Mother&Baby Indonesia
Tips Menerapkan Batasan dan Berkata “Tidak” pada Anak

Tips Menerapkan Batasan dan Berkata “Tidak” pada Anak

Happy Parents, kadang memang sulit ya, menjadi tegas dan menyenangkan di saat yang sama untuk anak. Anda mungkin sebisa mungkin menghindari berkata “tidak” pada si Kecil saat sedang bermain bersamanya, karena khawatir hal tersebut bisa membatasi kreativitas anak yang masih gemar bereksplorasi.

Padahal, punya aturan dan batasan itu perlu lho, supaya si Kecil tetap merasa aman dan belajar mengatasi berbagai situasi. Kita tahu bahwa aturan dan batasan penting untuk si Kecil, namun kadang sulit untuk berlaku tegas dan konsisten. Dan kata “tidak” sebenarnya masih sangat diperlukan, bahkan harus diucapkan ketika si Kecil melakukan sesuatu yang membahayakan dirinya atau orang lain.

Saat Moms berkata “tidak” mungkin si Kecil akan menangis atau bahkan tantrum. Menangis dan tantrum menjadi respons yang wajar, karena ini merupakan cara anak menumpahkan emosinya. Namun, Moms tidak perlu menjadi ragu dengan keputusan Anda berkata “tidak” tersebut. Lingkungan yang mendukung dengan aturan yang jelas dapat menunjang perkembangannya agar si Kecil bisa grow happy.

Nah, agar Moms tidak ragu dan bingung lagi untuk berkata “tidak” dan melarang anak, yuk simak tips untuk memudahkan Happy Parents dalam memberi aturan dan batasan buat Si Kecil!

1. Buat aturan yang sederhana dan mudah dipahami.

2. Aturan yang dibuat juga harus jelas dan realistis agar mudah diikuti, seperti makan di meja makan dan tidak mengonsumsi makanan manis setelah menyikat gigi.

3. Ingatkan si Kecil untuk tetap mematuhi aturan yang ada.

4. Berikan penjelasan mengapa aturan tersebut dibuat sehingga si Kecil mengerti.

5. Konsisten dengan aturan yang telah dibuat.

6. Jangan lupa, beri ucapan kasih sayang Anda pada si Kecil, sehingga ia tahu bahwa Anda selalu menyayanginya.

Dengan membuat aturan yang jelas dan konsisten, maka si Kecil akan belajar dan mengerti dengan batasan yang ada, sehingga ia akan lebih memiliki keteraturan yang mendukung perkembangannya agar selalu grow happy.

Untuk mendukung kesehatan si Kecil, Moms tentunya juga perlu memberikannya makanan bergizi.

LACTOGROW 3 HappyNutri mengandung Lactobacillus reuteri serta serat pangan inulin dan dilengkapi dengan kandungan zat besi, omega-3, omega-6, 12 vitamin, dan juga 0g sukrosa untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Yuk, bantu jaga kesehatan pencernaan balita, Moms. Dimulai dari kondisi saluran cerna yang sehat, Moms dapat mendukungnya tumbuh sehat, aktif, dan bahagia. Karena #GrowHappy dimulai dari dalam.

(M&B/SW/Foto: Dok. 123RF/ferli)



Tags: grow happy,   lactogrow,   anak sehat,   anak bahagia,   tumbuh bahagia,   balita