Mother&Baby Indonesia
Ragam Manfaat Mengonsumsi Bawang Putih untuk Kesehatan

Ragam Manfaat Mengonsumsi Bawang Putih untuk Kesehatan

Moms pasti sudah tidak asing dengan bawang putih, salah satu bumbu wajib ada pada menu makanan khas Indonesia. Menambahkan bawang putih pada masakan memang akan memberikan cita rasa tersendiri. Moms bisa tambahkan bawang putihke dalam masakan dengan cara dihaluskan, dipotong kecil-kecil, ataupun dijadikan baceman.

Selain dijadikan bumbu, Moms juga bisa mengonsumsi bawang putih secara mentah, dijadikan jus, atau suplemen dari ekstraknya. Sebab, bawang putih mengandung nutrisi yang bermanfaat dan baik untuk kesehatan Anda dan keluarga. Apa saja khasiat bawang putih? Simak penjelasan berikut ini, Moms.



1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Bawang putih memiliki kandungan senyawa alliin yang diubah oleh enzim menjadi allicin saat dikunyah. Hal ini akan membuatnya menjadi senyawa yang dapat melawan penyakit dan meningkatkan respons sel darah terhadap virus tertentu. Sedangkan jus bawang putih yang Moms konsumsi juga mampu meredakan batuk dan sakit tenggorokan, mengatasi asma atau masalah pernapasan, hingga mencegah pilek.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Risiko penyakit jantung juga bisa dicegah dengan mengonsumsi bawang putih. Dari berbagai penelitian, disebutkan bahwa ekstrak bawang putih yang dikeringkan (aged garlic) dapat mengurangi penumpukan plak lunak dan mencegah pembentukan plak baru di arteri. Tak hanya itu, penelitian dari Journal of Nutrition juga menemukan bahwa aged garlic mampu menurunkan kadar kalsium serta protein C-reaktif dalam arteri koroner yang bisa menyebabkan serangan jantung atau stroke.



3. Menurunkan Kolesterol dan Hipertensi

Mengonsumsi bawang putih juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat maupun kolesterol total sebesar 10-15%. Tekanan darah juga akan lebih stabil, terutama pada penderita hipertensi, apabila rutin mengonsumsi suplemen bawang putih.

4. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan di dalam bawang putih juga sangat baik untuk tubuh. Antioksidan ini akan mencegah pertumbuhan sel kanker dan menghambat penyebarannya. Selain itu, organ tubuh seperti otak juga akan terlindungi dari kerusakan sel dan penuaan, sehingga risiko penyakit Alzheimer dan demensia juga menurun.

5. Merawat Kesehatan Kulit dan Rambut

Minum jus bawang putih dipercaya dapat melawan bakteri yang menyebabkan tumbuhnya jerawat. Tak hanya dikonsumsi, Anda juga dapat mengusapkan jus bawang putih pada kulit kepala untuk menjaga akar rambut agar tetap kuat dan mencegah terjadinya kerontokan.

6. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Bawang putih yang dijadikan ekstrak dan mengadung flavonoid di dalamnya juga sangat baik dikonsumsi wanita. Flavonoid sendiri merupakan komponen gizi yang mampu menjaga kesehatan tulang, terutama pada wanita yang sudah mengalami menopause. Komponen ini mampu meningkatkan pembentukan tulang serta memperlambat proses pengeroposan mineral tulang.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Dengan rutin mengonsumsi jus bawang putih, maka metabolisme tubuh juga akan meningkat. Hal ini akan memberikan efek tubuh lebih cepat membakar lemak, sehingga membantu menurunkan berat badan dan mengatasi obesitas. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   bawang putih,   kesehatan