Mother&Baby Indonesia
Ragam Makanan yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Rahim

Ragam Makanan yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Rahim

Setiap wanita wajib menjaga kesehatan organ reproduksinya, seperti rahim. Hal ini sangat penting, terutama bagi Anda yang sudah menikah, untuk bisa mempermudah proses kehamilan. Selain melakukan olahraga secara rutin dan menjalani pola hidup sehat, ada beberapa makanan yang bisa meningkatkan kesehatan rahim Anda. Sebagai panduan, Moms bisa menyiapkan makanan berikut ini untuk rutin dikonsumsi setiap hari.

1. Buah-buahan

Kandungan vitamin dalam buah nyatanya baik untuk menjaga kesehatan rahim. Buah yang kaya vitamin C, seperti jeruk dan lemon, tak hanya membantu meningkatkan kekebalan tubuh, tapi juga mampu menstabilkan proses ovulasi dan mendorong pelepasan sel telur. Kandungan lemak sehat, vitamin B6, dan kalium dalam alpukat juga bisa memperkuat otot dinding vagina dan mencegah vagina menjadi kering. Beberapa buah lain yang mengandung bioflavonoid pun dapat membantu menjaga kesehatan sistem reproduksi dan mencegah kanker ovarium.



2. Sayuran

Beragam jenis sayuran juga baik untuk menjaga kesuburan dan kesehatan rahim. Sayuran hijau seperti bayam, kale, dan sawi, dapat melancarkan sirkulasi darah di vagina dan mencegah vagina menjadi kering. Selain itu, pakcoy, brokoli, serta kol yang memiliki fitoestrogen juga mampu menurunkan kadar estrogen dan menghentikan pertumbuhan tumor dalam rahim.

3. Kacang-kacangan

Jenis kacang kedelai yang mengandung asam lemak omega-3 ternyata mampu menghilangkan fibroid dan mencegah kanker rahim. Beberapa jenis kacang lain, seperti kacang mete dan almond, juga memiliki kolesterol baik yang membantu menjaga kadar kolesterol serum dalam tubuh. Ini akan mencegah terjadinya kelahiran prematur pada bayi.



4. Produk Olahan Susu

Ada banyak jenis produk olahan susu, seperti susu segar, keju, yoghurt, hingga mentega yang bisa membantu menjaga kesehatan rahim. Pasalnya, produk olahan susu ini mengandung kalsium dan vitamin D yang membantu memperkuat otot dinding rahim dan menjaga tulang tetap sehat. Kedua kandungan ini serta adanya lemak jenuh dalam susu juga dapat mencegah fibroid rahim serta meningkatkan kesuburan.

5. Ubi

Kandungan beta karoten dan vitamin A di dalam ubi mampu memperkuat jaringan otot pada dinding rahim dan vagina. Ubi juga baik dikonsumsi rutin oleh Anda yang menderita PCOS, karena bisa meningkatkan peluang untuk memiliki anak.

6. Teh Hijau

Menurut spesialis herbal, wanita dengan fibroid rahim dianjurkan rutin mengonsumsi teh hijau selama sekitar 8 minggu. Kandungan antioksidan di dalamnya mampu mengurangi jumlah fibroid, sehingga kesehatan rahim lebih terjaga dan kesuburan pun meningkat.

Selain ragam makanan di atas, Moms juga perlu waspada terhadap keputihan yang berlebihan, kekuningan, ataupun berbau. Ini merupakan gejala awal dari adanya masalah pada rahim. Anda juga disarankan untuk rutin melakukan kontrol ke dokter ginekologi guna mengetahui kondisi kesehatan rahim tetap baik. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   kesehatan rahim,   reproduksi