Mother&Baby Indonesia
Moms, Redakan Nyeri Haid dengan Makanan dan Minuman Ini

Moms, Redakan Nyeri Haid dengan Makanan dan Minuman Ini

Nyeri atau kram di bagian perut merupakan masalah umum yang dialami wanita saat menstruasi. Meski biasanya tidak mengindikasikan masalah kesehatan yang serius, tetapi kondisi tersebut kerap membuat penderitanya merasa sangat tidak nyaman hingga mengganggu aktivitas.

Untuk gejala yang ringan, Anda bisa mengatasinya dengan cara memperbanyak waktu istirahat, mengonsumsi air putih, dan mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Selain itu, ada beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk membantu meredakan nyeri haid, antara lain:  



1. Brokoli

Brokoli mengandung beberapa nutrisi yang terbukti mampu membantu melawan kram menstruasi, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6, dan vitamin E, serta kalsium, kalium, dan magnesium. Tidak hanya itu, brokoli juga termasuk salah satu sumber serat makanan yang baik, yang dapat membantu mengatur kadar estrogen sekaligus menstabilkan sistem pencernaan.

2. Yoghurt Rendah Lemak

Minuman kaya kalsium yang dianjurkan untuk dikonsumsi wanita saat sedang menstruasi adalah yoghurt rendah lemak. Yoghurt merupakan sumber kalsium. Secangkir yoghurt mampu memenuhi sekitar 25 persen kebutuhan harian kalsium Anda.



3. Salmon

Salmon mengandung vitamin D yang bisa memenuhi kebutuhan harian tubuh, yaitu sebesar 100 IU. Selain itu, salmon kaya vitamin B6 yang membantu mengurangi iritabilitas dan nyeri pada payudara. Selain salmon, Anda juga bisa mengonsumsi makerel atau sarden sebagai alternatif.

4. Telur

Telur merupakan bahan pangan pendukung nutrisi yang paling baik. Kandungan vitamin D, vitamin B6, dan vitamin E dalam telur bisa membantu melawan reaksi PMS yang memicu rasa tidak nyaman pada tubuh. Ketiganya mampu mengendalikan senyawa kimia pada otak yang memicu terjadinya PMS.

5. Pisang

Pisang kaya vitamin B6 dan kalium yang meringankan rasa kembung pada perut. Kandungan potasium yang terlalu sedikit dapat memicu terjadinya kram otot. Satu buah pisang dapat menggantikan kalium yang hilang, misalnya karena berolahraga selama 1 hingga 2 jam. Anda kurang menyukai pisang? Jangan khawatir karena jeruk bisa menjadi penggantinya.

6. Teh Chamomile

Teh chamomile direkomendasikan untuk nyeri haid karena membantu meredakan kejang otot dan mengurangi keparahan kram menstruasi. Secangkir teh chamomile bebas kafein yang alami bisa meringankan gejala PMS, mengurangi rasa gelisah, sekaligus sifat mudah tersinggung yang disebabkan karena berubahnya hormon ketika haid datang. Selain teh chamomile, Anda juga bisa mencoba beberapa jenis teh herbal lainnya sesuai dengan selera. 

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga bisa membantu mengatasi nyeri haid. Kacang-kacangan mengandung vitamin B6 dan magnesium yang bisa membantu kamu meredakan gejala nyeri haid. Anda bisa mengonsumsi kacang-kacangan dalam bentuk selai. Tapi jika ingin lebih sehat, Anda bisa mengolah kacang-kacangan dengan cara dikukus atau direbus. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: menstruasi,   haid,   pms,   nutrisi