Mother&Baby Indonesia
20 Sifat yang Bantu Anak Tumbuh Bahagia, Sukses, dan Dicintai

20 Sifat yang Bantu Anak Tumbuh Bahagia, Sukses, dan Dicintai

Setiap orang tua tentu menginginkan kehidupan yang terbaik untuk anak-anaknya. Tak terkecuali dengan Moms dan Dads, Anda juga pastinya ingin Si Kecil bisa tumbuh sebagai anak yang bahagia, sukses, dan dicintai atau disenangi oleh orang-orang di sekitarnya.

Hal tersebut nyatanya bukan angan-angan semata lho, Moms. Semua itu bisa Anda wujudkan dengan cara menanamkan atau menumbuhkan sifat-sifat baik berikut ini, seperti dilansir dari laman A Fine Parent, pada Si Kecil. Ini 20 sifat yang bisa bantu Si Kecil tumbuh menjadi anak yang bahagia, sukses, dan dicintai.



1. Rendah Hati

Dengan memiliki sifat rendah hati, tentunya Si Kecil akan bisa lebih menghargai kontribusi dari orang-orang yang membuatnya sukses dan tak menjadikannya pribadi berprestasi yang sombong.

2. Merasa Puas 

Meski Si Kecil perlu memiliki ambisi yang besar untuk mencapai tujuannya, namun pastikan juga ia memiliki rasa puas atas apa yang telah ia capai sekarang sehingga ia pun akan mendapatkan kebahagiaannya.

3. Bisa Diandalkan

Tak hanya untuk orang terdekatnya, tentu sangat hebat bila Si Kecil bisa diandalkan oleh setiap orang yang membutuhkan bantuannya di dalam berbagai hal dan situasi.

4. Tekun

Untuk menjadi orang yang sukses, tentunya Si Kecil harus memiliki sifat tekun dan penuh tekad demi bisa mencapai kesuksesannya kelak.

5. Sabar

Menunggu waktu yang tepat untuk melakukan hal-hal yang diinginkan alias bersabar adalah salah satu sifat yang perlu dimiliki Si Kecil. Apalagi di zaman sekarang, di mana banyak kemudahan dan kemewahan yang terkadang "menyilaukan" sesaat.

6. Jujur

Selain dapat diandalkan, menjadi individu yang jujur tentu bisa membuat tidur kita jadi lebih nyenyak dan memiliki peluang lebih baik untuk menjadi orang yang lebih bahagia.



7. Berani

Ketakutan akan meredam proses pembelajaran, sementara keberanian akan memudahkan anak Anda untuk menaklukkan hal baru dan menemukan fokusnya. Pastikan anak Anda cukup berani untuk mengeksplorasi dirinya sendiri dan hal yang ia tidak ketahui.

8. Welas Asih

Sifat ini harus dimiliki Si Kecil agar ia bisa hidup sebagai manusia yang bisa memanusiakan sesamanya, di mana ia memiliki rasa simpati dan keinginan untuk membantu siapa pun, terutama saat sedang dirundung kesulitan.

9. Mudah Beradaptasi

Ketidakmampuan untuk beradaptasi sering kali menghalangi kemajuan, baik dalam hal akademik maupun pertumbuhan karakter. Pastikan Si Kecil mampu beradaptasi dan cukup tangguh menghadapi berbagai situasi, baik saat ia gagal maupun berhasil dalam mencapai keinginannya.

10. Disiplin dan Mampu Mengontrol Diri

Anak perlu mendengarkan, menyerap, berpikir, dan kemudian bertindak dengan kontrol dorongan hatinya yang kuat dan disiplin diri, terlebih saat ia dewasa demi bisa mempertahankan pencapaiannya dan menjadi orang sukses.

11. Baik Hati

Bersikap keras terhadap diri sendiri dan orang lain bisa berdampak buruk dalam proses pembelajaran, sementara menunjukkan sifat baik hati akan memudahkan Si Kecil dalam bekerja sama kelak.

12. Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Kunci dari sebuah pembelajaran dan penemuan baru adalah keingintahuan yang tinggi. Saat anak Anda memiliki sifat tersebut, ia tentu akan terus bersemangat untuk berusaha menemukan jawaban dari rasa penasarannya.

13. Opitimis dan Positif

Optimisme dalam menghadapi rintangan yang sulit akan membantu anak Anda dalam mencapai tujuannya. Orang yang optimis juga biasanya menyimpan watak ceria dan memiliki sikap positif yang tidak hanya menguntungkan dirinya sendiri, tetapi juga orang-orang di sekitarnya.

14. Pandai Bersyukur

Saat Si Kecil mudah mensyukuri segala usaha kecil serta situasi dan orang-orang yang hadir di sekitarnya, ini bisa membantunya dalam mencapai kebahagiaan.

15. Proaktif

Sifat proaktif ini membuat Si Kecil bisa menyadari dan berusaha melakukan apa yang perlu ia lakukan tanpa diberi arahan atau bantuan demi menggapai kesuksesan kelak.

16. Tahan Banting

Dunia yang sangat kompetitif saat ini tentunya menuntut Si Kecil untuk bisa tahan banting dan kuat batin guna menahan stres dan melakukan yang terbaik bahkan saat berada di bawah tekanan persaingan sekalipun.

17. Tenang

Tetap tenang di bawah tekanan dan situasi sulit tidaklah mudah, namun sifat ini penting dimiliki anak Anda agar ia bisa menghadapi situasi apa pun dan bisa mengatasinya dengan baik. 

18. Hormat

Rasa hormat yang Moms tanamkan pada anak Anda kelak akan membuatnya bisa lebih menghargai dirinya sendiri dan orang lain.

19. Sikap Pemimpin

Agar menjadi pemimpin yang baik, Si Kecil harus bisa mengetahui kekuatan dan kelemahannya sendiri serta timnya. Selain itu, ia juga harus bisa menjadi pengikut yang baik.

20. Penuh Harapan

Harapan adalah hal yang membuat seseorang bisa bertahan dan bersemangat untuk hidup. Bila Si Kecil tidak memiliki harapan apa pun dalam hidupnya, tentu hidupnya jadi tak ada artinya. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   sifat anak,   anak bahagia,   anak sukses,   anak dicintai