Mother&Baby Indonesia
13 Makanan Ini Bisa Bikin Bayi Anda Sakit Perut, Hindari!

13 Makanan Ini Bisa Bikin Bayi Anda Sakit Perut, Hindari!

ASI atau air susu ibu merupakan makanan terbaik bagi bayi Anda. Namun setiap bayi memiliki reaksi berbeda saat mengonsumsi ASI, terlebih pada beberapa makanan yang dikonsumsi ibunya yang mungkin bisa Si Kecil rasakan saat ia menyusu. Pasalnya, apa yang dikonsumsi ibu juga bisa berpengaruh pada rasa, warna, bau, hingga tekstur ASI.

Beberapa makanan yang dikonsumsi ibu menyusui ternyata tidak bisa dicerna dengan baik oleh perut bayi. Karena hal inilah, perlu adanya sedikit pemantauan untuk melihat makanan apa yang berdampak negatif pada perut bayi Anda yang dikhawatirkan bisa menyebabkannya mengalami sakit perut, Moms.



Nah, berikut ini beberapa makanan yang dikonsumsi ibu menyusui yang disinyalir bisa menyebabkan masalah pencernaan atau membuat bayi Anda mengalami sakit perut.

1. Beberapa Macam Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti brokoli yang memiliki tekstur cukup keras bisa sulit dicerna oleh pencernaan bayi Anda. Tak heran bayi Anda mungkin akan rewel setelah disusui jika sebelumnya Moms mengonsumsi makanan yang mengandung brokoli. Selain brokoli, sayuran yang sebaiknya dihindari antara lain adalah asparagus, kubis, kubis Brussel, artichoke, dan kacang polong.

2. Bawang Bombay

Bawang bombay mengandung tinggi fruktan (yang dianggap probiotik) dan serat. Makan terlalu banyak bawang bombay dapat menyebabkan ibu dan bayi mengalami sakit perut. Dalam jumlah sedang, bawang bombay umumnya tidak menimbulkan banyak reaksi, namun ibu menyusui harus menyadari bahwa konsumsi bawang bombay bisa membuat bayi Anda berisiko mengalami sakit perut setelah disusui.

3. Bawang Putih

Bawang putih mengandung banyak pati yang sulit dicerna dan diurai oleh tubuh. Bayi yang tidak dapat menolerir bawang putih dengan baik mungkin menunjukkan gejala seperti kolik. Jadi Moms harus mewaspadai gejala ini setelah menyusui Si Kecil jika sebelumnya Anda makan makanan yang mengandung bawang putih.



4. Jagung

Jagung mengandung selulosa, serat yang tidak dapat diuraikan oleh tubuh. Meski jagung merupakan alergen yang kurang umum untuk bayi, tetapi  hal ini masih bisa ditularkan melalui ASI dan dikhawatirkan mengganggu pencernaa Si Kecil. 

5. Buah Sitrus

Buah sitrus biasanya sangat asam, sehingga bisa menyebabkan ketidaknyamanan pada pencernaan bayi Anda. Buah sitrus yang paling asam di antaranya adalah jeruk, lemon, jeruk nipis, tomat, nanas, ceri, strawberry, raspberry, dan gooseberry.

6. Plum

Kandungan sorbitol yang tinggi pada plum menjadikan buah ini dipercaya sebagai pencahar alami untuk melancarkan saluran pencernaan. Namun bila Si Kecil memiliki perut yang sensitif, mengonsumsi plum lewat ASI dapat menyebabkan timbulnya gas dan ketidaknyaman pada bayi Anda. Selain plum, sebaiknya Moms menghindari konsumsi persik dan pir terlalu banyak saat menyusui.

7. Aprikot

Aprikot adalah buah yang kaya nutrisi karena mengandung kalsium, vitamin A dan C, kaya antioksidan, dan serat. Meski Si Kecil akan mendapatkan segala nutrisi baik yang ada pada aprikot, ia juga akan menyerap serat dari buah tersebut lewat ASI Anda yang justru dikhawatirkan bisa menyebabkan gangguan perut dan membuatnya rewel.

8. Kopi

Bayi tidak dapat memecah dan memproses kafein yang ia konsumsi saat menyusu dengan benar. Bila Moms minum kopi secara teratur, hal ini bisa menyebabkan penumpukan dalam sistem pencernaan bayi Anda dan dapat menyebabkan gangguan tidur, kembung, dan mudah rewel, terutama di awal kehidupannya.

9. Cokelat

Cokelat juga mengandung kafein. Bila Moms mengonsumsi cokelat berlebihan saat masa menyusui, ini bisa membuat bayi rewel karena pencernaannya terganggu yang disebabkan oleh kafein yang belum mampu ia cerna dengan baik.

10. Makanan Pedas

Bila Moms gemar makan makanan pedas, waspadalah karena kebiasaan makan Anda ini akan memengaruhi Si Kecil. Meski sebagian besar bayi bisa menoleransi makanan pedas yang mungkin dirasakan saat ia menyusu, namun tak sedikit pula bayi yang tidak terbiasa dengan makanan pedas dan dikhawatirkan bisa menyebabkan masalah pada pencernaannya.

11. Bekatul

Selain mengandung asam folat, bekatul juga kaya akan serat. Namun terlalu banyak mengonsumsi makanan kaya serat justru dapat menyebabkan pencernaan Anda dan bayi terganggu karena timbulnya banyak gas di dalam perut.

12. Kentang

Kentang juga mengandung pati, di mana saat bayi mengonsumsinya lewat ASI, ia belum bisa mencernanya dengan baik sehingga hal tersebut bisa mengganggu saluran pencernaannya.

13. Produk Olahan Susu

Produk olahan susu seperti keju, yoghurt, dan lain-lainnya mengandung gula dan laktosa, di mana beberapa bayi memiliki perut yang sangat sensitif saat mencerna kandungan tersebut. Agar Si Kecil terhindar dari masalah pencernaan, batasi konsumsi produk olahan susu saat menyusui. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   bayi sakit perut,   makanan yang membuat bayi sakit perut