit

Tak hanya dapat membantu menjaga kulit tetap lembap, madu juga membantu mengatur pH kulit Anda dan mencegah segala jenis infeksi. PH madu yang rendah menghambat pertumbuhan banyak patogen dan membantu menyembuhkan luka lebih cepat.

4. Membantu Menyembuhkan Luka dan Memiliki Efek Terapeutik

Manfaat madu untuk wajah berikutnya adalah membantu menyembuhkan luka dan memiliki efek terapeutik. Sebuah jurnal pada tahun 2013 menyebutkan bahwa madu mengandung enzim, asam amino, mineral, dan vitamin yang membuatnya sempurna untuk keperluan terapeutik. Selain itu, madu juga dapat menyembuhkan luka bakar dan luka ringan, serta efektif untuk meredakan masalah kulit, seperti psoriasis, ketombe, dan dermatitis popok (diaper dermatitis).

Dikutip dari laman Healthline, menurut jurnal yang diterbitkan pada tahun 2008 disebutkan bahwa kandungan hidrogen peroksida dan senyawa seperti methylglyoxal dalam madu, terutama madu manuka, diketahui efektif membunuh bakteri sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan luka, mengurangi peradangan, dan nyeri pada area luka.

5. Menghilangkan Bekas Luka

Dikutip dari Byrdie, madu mengandung sejumlah kecil hidrogen peroksida yang dapat menjadi sifat pencerah ringan (mild lightening properties), yang sangat membantu dalam mengatasi bekas jerawat dan hiperpigmentasi yang membandel.

6. Sebagai Anti-Aging Alami

Madu, khususnya madu manuka, mengandung antioksidan yang dapat melawan efek negatif radikal bebas, penyebab kerusakan sel-sel kulit dan penuaan dini. Selain itu, asam amino dalam madu manuka dibutuhkan kulit untuk membentuk kolagen, memperkuat jaringan, dan meningkatkan elastisitas kulit. (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   madu,   kesehatan,   manfaat madu untuk wajah