Mother&Baby Indonesia
Saatnya Perempuan Sadar Pilihan Kontrasepsi Sejak Dini

Saatnya Perempuan Sadar Pilihan Kontrasepsi Sejak Dini

Kehamilan tentu harus direncanakan sebaik mungkin, agar Moms dan Dads lebih siap secara fisik, mental, dan tentunya finansial. Bagi Moms yang sedang merencanakan kehamilan kedua atau selanjutnya, perencanaan kehamilan juga penting untuk mempersiapkan mental Si Kakak menyambut kehadiran adiknya.

Bicara soal merencanakan kehamilan, penggunaan alat kontrasepsi tentu menjadi hal yang paling penting. Sayangnya, masih banyak perempuan yang belum “merdeka” memilih alat kontrasepsi yang dirasa paling nyaman. Fakta ini dikuak dari survei DKT Indonesia tahun 2019, yang dilakukan pada 891 perempuan di tujuh kota besar di Indonesia. Survei ini mengungkapkan bahwa masih terdapat 10% perempuan yang tidak mendapatkan izin dari suami untuk menggunakan alat kontrasepsi sebagai langkah perlindungan perencanaan keluarga.



Realita tersebut menginspirasi Andalan, sebagai brand kesehatan reproduksi perempuan terdepan di Indonesia mengampanyekan #PerempuanSadarPilihan untuk menyambut momentum Hari Perempuan Internasional 2021 yang diperingati setiap 8 Maret. Yuk, simak pentingnya #PerempuanSadarPilihan bagi kesehatan reproduksi Moms dan para wanita lainnya.

1. Pencetak Generasi Berkualitas

Ketika perempuan menyadari akan hak reproduksinya, maka ia dapat melahirkan generasi berkualitas. Hal ini disampaikan oleh dr. Eni Gustina, MPH, selaku Deputi KB KR BKKBN, saat ditemui dalam acara virtual Andalan #PerempuanSadarPilihan. “Dilahirkan sebagai perempuan adalah anugerah. Karena perempuan berkontribusi melahirkan generasi bangsa. Perempuan akan melahirkan generasi berkualitas ketika mereka paham akan hak reproduksinya. Perempuan berhak untuk menentukan kapan dia akan punya anak, berapa jumlah anak yang diinginkan, jarak anak, dan kapan untuk tidak punya anak lagi,” jelas dr. Eni.

2. Tubuh Lebih Sehat

“Di zaman serba modern ini, sudah saatnya perempuan sadar dan mampu untuk menentukan pilihan, khususnya terkait dengan akses kesehatan seksual reproduksi secara menyeluruh. Perempuan harus berperan dalam menentukan pilihan yang terbaik untuk dirinya sendiri guna mengurangi dampak kesehatan terhadap tubuhnya,” ujar Cut Vellayati, Group Product Manager DKT Indonesia yang membawahi Andalan.

Menurutnya, perempuan sering kali mengabaikan kesehatan dirinya sendiri, termasuk kesehatan reproduksinya. Padahal, perempuan memiliki anatomi reproduksi yang sangat kompleks. Selama ini perempuan lebih mengutamakan kesehatan orang-orang yang ia sayangi, seperti suami, anak, dan keluarga. Untuk itu perempuan harus lebih sadar pilihan, agar memiliki kekuatan untuk dapat merencanakan kehamilan dengan matang dan baik.



3. Menurunkan Angka Kematian

“Di Indonesia, 305 dari 100.000 perempuan meninggal karena hal yang berkaitan dengan kehamilan maupun pada saat melahirkan. Selain itu, ibu rumah tangga saat ini masih menjadi salah satu kelompok yang rentan terhadap infeksi HIV. Ditambah, masih terdapat 11% perempuan Indonesia yang belum terpenuhi kebutuhannya dalam berkontrasepsi, dikarenakan kesulitan akses terhadap kontrasepsi,” papar Cutvella.

#PerempuanSadarPilihan

Acara virtual bersama para pakar ini juga menjadi momentum Andalan untuk meluncurkan tiga produk spesial dari Andalan, yaitu Andalan Pregnancy and Ovulation Test Kit. Yuk, kenalan dengan produk-produk tersebut:

1. Andalan Pregnancy Test Midstream & Strip

Alat uji pribadi awal kehamilan yang 99,9% akurat, tepat, dan tepercaya dengan hasil yang lebih cepat, praktis, dan mudah dibaca. Alat ini bekerja dengan mendeteksi hormon hCG (human chorionic gonadotropin) dalam urine yang meningkat pada awal kehamilan. Andalan meluncurkan dua varian pregnancy test kit yaitu Andalan Pregnancy Test Midstream dan Andalan Pregnancy Test Strip.

• Harga eceran yang disarankan untuk Andalan Pregnancy Test Strip: Rp7.500/pak.

• Harga eceran yang disarankan untuk Andalan Pregnancy Test Midstream: Rp 30.000/pak.

2. Andalan Ovulation Test

Alat uji pribadi untuk menentukan masa subur secara praktis, 99,9% akurat, tepat, dan tepercaya. Alat ini bekerja dengan cara mengukur kadar LH (Lutenizing Hormone) pada urine untuk memprediksi waktu ovulasi. Andalan Ovulation Test bertujuan untuk membantu perempuan Indonesia merencanakan kehamilan lebih baik maupun berkontrasepsi alami dengan kalender KB sebagai pendamping kontrasepsi modern lainnya. Harga eceran yang disarankan untuk Andalan Ovulation Test Kit Rp20.000 saja lho, Moms. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: #perempuansadarpilihan,   kontrasepsi,   wanita,   kesehatan