Mother&Baby Indonesia
7 Manfaat Konsumsi Bayam untuk Ibu Hamil dan Janin

7 Manfaat Konsumsi Bayam untuk Ibu Hamil dan Janin

Selama menjalani masa kehamilan, Moms perlu menjaga kesehatan Anda dan juga janin dengan mengonsumsi makanan yang penuh nutrisi. Sayuran merupakan makanan sehat bagi ibu hamil dan janin. Ada banyak jenis dan macam sayuran yang bisa Anda nikmati, salah satunya bayam.

Ya, bayam menjadi salah satu sayuran yang bisa Moms masukkan dalam daftar menu masakan setiap hari. Bayam tidak hanya enak dan sehat, tetapi mudah didapat dan harganya pun murah. Selain itu, ada banyak manfaat baik yang bisa Moms peroleh dengan mengonsumsi bayam saat hamil. Berikut ini 7 manfaat bayam buat ibu hamil.



1. Meningkatkan Imunitas

Ibu hamil cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, sehingga membutuhkan perlindungan ekstra. Bayam sendiri mengandung vitamin B, C, K serta serat dan asam folat yang akan membantu meningkatkan imunitas. Dengan mencukupi kebutuhan nutrisi harian Anda, maka Moms dan janin bisa mengurangi risiko terkena masalah kesehatan.

2. Mencegah Anemia

Banyak wanita yang menderita anemia saat hamil. Hal ini terjadi karena kurangnya zat besi pada tubuh. Pastikan Anda mengonsumsi bayam yang dikenal kaya akan zat besi yang tak hanya membantu penyerapan vitamin C, tapi juga menambah kadar sel darah merah dalam tubuh. Hal tersebut akan mencegah Moms mengalami anemia atau kekurangan hemoglobin yang bisa berbahaya buat janin.

3. Mengurangi Rasa Nyeri

Sering merasakan nyeri saat hamil, Moms? Meningkatnya berat badan serta perubahan hormon yang dialami saat hamil memang bisa memengaruhi tulang dan otot, sehingga menimbulkan rasa nyeri pada otot dan sendi. Karena itu, ibu hamil dianjurkan mengonsumsi bayam. Sayuran ini dikenal kaya akan glikolipid atau agen inflamasi untuk mengurangi rasa nyeri dan sakit saat hamil.




4. Mencegah Konstipasi

Salah satu gangguan yang sering dialami ibu hamil adalah konstipasi. Namun, gangguan  ini bisa diantisipasi apabila ibu hamil mengonsumsi bayam yang tinggi kandungan seratnya. Dalam satu cangkir bayam terkandung 4,3 gram serat yang akan membantu melancarkan pencernaan, sehingga masalah konstipasi saat hamil pun bisa teratasi dengan baik.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Kondisi kesehatan saat hamil ditandai dengan tekanan darah yang normal. Sangat penting menjaga tekanan darah Anda saat hamil, Moms. Tekanan darah tinggi selama kehamilan bisa menjadi masalah serius untuk Anda. Jika tekanan darah meninggi, maka risiko terjadinya preeklampsia akan semakin besar. Untuk itu, pastikan Anda mengonsumsi makanan sehat seperti sayur bayam. Bayam mengandung nitrat yang akan membantu mengendalikan tekanan darah pada ibu hamil.

6. Tinggi Asam Folat

Bayam mengandung asam folat yang cukup tinggi, Moms. Zat ini berfungsi untuk mengurangi risiko bayi terlahir cacat, seperti bibir sumbing atau spina bifida. Selain itu, pertumbuhan tulang ibu hamil dan janin juga akan lebih maksimal. Risiko keguguran juga akan menurun jika Moms rutin mengonsumsi bayam.

7. Membantu Pertumbuhan Paru-paru

Bayam juga memiliki kandungan beta karoten yang tinggi. Di dalam tubuh, nutrisi ini akan diubah menjadi vitamin A yang selain bagus untuk mata dan sistem penglihatan, juga membantu pertumbuhan paru-paru janin. Vitamin A juga akan membantu meningkatkan metabolisme ibu dan bayi pun bisa memiliki berat badan yang cukup saat lahir.

Selain dijadikan sayur bening yang bisa ditambahkan wortel dan jagung manis, Moms juga bisa mengolah bayam dalam menu lain. Anda dapat menumisnya atau menjadikannya sebagai salad untuk dikonsumsi. Selamat menikmati bayam, Moms! (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   ibu hamil,   nutrisi,   bayam