Mother&Baby Indonesia
Ini 20 Milestone Kehamilan yang Akan Moms Alami saat Hamil

Ini 20 Milestone Kehamilan yang Akan Moms Alami saat Hamil

Kehamilan merupakan salah satu anugerah terbesar yang dirasakan oleh seorang ibu. Selain itu, kehamilan juga dapat terlihat sebagai sebuah milestone tersendiri. Meskipun begitu, nyatanya ada banyak milestone kecil yang muncul selama 40 minggu Anda menjalani masa kehamilan. Dilansir dari Very Well Family, ini 20 milestone kehamilan yang dapat Anda rasakan, Moms.

1. Tes kehamilan positif!

Mungkin terdengar sederhana, namun ketika Anda sedang berusaha untuk hamil dan berharap hasilnya positif, mendapati tes kehamilan bergaris dua tentunya memberikan berbagai emosi yang tak pernah Anda bayangkan sebelumnya.



2. Morning sickness pertama

Ini adalah bentuk konfirmasi yang aneh tentang sesuatu yang Anda hanya ketahui dari tes kehamilan. Ya, Moms pasti tahu bahwa morning sickness adalah gejala kehamilan paling umum.

3. Konsultasi prenatal pertama

Mendengarkan bidan atau dokter kandungan Anda mengatakan, “Anda hamil,” adalah salah satu hal yang paling mengagumkan!

4. Memberi tahu seseorang bahwa Anda hamil

Menentukan waktu dan orang yang akan diberikan informasi bahagia ini adalah masalah personal. Tapi bagaimana pun juga, Moms pasti merasa hal ini merupakan salah satu milestone dalam hidup Anda.

5. Akhir trimester pertama

Setelah berhasil melewati trimester pertama, risiko keguguran Anda berkurang drastis dan masa-masa yang lebih menyenangkan akan datang. Selamat tinggal morning sickness dan halo perut yang mulai tampak sedikit membuncit!

6. Belanja keperluan bayi

Moms mungkin akan menyadari bahwa hal ini adalah salah satu milestone menggemaskan dalam hidup Anda: mulai membeli kaos kaki lucu atau tempat tidur untuk Si Kecil.

7. Mendengar detak jantung janin

Mungkin ini adalah milestone yang akan menjadi favorit Anda. Mendengarkan jantung bayi Anda berdegup menandakan bahwa Si Kecil tumbuh dengan baik dan kehamilan Anda berjalan normal.



8. Mengenakan pakaian kehamilan

Kedengarannya memang lucu, tapi mengenakan pakaian hamil adalah juga sebuah milestone. Faktanya, banyak first time mom yang buru-buru untuk memakainya dan tak sabar membuktikan pada orang banyak bahwa mereka sedang hamil.

9. Orang asing mulai menyadari kehamilan Anda

Mendapati orang lain menyadari kondisi perut Anda yang mulai membuncit, ikut merasa senang, dan menanyakan HPL (hari perkiraan lahir) Anda bisa sangat menyenangkan, lho.

10. Merasakan pergerakan bayi

Hal ini akan terasa sangat mengagumkan! Bahkan, Anda mungkin akan menghabiskan banyak waktu untuk menerka apakah Si Kecil sedang bergerak atau tidak.

11. Ngidam pertama

Ya, mungkin terdengar lucu, tapi menyadari ngidam hal-hal aneh akan terasa menyenangkan, terutama ketika Anda akhirnya mengakui bahwa ngidam adalah sesuatu yang nyata.

12. Mengetahui jenis kelamin bayi

Mendengarkan dokter menyatakan jenis kelamin Si Kecil menjadi momen yang akan mengubah hidup bagi semua orang tua.

13. Seseorang merasakan pergerakan bayi

Akan terasa sangat berbeda antara merasakan pergerakan bayi sendiri dengan orang lain yang merasakannya. Berbagi hal ini dengan orang lain akan menjadi momen intim yang sangat mengagumkan.

14. Mengambil kelas prapersalinan

Percayalah, kelas ini akan sangat menyenangkan. Di saat bersamaan, aktivitas ini menandakan sebuah hal baru tengah menanti Anda, Moms.

15. Menggelar baby shower

Merayakan kehamilan Anda dengan mengadakan baby shower atau tradisi selamatan akan menjadi momen yang sangat menyenangkan.

16. Menyiapkan kamar bayi

Baik Moms membuat kamar khusus atau area khusus di kamar Anda, menyiapkan kamar untuk Si Kecil adalah langkah besar dalam hidup.

17. Es Krim tengah malam!

Meski bukan karena ngidam, tak ada salahnya Anda mengajak suami untuk menyantap es krim tengah malam. Nikmati momen intim ini dan proyeksikan bersama kehidupan Anda dan suami kelak setelah Si Kecil lahir.

18. Janji temu mingguan

Setelah memasuki minggu ke-36, Moms mungkin akan kaget bahwa sudah tiba saatnya untuk bertemu dengan dokter kandungan atau bidan setiap minggunya. It’s time to get ready!

19. Menyelesaikan birth plan

Seiring dengan akhir masa kehamilan yang makin dekat, Moms mungkin akan mulai membereskan birth plan Anda dan membagikannya pada orang-orang tertentu. The time is near!

20. Hari-H

Akhirnya, selamat mencapai hari persalinan! Kami berharap Moms dapat merayakan milestone ini dengan malam kencan atau aktivitas lain yang menyenangkan sebelum Si Kecil lahir. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   ibu hamil,   milestone