Mother&Baby Indonesia
Tak Hanya Lezat dan Segar, Ini Manfaat Jamu Beras Kencur

Tak Hanya Lezat dan Segar, Ini Manfaat Jamu Beras Kencur

Jamu beras kencur. Moms pasti sudah tidak asing lagi dengan minuman tradisional yang satu ini, ya. Jamu beras kencur memang sudah sejak lama dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat indonesia karena dipercaya punya segudang khasiat untuk kesehatan tubuh.

Jamu beras kencur sendiri pada dasarnya merupakan campuran dari berbagai bahan, seperti beras, kencur, asam jawa, gula jawa, jahe, dan kunyit. Campuran semua bahan itulah yang membuat jamu beras kencur tak hanya memiliki rasa yang enak dan segar, tetapi juga kaya manfaat bagi tubuh kita. Lantas, apa saja manfaat jamu beras kencur? Berikut ini daftar lengkapnya yang perlu Anda ketahui, Moms.



1. Meningkatkan Nafsu Makan

Moms, jika Si Kecil mengalami masalah nafsu makan, Anda bisa memberikan segelas jamu beras kencur, karena jamu beras kencur bisa menjadi stimulan yang efektif untuk meningkatkan nafsu makan anak.

2. Mengobati Diare

Berdasarkan studi pada tahun 2018 yang diterbitkan di International Journal of Research in Pharmacy and Pharmaceutical Sciences dengan melakukan uji pada sekelompok hewan dengan gejala diare, diketahui bahwa kelompok hewan yang diberikan ekstrak kencur perlahan gejala diarenya membaik. Ini berkat kandungan zat sitotoksik dan antibakteri di dalamnya.

3. Meredakan Batuk

Jamu beras kencur juga sudah sejak lama dikenal dapat membantu meredakan batuk berdahak. Beras kencur dapat mengencerkan dan menghilangkan dahak sehingga membuat tenggorokan terasa lebih lega serta dapat membantu menangkal virus penyebab batuk berkat sifat antibakteri di dalamnya. Meskipun begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai dosis dari jamu beras kencur yang tepat untuk mengatasi batuk berdahak.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kencur memiliki sifat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan virus-virus berbahaya penyebab berbagai macam penyakit. Karena alasan inilah, tak heran jika mengonsumsi jamu beras kencur bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, Moms.



7. Menurunkan Risiko Penyakit Maag

Manfaat lain dari mengonsumsi jamu beras kencur adalah membantu menurunkan risiko penyakit maag. Ini karena kandungan vitamin B yang terdapat di dalam jamu beras kencur dapat membuat dinding lambung menjadi lebih tebal, sehingga menurunkan risiko Anda terkena penyakit maag.

8. Mempertahankan Kadar Gula Darah

Dikutip dari Hello Sehat, menurut penelitian dari Departemen Farmasi Universitas Tanjungpura, ditemukan bahwa beras kencur dapat membantu menurunkan glukosa darah dan mempertahankan gula darah tetap normal. Namun, masih dibutuhkan bukti lebih lanjut guna memastikan manfaat jamu beras kencur untuk mempertahankan kadar gula darah dan keamanannya dalam jangka panjang.

9. Untuk Ibu Hamil dan Melahirkan

Salah satu khasiat beras kencur yang bisa dimanfaatkan oleh ibu hamil adalah sebagai pereda nyeri yang sering dialami, misalnya nyeri pada kaki, pinggang, dan punggung. Meskipun begitu, Moms sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi produk herbal, termasuk jamu beras kencur, ya.

Selain itu, melansir laman Good Doctor, penelitian yang dilakukan para peneliti dari Universitas Gajah Mada melaporkan bahwa proses penyembuhan luka perineum akibat robekan pascapersalinan pada ibu yang melahirkan dapat dipercepat dengan mengonsumsi beras kencur.

Beras kencur memiliki kandungan senyawa fenolik yang diketahui berfungsi sebagai antioksidan dan punya kemampuan dalam mengurangi kondisi sel yang rusak. Kunyit yang terdapat pada beras kencur juga dapat mempercepat pengeringan pada luka dan memiliki sifat antimikroba.

10. Mencegah Penyakit Kanker

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, jamu beras kencur terdiri dari berbagai bahan, salah satunya adalah kunyit. Berdasarkan penelitian pada 2011, dilaporkan bahwa senyawa kurkumin dalam kunyit diketahui memiliki efek pencegah kanker yang efektif. Selain itu, studi lain yang melakukan uji tabung menemukan bahwa kencur mengandung bahan aktif galangin yang dapat membunuh dan mencegah sel-sel kanker, seperti kanker payudara, kanker usus, kulit, liver, dan saluran empedu.

11. Mengurangi Sakit Akibat Menstruasi

Manfaat jamu beras kencur yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan wanita, yakni dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat menstruasi. Rasa sakit perut dan kram menstruasi tentu saja dapat mengganggu kenyamanan dalam beraktivitas sehari-hari.

Sebuah studi menunjukkan bahwa kelompok perempuan yang mengonsumsi jahe diketahui merasakan efek yang sama dengan kelompok perempuan yang mengonsumsi obat pereda sakit menstruasi, seperti ibuprofen. Rempah-rempah seperti kencur, jahe, dan kunyit dalam jamu beras kencur juga dapat membantu mengurangi rasa sakit seperti pegal-pegal atau sakit otot setelah berolahraga, karena sifat antiinflamasi yang dimilikinya.

12. Mengurangi Gejala Arthritis

Arthritis atau radang sendi adalah salah satu penyakit yang menyerang persendian tubuh. Akibatnya, penderita biasanya akan mengalami kaku dan rasa sakit pada persendian. Jamu beras kencur dapat membantu mengurangi gejala arthritis berkat kandungan antiinflamasi di dalamnya, yang dapat mencegah, memperlambat, atau meringankan peradangan.

Beberapa studi pada penderita arthritis menunjukkan bahwa mengonsumsi ekstrak jahe, kencur, dan kunyit, masing-masing menunjukkan efek yang cukup signifikan dalam mengurangi rasa sakit di persendian. (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. Sehatq.com)



Tags: jamu beras kencur,   nutrisi,   kesehatan