Mother&Baby Indonesia
Bibir Lebih Tebal dan Gelap saat Hamil? Ini Penyebabnya, Moms

Bibir Lebih Tebal dan Gelap saat Hamil? Ini Penyebabnya, Moms

Tak hanya perubahan bentuk tubuh yang terjadi saat hamil, perubahan pada bibir pun sering terjadi lho, Moms. Contoh saja bentuk bibir Beyonce dan Khloe Kardashian yang terlihat lebih penuh, tebal, dan merekah saat hamil. Hal ini sering disebut dengan pregnancy lips atau bibir kehamilan, yang membuat bibir ibu hamil terlihat lebih tebal seperti habis suntik botoks. Uniknya, semakin besar kehamilan Anda, semakin penuh juga tampilan bibir Anda.

Apa sih, penyebab perubahan bibir saat hamil, baik perubahan menjadi lebih penuh, lebih merah, atau bahkan lebih kering dan mudah pecah? Untuk mengetahui penyebabnya, simak penjelasannya berikut ini, Moms.



Bibir Tebal saat Hamil


Mungkin Moms bertanya-tanya, kenapa bibir Anda terasa lebih tebal saat hamil. FYI, persis di bawah permukaan bibir Anda terdapat pembuluh darah yang disebut dengan pembuluh kapiler. Ketebalan dan jumlah pembuluh kapiler meningkat selama masa kehamilan, terutama di kehamilan trimester tiga. Ini masa di mana aliran darah di tubuh Anda meningkat drastis untuk menunjang pertumbuhan janin. Inilah yang membuat pembuluh darah, termasuk pembuluh kapiler, melebar saat hamil dan membuat bibir lebih tebal.

“Hormon-hormon kehamilan meningkatkan jumlah sirkulasi darah, sekaligus menenangkan pembuluh darah dan membuat bibir menjadi lebih penuh. Selain itu, estrogen juga membuat bibir lebih tebal dan tentunya jumlah hormon ini terus meningkat selama kehamilan,” ujar Gail Johnson, Education Advisor di Royal College of Midwives, pada Made For Mums.

Pelebaran pembuluh darah ini juga menjadi alasan di balik pregnancy glow atau kulit berkilau saat hamil. Hal ini membuat bibir ibu hamil menjadi lebih penuh, tebal, merah merekah, dan kenyal.



Bibir lebih tebal saat hamil, haruskah dikhawatirkan? Tenang saja, Moms, sejauh bibir tidak bengkak hingga menyiksa Anda, maka tidak perlu khawatir. Namun jika bibir bengkak tiba-tiba dan tidak kempis setelah diistirahatkan, disertai tanda pusing, pandangan kabur, nyeri, muntah, maka segera konsultasikan ke dokter karena ini bisa jadi tanda preeklampsia.

Bibir Lebih Gelap saat Hamil


Selain menjadi lebih tebal dan kenyal, banyak bumil merasa bibirnya menjadi lebih gelap dibandingkan sebelumnya. Apakah penyebabnya sama dengan perubahan warna puting yang menjadi lebih gelap saat hamil? Jawabannya tidak, Moms. Puting menjadi lebih gelap karena meningkatnya produksi melanin, yang disebabkan oleh meningkatnya hormon estrogen saat hamil.

Perlu Moms ketahui, melanin dihasilkan oleh sel melanocytes, sedangkan bibir tidak memiliki sel melanocytes. Maka jika Anda mengira warna bibir bisa berubah menjadi lebih gelap saat hamil, tentu saja jawabannya tidak bisa ya, Moms.

Bibir Kering saat Hamil


Masalah yang satu ini lebih sering dialami bumil. Kehamilan membuat bibir menjadi lebih kering dan mudah pecah-pecah. Jika Moms mengalami masalah ini, maka cobalah untuk memenuhi kebutuhan cairan harian Anda. Ingat, minumlah sebelum tubuh merasa haus, karena saat hamil tubuh Anda lebih membutuhkan air dibanding sebelumnya. Tubuh bumil butuh ekstra hidrasi, Moms, jangan sampai tidak dipenuhi ya.

Ketika tubuh kekurangan cairan, maka tubuh akan mengambilnya dari cadangan air di seluruh tubuh Anda, termasuk bibir. Inilah yang membuat bibir ibu hamil sering kering dan pecah-pecah.

Bagaimana jika Anda sudah banyak minum tetapi bibir masih sering kering? Jika ini terjadi pada Anda, jangan panik berlebih karena mungkin bibir kering merupakan efek samping dari morning sickness parah atau hiperemesis gravidarum.

Berita uniknya, mual muntah saat hamil akan terasa semakin hebat jika bumil kekurangan cairan, lho. Maka tidak ada salahnya untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan Anda, demi tubuh sehat dan tumbuh kembang janin yang optimal. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   ibu hamil,   kulit,   bibir