Mother&Baby Indonesia
Rekomendasi Garam Meja Berkualitas, Halus, dan Bersih

Rekomendasi Garam Meja Berkualitas, Halus, dan Bersih

Garam tentu menjadi bumbu utama dalam setiap masakan spesial yang Moms buat. Tanpa garam, makanan rasanya tentu kurang mantap! Garam sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu garam laut dan garam meja. Apa bedanya? Proses pembuatan garam laut lebih sederhana, yaitu dengan penguapan atau evaporasi air laut hingga meninggalkan sejumlah mineral dan elemen lainnya. Sedangkan garam meja merupakan hasil tambang cadangan garam di bawah tanah. Prosesnya cukup rumit karena harus memisahkan garam dengan kandungan mineral lainnya.

Garam meja umumnya lebih disukai karena teksturnya halus, mudah larut, dan tentunya telah ditambahkan yodium. Ya, garam memang bukan sekadar pelengkap rasa makanan, tetapi juga pelengkap nutrisi makanan Anda.



Garam laut dan garam meja sama-sama sehat kok, Moms, asalkan tidak dikonsumsi berlebihan. Menurut Permenkes Nomor 30 tahun 2013, anjuran konsumsi garam adalah 2.000 mg natrium per orang per hari, ini setara dengan 5 gram atau 1 sendok teh per orang per hari.

Garam meja juga lebih mudah dicari di pasaran dan pilihan mereknya ada banyak. Bingung mencari merek garam meja yang berkualitas? Simak rekomendasi garam meja di bawah ini ya, Moms.

1. Garam Meja Refina


Mungkin inilah satu-satunya garam di Indonesia yang telah melalui proses refinery, hingga Refina disebut sebagai refined salt. Proses refinery adalah proses pengolahan garam agar teksturnya lebih halus dan bersih. Garam harus melalui tahap pelarutan, pengendapan kotoran, penyaringan logam berat, dan terakhir proses pengkristalan agar garam halus, bersih, dan putih. Garam Meja Refina mudah dicari di pasaran, umumnya tersedia dalam kemasan 250 gram dan 500 gram.

Kisaran harga: Rp5.700 (250 gram)

Beli di Blibli 

2. Sari Rasa




Ini adalah garam halus beryodium yang telah melalui 3x pencucian menggunakan mesin modern. Proses tersebut menghasilkan garam murni yang bersih, putih, halus, dan asin. Tingkat keasinannya sempurna, menyatu dengan setiap menu masakan dengan baik dan mudah larut.

Kisaran harga: Rp3.000 (250 gram)

Beli di Blibli

3. Garam Gurih Miwon


Jenis garam yang unik merupakan garam meja yang telah disalut MSG. Takarannya sudah disesuaikan agar tidak berlebihan, yaitu 10 persen saja, sehingga Garam Gurih Miwon memberikan perpaduan asin dan gurih yang pas. Garam ini tentunya juga mengandung yodium setidaknya 40 ppm, dan tersedia dalam berbagai ukuran: 250 g, 300 g, 500 g, dan 1 kg. Dijamin enak dan halal, Moms.

Kisaran harga: Rp17.500 (1 kg)

Beli di Shopee

4. Garam Mamasuka


Garam meja yang satu ini berkualitas dan memiliki kandungan yodium setidaknya 30 ppm. Teksturnya halus, bersih, dan asinnya pas. Anda bisa membubuhkan Garam Mamasuka langsung di makanan yang sudah selesai dimasak, karena garam ini mudah larut dan diratakan. Cocok untuk selalu disediakan di meja makan, karena tidak perlu dimasak dulu untuk bisa larut di makanan. Gampang dan enak kan, Moms. Tersedia dalam kemasan 250 g, 500 g, dan 1 kg.

Kisaran harga: Rp3.500 (500 gram)

Beli di Shopee

5. Dolpin


Garam meja beryodium ini memiliki tekstur yang halus, bersih, putih, dan tentunya mudah larut di dalam masakan. Garam ini diproses menggunakan teknologi pengolahan garam untuk segala masakan dan makanan ringan, asinnya pas untuk menambah kelezatan masakan. Mutu dan kebersihan terjamin, pilihan ukurannya juga sangat variatif. Tersedia juga kemasan botol 200 gram yang mudah dituangkan, penyimpanan juga lebih rapi dan tidak memakan tempat.

Kisaran harga: Rp10.000 (botol 200 gram)

Beli di Tokopedia 

(Tiffany/SW/Dok. Freepik, Refina, Mamasuka, Dolpin, Miwon, Sari Rasa)



Tags: rekomendasi,   garam meja,   bumbu dapur