Mother&Baby Indonesia
Rekomendasi Aplikasi Investasi untuk Bantu Kelola Uang Anda

Rekomendasi Aplikasi Investasi untuk Bantu Kelola Uang Anda

Mengelola uang kini semudah membalikkan telapak tangan. Dengan perkembangan teknologi, sekarang Anda bisa mengelola keuangan melalui gadget atau telepon genggam, Moms.

Ya, saat ini sudah banyak aplikasi investasi online yang bisa Anda pilih. Menggunakan aplikasi online untuk berinvestasi memiliki sejumlah keuntungan, seperti angka minimum investasi yang terjangkau, prosesnya cepat, dan lebih mudah dimonitor. Namun tentunya Anda harus selektif dalam memilih aplikasi online. Berikut adalah beberapa aplikasi online yang bisa Anda pilih.



1. Bareksa

Berdasarkan deskripsinya, Bareksa merupakan marketplace reksa dana yang menjual ratusan produk dari berbagai perusahaan yang dikelola manajer investasi. Anda bisa bisa memilih untuk berinvestasi di reksa dana, surat berharga negara (SBN), emas, hingga umroh.

Sebelum memilih investasi, Anda bisa membaca terlebih dahulu soal pergerakan harga, profit yang bakal dihasilkan dari investasi pilihan Anda, dan tentunya risiko yang bakal dihadapi. Jika masih ragu, Bareksa juga menyediakan simulasi pergerakan dana untuk setiap produk sehingga Anda bisa memperkirakan keuntungan dan kerugiannya. Sebagai catatan, Bareksa telah mendapatkan sertifikasi dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan merupakan mitra distribusi SBN retail.

2. Bibit



Bibit merupakan aplikasi investasi all in one. Dengan kata lain, Anda bisa memilih beragam jenis investasi di aplikasi ini, mulai dari reksa dana, pasar saham, hingga obligasi. Bukan hanya itu, di aplikasi ini juga terdapat pilihan untuk melakukan investasi secara syariah. Seperti dilansir IDN Times, aplikasi ini memiliki AI bernama Robo Advisor yang akan membantu Anda memilih jalur investasi berdasarkan penghasilan dan dana yang ingin dialokasikan.

Setelah melakukan registrasi dan memasukkan data, Robo Advisor akan mengelompokkan profil menjadi 3, yaitu konservatif, moderat, dan agresif. Nah, jika Anda termasuk golongan konservatif, artinya Anda lebih pas memilih investasi yang aman dan menghindari risiko. Profil moderat artinya Anda cocok berinvestasi jangka pendek. Sedangan profil agresif menunjukkan bahwa Anda siap memilih investasi besar dengan risiko besar. Bibit juga telah tersertifikasi oleh OJK.

3. Tanam Duit

Jika Anda fokus berinvestasi di reksa dana, emas, dan SBN, Anda bisa memilih aplikasi Tanam Duit. Aplikasi ini ditujukan untuk investor pemula yang baru mulai belajar berinvestasi. Banyak yang menilai, tampilan fitur di aplikasi ini memang sederhana dan mudah dimengerti. Untuk reksa dana, minimum investasinya hanya 10 ribu rupiah. Sebagai tambahan keamanan, Tanam Duit juga menyediakan fitur login dengan sidik jari. Aplikasi ini juga sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

4. KoinWorks

KoinWorks merupakan investasi dengan sistem P2P lending atau peer to peer lending. Dengan kata lain, aplikasi ini memungkinkan setiap orang meminjam atau memberi pinjaman dana guna berbagai kepentingan tanpa harus melalui perantara, seperti lembaga keuangan dan lain sebagainya. Dengan sistem P2P, pihak peminjam akan dipertemukan dengan pihak pemberi pinjaman sehingga transaksi tetap. Pinjaman tersebut wajib dibayar per bulan oleh pihak peminjam kepada pihak yang meminjamkan.

5. Ajaib

Ajaib juga merupakan aplikasi investasi yang bisa digunakan bagi Anda yang masih pemula. Pengguna aplikasi ini bisa berinvestasi mulai dari 10 ribu rupiah. Produk yang ditawarkan meliputi saham dan reksa dana. Ajaib memiliki fitur yang cukup mudah digunakan.

Aplikasi ini memiliki panduan serta rekomendasi produk yang sesuai dan paling menguntungkan bagi kondisi keuangan Anda. Selain itu, Ajaib juga akan memberikan notifikasi mengenai waktu jual-beli saham terbaik untuk Anda sehingga keuntungan yang didapatkan lebih maksimal. Aplikasi ini sudah mendapatkan izin beroperasi dari OJK dan Indonesia Stock Exchange (IDX). (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: investasi,   aplikasi,   reksa dana,   saham,   rekomendasi