Mother&Baby Indonesia
Menu MPASI 4 Bintang, Apa Saja yang Perlu Ada di Makanan Bayi?

Menu MPASI 4 Bintang, Apa Saja yang Perlu Ada di Makanan Bayi?

Setelah memperoleh ASI eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupannya, kini saatnya bayi Anda mendapatkan makanan pendamping ASI (MPASI). Ya, setelah bayi berusia 6 bulan, nutrisi dalam ASI saja tidak akan cukup lagi buat mendukung tumbuh kembangnya. Untuk itu, Si Kecil perlu diberikan MPASI.

Di awal pemberian MPASI, Moms disarankan untuk mengenalkan bayi pada menu tunggal, yakni menu yang terbuat dari satu jenis bahan makanan. Setelah itu, secara bertahap, Moms bisa mulai memadukan berbagai jenis nutrisi penting untuk tumbuh kembangnya dengan memberikan menu lebih lengkap, yaitu menu MPASI 4 bintang.



Fakta Mengenai MPASI 4 Bintang

Apa itu menu MPASI 4 bintang? Ini adalah menu makanan yang terdiri dari 4 unsur gizi, yaitu karbohidrat, protein hewani, protein nabati, dan sayuran maupun buah. Dengan pemberian menu MPASI 4 bintang ini, Si Kecil akan tercukupi kebutuhan gizinya, baik makro maupun mikro.

Baca juga: 12 Istilah dan Singkatan Populer Seputar MPASI dan Artinya

Berikut ini contoh makanan yang mengandung menu MPASI 4 bintang:

Karbohidrat, seperti nasi, roti, ubi, singkong, kentang, jagung, dan talas.



Protein hewani, seperti daging sapi, ayam, ikan, telur, dan hati.

Protein nabati, meliputi berbagai jenis kacang-kacangan seperti tempe dan tahu serta jamur.

Sayuran dan buah, seperti bayam, wortel, buncis, brokoli, tomat, labu, alpukat, pisang, jeruk, dan pepaya.

Bagaimana dengan lemak, vitamin, dan mineral yang juga dibutuhkan oleh bayi untuk tumbuh kembangnya? Tenang Moms, semua nutrisi tersebut sebenarnya sudah ada di dalam menu MPASI 4 bintang ini. Lemak, misalnya, sebenarnya sudah terintegrasi atau ada di dalam protein hewani dan nabati. 

Contohnya, Jika Moms memberikan menu telur di MPASI bayi Anda, selain mengandung albumin, jenis protein, telur juga pastinya sudah mengandung lemak di dalamnya yang akan diperoleh Si Kecil saat memakannya. Begitu juga dengan protein nabati. Jika Moms memberikan sup kacang merah pada bayi Anda, di dalam kacang merah juga sudah terkandung lemak.

Kemudian vitamin dan mineral, yang juga dibutuhkan bayi untuk mendukung tumbuh kembangnya optimal, juga sudah terintegrasi di dalam pemberian menu MPASI 4 bintang ini. Telur, misalnya, tidak hanya berisi protein tetapi juga mengandung vitamin dan mineral di dalamnya. Demikian juga dengan sayur dan buah yang tentunya kaya vitamin dan mineral.

Yang Harus Diperhatikan dalam Pemberian MPASI pada Bayi

Meski perlu menyajikan menu MPASI 4 bintang untuk bayi Anda, Moms juga perlu mengetahui tentang aturan pemberian MPASI yang sehat dan sesuai dengan kebutuhan bayi. Jika MPASI diberikan dalam jumlah dan komposisi yang tidak tepat, bukan tidak mungkin hal ini bisa mengakibatkan tumbuh kembangnya jadi terganggu. Batasi juga penggunaan gula, garam, dan minyak pada menu MPASI Si Kecil ya, Moms.

Selain itu, makanan rumah yang Anda santap bersama anggota keluarga yang lain juga bisa dijadikan sebagai menu MPASI selama diolah tepat sesuai dengan kebutuhan dan usia Si Kecil. Menjadikan menu makanan rumahan sebagai MPASI bisa bermanfaat mendekatkan bayi pada kebiasaan makan keluarga, karena Si Kecil cenderung makan makanan yang sama dengan makanan yang dimakan orang di sekitarnya.

Jangan lupa untuk mengecek apakah bayi Anda memiliki reaksi alergi terhadap makanan. Beberapa anak kemungkinan mengalami alergi terhadap jenis makanan tertentu, seperti telur, kacang-kacangan, atau ikan. Perhatikan jika anak mengalami tanda-tanda alergi seperti gatal atau ruam setelah ia mengonsumsi jenis makanan tersebut.

Pastikan juga Moms memberikan menu MPASI yang bervariasi pada bayi Anda. Cobalah untuk tidak memberikan makanan yang sama berulang kali. Jika Si Kecil menolak jenis makanan baru, cobalah untuk memperkenalkannya lagi dengan mencampur makanan kesukaannya sampai makanan baru tersebut dapat ia terima dengan baik. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   mpasi,   menu mpasi 4 bintang