Mother&Baby Indonesia
Manfaat Suplemen Echinacea Purpurea untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Suplemen Echinacea Purpurea untuk Kesehatan Tubuh

Menjaga keluarga Anda tetap sehat pasti menjadi prioritas Anda di masa pandemi ini. Tak hanya menerapkan protokol kesehatan yang ketat, Moms juga perlu memberikan berbagai makanan kaya nutrisi dan suplemen kesehatan agar tubuh enggak gampang sakit.

Nah, kalau sudah bicara soal suplemen, akan lebih aman jika Moms memilih suplemen yang alami atau herbal. Salah satu kandungan pada suplemen yang efektif meningkatkan imunitas tubuh dan telah teruji klinis adalah Echinacea purpurea. Apa saja manfaatnya bagi kesehatan tubuh? Simak info lengkapnya di bawah ini yuk, Moms!



Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mungkin Moms sering melihat kandungan yang satu ini di komposisi suplemen Anda. Manfaat echinacea memang sangat baik untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh lho, Moms. “Echinace purpurea memiliki manfaat sebagai immunomodulator, yang berarti Echinacea purpurea dapat mengatur kerja sistem imun tubuh. Berdasarkan mekanisme kerjanya, Echinace purpurea dapat digunakan untuk percegahan penyakit infeksi, salah satunya infeksi pada saluran pernapasan atas dan bawah,” jelas Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, Sp.PD-KAI, Ketua PP Peralmuni.

Melawan COVID-19

Suplemen dengan kandungan echinacea juga sangat baik untuk membantu pasien konfirmasi COVID-19 tanpa gejala agar cepat pulih melawan virus corona. Menurut hasil diskusi Perhimppunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Echinacea purpurea dapat diberikan sebagai salah satu modalitas untuk pasien COVID-19, yaitu sebagai terapi preventif pada orang sehat, ataupun sebagai terapi adjuvan dalam kasus KTG (konfirmasi tanpa gejala) dan pasien gejala ringan.

Namun, dosis Echinacea purpurea yang diberikan tidak boleh berlebihan ya, Moms, harus sesuai dengan persetujuan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), yaitu sebesar 1.000 mg sekali sehari, selama 8 minggu atau sampai dengan hasil swab negatif.



Mengatasi Infeksi Saluran Napas

Manfaat Echinacea purpurea dalam meningkatkan sistem daya tahan tubuh juga diperkuat oleh opini para ahli Peralmuni (Perhimpunan Alergi-Imunologi Indonesia) dalam Expert Meeting Peralmuni tentang Echinacea purpurea yang digelar beberapa waktu lalu.

Menurut Peralmuni, Echinacea purpurea merupakan jenis tumbuhan herbal yang umum diteliti penggunaannya dalam berbagai kasus infeksi saluran napas dan common cold. Tumbuhan ini memiliki berbagai komponen zat aktif yang dianggap berperan sebagai immunomodulator, antara lain alkamide, ketoalkana, turunan asam cafeic, polisakarida, dan glikoprotein.

Sebagai Antivirus

Dalam studi in-vitro lainnya oleh Peralmuni, didapatkan bahwa pemberian Echinacea purpurea menghambat beberapa jenis virus, seperti virus influenza A dan B, virus parainfluenza, dan respiratory syncytial virus (RSV) melalui mekanisme interaksi langsung dengan partikel virus serta protein pembungkus virus.

Sumber Antioksidan

Mengutip Healthline, tanaman echinacea kaya akan komponen yang berfungsi sebagai antioksidan, sebuah molekul tubuh yang membantu melawan stres oksidatif. Ini artinya, echinacea efektif membantu tubuh melawan penyakit kronis, seperti sakit jantung, diabetes, dan kanker. Kandungan antioksidan pada echinacea lebih tinggi pada ekstrak dari bagian buah dan bunga, dibanding ekstrak dari daun dan akar.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Bagi Moms yang gula darahnya tinggi, mengonsumsi suplemen dengan ekstrak Echinacea purpurea dapat membantu menurunkan kadar gula darah, lho. Dalam sebuah studi, ekstrak Echinacea purpurea terbukti dapat menekan enzim yang mengolah karbohidrat. Artinya, gula yang masuk ke aliran darah pun berkurang.

Mengurangi Kecemasan Berlebih

Di tengah pandemi seperti saat ini, kecemasan berlebih atau anxiety adalah hal yang sering terjadi. Berita baiknya, ekstrak Echinacea purpurea dapat membantu mengurangi masalah ini. Terdapat kandungan alkamide, rosmaricinic acid, dan caffeic acid dalam Echinacea purpurea yang dapat membantu mengurangi cemas berlebih. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: echinacea purpurea,   suplemen,   nutrisi,   kesehatan