Mother&Baby Indonesia
7 Film Anak Indonesia yang Penuh Nilai Moral untuk Si Kecil

7 Film Anak Indonesia yang Penuh Nilai Moral untuk Si Kecil

Menikmati akhir pekan di rumah saja? Enggak masalah Moms, karena ada banyak film keluarga yang bisa dinikmati bersama keluarga. Kualitas film tanah air enggak kalah keren dengan film internasional lho, Moms. Nah, di Hari Film Anak Nasional yang jatuh setiap 30 Maret, rasanya tak lengkap jika tidak menikmati film-film anak Indonesia.

Ayo manfaatkan momen ini untuk menanamkan rasa cinta karya seni lokal pada Si Kecil sejak dini. Film anak Indonesia juga banyak yang seru dan nilai moralnya tentu paling dekat dan cocok bagi Si Kecil. Tertarik menikmati film anak Indonesia bersama keluarga? Yuk, ajak Si Kecil untuk menonton beberapa film rekomendasi berikut ini, Moms!



1. Petualangan Sherina


Walau sudah tayang sejak tahun 2000, tetapi film yang satu ini selalu menarik untuk ditonton bersama Si Kecil. Film musikal ini mengisahkan Sherina di sekolahnya yang baru, hingga kemudian mendapatkan musuh bernama Sadam (Derby Romero). Walau sering adu mulut, namun Sherina dan Sadam cukup kompak dalam menghadapi sang penguasa tanah pertanian, Kertarajasa (Djaduk Ferianto). Yuk, ajak Si Kecil menjadi pemberani, tangguh, dan kompak dengan sahabat seperti Sherina dan Sadam. Akan segera hadir Petualangan Sherina 2 lho, Moms.

2. Koki-koki Cilik


Momen berkemah untuk anak-anak memang sangat seru dan menyenangkan. Nah, film ini mengisahkan tentang perkemahan anak-anak yang ingin menjadi koki, tentunya penuh dengan persaingan dan usaha keras. Menikmati film ini bisa mengajarkan anak mengenai jerih payah, kompak dengan tim, dan tentunya bisa lebih bijak menyikapi kompetisi. Seru dan banyak pesan moral untuk Si Kecil.



3. 5 Elang


Film ini mengisahkan petualangan Baron, anak Jakarta yang sedang kesal karena harus pindah ke Balikpapan. Di tempat barunya, ia tidak mau berteman dan menjadi sosok siswa yang penuh kebencian. Hingga suatu hari, ia harus mewakili sekolahnya mengikuti perkemahan antar sekolah yang penuh petualangan seru. Apakah Baron bisa mudah beradaptasi dengan teman-teman barunya di perkemahan tersebut? Yuk, ketahui keseruannya di film 5 Elang karya Rudi Sudjarwo ini.

4. Hafalan Shalat Delisa


Film ini mengisahkan anak bernama Delisa, salah satu korban bencana alam tsunami Aceh pada Desember 2004 lalu. Film ini yang dibintangi oleh Chantiq Schagerl, Nirina Zubir, Reza Rahadian, dan Mike Lewis, ini menceritakan Delisa yang sedang berusaha menyelesaikan hafalan salat 5 waktu. Namun saat sedang belajar menghafal, tsunami pun datang dan menyapu habis tempat tinggalnya sehingga membuat Delisa terpisah dengan keluarganya. Penuh haru dan nilai kekeluargaan.

5. Titus: Mystery of the Enygma


Film animasi komedi yang tayang di Netflix sejak 2020 ini buatan anak bangsa lho, Moms. Tak hanya menjadi tontonan yang menghibur, film ini juga bisa memberikan nilai-nilai positif dan edukasi bagi anak Indonesia. Tokoh-tokoh di film Titus: Mystery of the Enygma pantang menyerah, gigih, dan tidak suka mengeluh untuk meraih cita-cita. Kualitas animasi dan alur ceritanya keren banget, enggak kalah dengan produksi luar negeri, Moms.

6. Kiko


Film animasi dalam negeri ini dipersembahkan oleh MNC Animation yang dipimpin oleh Liliana Tanoesoedibjo. Film seri ini penuh nilai edukasi yang layak jadi tontonan anak-anak Indonesia. Kiko semakin menarik untuk ditonton, karena mengisahkan kehidupan di bawah laut, agar anak-anak dapat menjelajahi keindahan lautan Indonesia. Tayangan ini juga tayang di Inggris, Brazil, Argentina, Meksiko, dan negara-negara lainnya, lho.

7. Denias, Senandung di Atas Awan


Film ini mengisahkan sosok Denias, anak yang lahir dan besar di pedalaman Papua. Ia berjuang begitu kerasnya demi mendapatkan pendidikan yang layak. Tak mudah baginya untuk pergi ke sekolah dan menyerap ilmu pendidikan, sungguh jauh berbeda kondisinya dengan anak-anak di kota besar. Lebih menariknya lagi, film ini diambil dari kisah nyata. Sangat layak untuk ditonton lagi dan lagi, agar Si Kecil bisa lebih bersyukur atas kemudahan yang diperoleh dalam hidupnya selama ini. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: rekomendasi,   film anak