Mother&Baby Indonesia
Kaya Nutrisi! Ini 7 Manfaat MPASI Blueberry untuk Kesehatan Bayi

Kaya Nutrisi! Ini 7 Manfaat MPASI Blueberry untuk Kesehatan Bayi

Menu MPASI untuk bayi memang harus variatif ya, Moms. Ini penting dilakukan agar anak tak bosan dengan menu yang itu-itu saja, juga agar anak mengenal berbagai rasa dan tekstur, serta kebutuhan nutrisi anak bisa terpenuhi dari berbagai sumber makanan sehat.

Salah satu buah yang enak dan sehat untuk dijadikan MPASI adalah blueberry, jenis berry berwarna biru yang dikenal sebagai superfood! Walau ukurannya kecil, tetapi buah ini punya manfaat besar bagi kesehatan bayi, lho. Lebih menariknya lagi, buah blueberry termasuk makanan yang aman karena sangat jarang menyebabkan alergi.



Tertarik memberikan MPASI blueberry untuk bayi Anda? Ketahui manfaat MPASI blueberry berikut ini yuk, Moms!

1. Menyehatkan kulit bayi

Bagi bayi yang sering bermasalah dengan kesehatan kulit, seperti kering dan mudah ruam, MPASI blueberry bisa membantu menyehatkan kulit bayi lho, Moms. Ini berkat kandungan antioksidan yang tinggi pada blueberry. Menurut USDA Human Nutrition Center, blueberry adalah buah dengan konsentrasi antioksidan tertinggi di dunia, dibandingkan dengan buah dan sayuran lain. Bagi orang dewasa, buah ini juga bermanfaat untuk membasmi masalah terkait penuaan dini, lho. Tak heran buah ini disebut sebagai superfood, ya.

2. Menunjang perkembangan kognitif

Banyaknya nutrisi dan antioksidan pada blueberry tentu saja efektif membantu sistem saraf anak tetap sehat. Mengutip Mom Junction, buah ini mampu membantu menghambat melemahnya kapasitas mental anak dan membantu perkembangan kognitif secara keseluruhan.



3. Menyehatkan pencernaan

Blueberry merupakan buah yang terkenal memiliki kandungan serat yang tinggi. Kandungan tersebut tentu sangat baik untuk mencegah bayi agar tidak konstipasi atau sembelit dan membantu menyehatkan saluran cerna bayi. Bagi bayi yang konstipasi karena baru mencoba MPASI dengan tekstur sedikit lebih kasar, memberikan MPASI blueberry bisa membantu mencegah dan bahkan mengatasi masalah tersebut, Moms.

4. Mencegah kanker

Tak hanya mencegah, kandungan antioksidan yang sangat tinggi pada blueberry juga efektif membantu melawan kanker. Mengutip Mom Junction, antioksidan pada blueberry mencegah meluasnya sel maligna, yang jika dibiarkan meluas dapat berubah menjadi kanker ganas.

5. Menjaga kesehatan jantung

Blueberry dikenal sebagai buah yang kaya akan polyphenols dan serat. Kedua kandungan tersebut telah terbukti klinis dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskuler pada bayi juga orang dewasa. Hal ini juga membantu menjaga jantung tetap sehat dan memberikan nutrisi untuk melindungi kardio pada bayi Anda.

6. Menjaga sirkulasi darah tetap normal

Mengutip Mom Junction, semangkuk blueberry 100 g mengandung setidaknya 77 mg potasium, suatu mikronutrien penting untuk menjaga tekanan darah bayi tetap normal. Begitu juga besarnya manfaat blueberry untuk kesehatan sirkulasi darah bayi.

Sebuah percobaan menunjukkan blueberry dapat mencegah penumpukan plak di pembuluh darah arteri, dengan cara menurunkan kadar kolesterol. Bayi sedang dalam masa pengembangan sistem sirkulasi darah, maka nutrisi dalam blueberry dapat membantu mengoptimalkan masa perkembangan tersebut.

7. Memperkuat tulang

Moms harus tahu kalau buah blueberry kaya akan vitamin K yang membantu sintesis dari osteokalsin, suatu protein tulang yang membantu menjaga tulang tetap kuat dan sehat. Selain vitamin K, buah ini juga kaya akan kalsium dan magnesium yang semuanya sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang. Benar-benar buah kecil dengan manfaat besar kan, Moms? (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: blueberry,   mpasi,   nutrisi,   kesehatan,   antioksidan