Mother&Baby Indonesia
8 Cara Alami untuk Memutihkan Ketiak dengan Aman

8 Cara Alami untuk Memutihkan Ketiak dengan Aman

Bagi para wanita, kecantikan harus dijaga dari ujung rambut sampai ujung kaki. Ini artinya ketiak pun termasuk bagian tubuh yang kecantikannya harus dijaga ya, Moms. Memiliki ketiak yang bersih, putih, dan warnanya merata tentu bisa menambah rasa percaya diri wanita, terutama ketika mengenakan pakaian tanpa lengan atau sleeveless.

Sayangnya, banyak aktivitas harian yang membuat ketiak mudah menghitam. Menurut para pakar, penggunaan deodoran juga bisa membuat ketiak hitam lho, Moms. Apa saja aktivitas atau kebiasaan yang bisa membuat ketiak hitam? Bagaimana cara alami memutihkan ketiak? Tenang, Moms, jawabannya lengkapnya bisa Moms baca di bawah ini. Let’s read on!



Penyebab Ketiak Hitam


Menghitamnya ketiak merupakan sebuah kondisi medis yang disebut dengan acanthosis nigricans (biasa disingkat AN). Ini tak hanya bisa terjadi pada ketiak, tetapi juga di area tubuh lain yang memiliki lipatan, seperti belakang leher, siku tangan, dan lutut. Mengutip Healthline, 7-74 persen orang di dunia mengalami AN, terutama di area ketiak.

AN sangat dipengaruhi oleh faktor rasa, kesehatan, dan riwayat keluarga. Selain faktor tersebut, ada juga beberapa kebiasaan sederhana yang turut menyebabkan ketiak hitam. Waspadai beberapa kebiasaan dan faktor di bawah ini:

1. Obesitas

Kelebihan berat badan membuat tubuh lebih resisten pada efek insulin, hormon yang mengendalikan gula darah. Semakin tinggi kadar insulin di peredaran darah Anda, semakin tinggi pula produksi sel pigmen kulit. Ini yang menyebabkan orang obesitas ketiaknya mudah menghitam, juga lipatan tubuh lainnya. Mengutip Healthline, lebih dari setengah orang dewasa yang kelebihan berat badan 200 persen dari berat tubuh idealnya, mengalami ketiak hitam.

2. Sering bercukur

Membersihkan bulu-bulu ketiak dengan pisau cukur bisa menyebabkan iritasi dan abrasi, terutama jika dilakukan dengan kurang hati-hati. Iritasi dan abrasi akibat pisau cukur ini bisa menyebabkan ketiak menghitam, Moms.

3. Penggunaan deodoran

Deodoran dan produk-produk kimia lainnya bisa menyebabkan kulit ketiak iritasi dan menghitam.

4. Akumulasi kulit mati

Kulit ketiak juga perlu eksfoliasi agar kulit mati tidak menumpuk. Penumpukan kulit mati bisa membuat ketiak hitam lho, Moms.



5. Pakaian ketat

Sering pakai baju ketat? Waspada ketiak menghitam! Friksi atau gesekan dari pakaian ketat dan tebal bisa meningkatkan risiko ketiak hitam.

6. Merokok

Kebiasaan buruk yang satu ini bisa menyebabkan smoker’s melanosis yang membuat ketiak mengalami hiperpigmentasi. Akibatnya? Sudah pasti ketiak jadi hitam, Moms.

7. Erythrasma

Ini adalah infeksi bakteri yang menyebabkan warna ketiak dan area lipatan lain menjadi hitam.

8. Melasma

Ini adalah penumpukan pigmen yang tidak merata dan menimbulkan pola hitam di kulit. Ini bisa terjadi di semua area tubuh, termasuk ketiak.

Cara Alami Memutihkan Ketiak


Setelah mengenal berbagai faktor yang bisa menyebabkan kulit ketiak menghitam, mari kenali cara alami memutihkan ketiak. Cara-cara ini di bawah ini tentunya aman dong, Moms.

1. Ganti deodoran

Jika ketiak Anda sensitif pada deodoran, menggunakan baking soda atau cuka apel bisa menjadi alternatif alami yang efektif lho, Moms. Tapi, jangan digunakan bersamaan dengan deodoran, ya.

2. Stop bercukur

Lebih baik menghilangkan bulu dengan waxing atau laser hair removal, agar tidak meninggalkan noda hitam di ketiak.

3. Eksfoliasi

Anda bisa menggunakan body scrub sebagai cara aman mengeksfoliasi kulit mati di ketiak. Mau yang lebih aman? Perpaduan garam kasar dan madu bisa jadi opsi efektif.

4. Hindari baju ketat

Agar kulit ketiak tidak stres karena gesekan baju ketat, coba pilih pakaian yang lebih longgar.

5. Spa air kentang

Coba parut kentang, remas hingga airnya keluar, kemudian balurkan air kentang di ketiak Anda dan diamkan 10 menit. Bilas dengan air dingin dan rutin lakukan ini setiap hari.

6. Ketimun dan Lemon

Potong tipis ketimun dan oleskan ke area hitam di ketiak. Diamkan 10 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan setiap hari bergantian dengan irisan lemon.

7. Minyak kelapa

Tidak hanya melembapkan, minyak kelapa juga bisa mencerahkan ketiak. Pijat lembut ketiak dengan minyak kelapa, diamkan 15 menit, bilas bersih ketiak menggunakan air suam-suam kuku dan sabun. Ulangi 2-3 kali per hari.

8. Tea Tree Oil

Campurkan 5 tetes tea tree oil dengan 200 ml air, masukkan ke dalam botol semprotan. Rutin semprotkan larutan ini ke ketiak Anda dan biarkan kering alami. Lakukan setiap sebelum mandi ya, Moms. Ketiak pasti cerah alami dalam beberapa minggu. (Tiffany/ND/Dok. Freepik)



Tags: kecantikan,   kesehatan,   memutihkan ketiak