Mother&Baby Indonesia
Ini 14 Alasan Mengapa Anda Perlu Bercinta

Ini 14 Alasan Mengapa Anda Perlu Bercinta

Kesibukan dalam berkarier maupun mengurus rumah tangga sering kali mengakibatkan frekuensi bercinta antara suami dan istri jadi berkurang. Padahal berhubungan seks punya banyak manfaat buat Anda, lho! Berikut ini adalah 14 alasan mengapa Anda dan pasangan perlu menjaga rutinitas bercinta menurut situs WebMD.

1. Bercinta = Latihan Fisik

Well, mungkin bercinta tidak bisa disamakan dengan berolahraga. Tapi berhubungan seks bisa dianggap sebagai latihan fisik ringan. Selama bercinta dan mencapai orgasme, detak jantung Anda akan meningkat seperti layaknya orang yang berolahraga jalan cepat atau bersepeda santai.

2. Baik untuk Jantung

Berdasarkan survei, wanita yang bercinta setidaknya dua kali dalam sepekan memiliki risiko lebih kecil untuk mengalami serangan jantung ketimbang mereka yang hanya berhubungan seks sekali dalam sebulan. Hanya saja belum diketahui secara pasti apakah frekuensi bercinta yang lebih sering membuat wanita lebih sehat atau secara khusus berdampak pada jantungnya.

3. Bye Bye Sakit Kepala

Anda sering dilanda sakit kepala? Daripada terus-menerus minum obat, mengapa tidak bercinta saja? Ternyata bercinta punya efek untuk mengurangi rasa sakit, termasuk beberapa jenis sakit kepala, seperti migrain. Jadi dicoba, yuk!

4. Mengurangi Stres

Tahukah Anda bahwa orang yang lebih sering berhubungan seks biasanya tidak terlalu khawatir berlebihan ketika harus melakukan tugas yang membuat stres, seperti berbicara di depan umum. Namun berdasarkan penelitian, efek mengurangi stres hanya berlaku jika Anda bercinta dan mencapai orgasme dengan pasangan Anda. Mendapatkan kepuasan seks melalui masturbasi tidak berlaku, ya.

5. Berumur Panjang

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seorang wanita yang sering mencapai klimaks kala bercinta akan hidup sedikit lebih lama dibandingkan mereka yang tidak. Akan tetapi para peneliti tidak yakin apakah seks yang membuat mereka berumur panjang atau berhubungan seks secara rutin adalah salah satu tanda orang sehat. Namun tak ada salahnya untuk dicoba, kok.

6. Mempertajam Otak

Berhubungan seks telah lama diklaim mampu memperbarui sel otak. Orang yang berusia di atas 50 tahun dan cukup sering bercinta akan lebih baik dalam mengingat angka dan mengerjakan soal matematika dasar.

7. Membuat Anda Bahagia

Rasa puas setelah mencapai orgasme bersama pasangan tentu saja membuat Anda merasa bahagia. Namun lebih dari itu, pasangan yang kehidupan seksnya berjalan dengan baik akan merasa lebih bahagia ketimbang yang tidak. Dengan kata lain, bercinta perlu dilakukan dengan cara yang baik dan tanpa paksaan. Terlalu sering bercinta tapi tidak memuaskan kedua belah pihak tentunya juga tak akan memberikan efek yang sama. Jadi tak masalah jika Anda hanya bercinta sekali dalam sepekan tapi dilakukan dengan penuh kemesraan.

8. Bonding dengan Pasangan

Saat bercinta, tubuh akan melepaskan hormon oksitosin. Hormon ini yang akan memicu timbulnya perasaan dekat, perhatian, dan intim dengan pasangan. Bercinta secara rutin akan membantu Anda membangun hubungan yang kuat dan stabil dengan pasangan.

9. Baik untuk Kesehatan Mental

Pasangan yang melakukan hubungan seks lebih sering akan jarang mengalami depresi atau harus mengonsumsi obat-obatan untuk mengatasi masalah kesehatannya.

10. Membuat Tubuh Lebih Ramping

Memang belum ada penelitian resmi soal ini. Tapi bercinta juga bisa membakar kalori, lho! Studi menunjukkan bahwa berhubungan seks selama 25 menit dapat membakar sedikitnya 100 kalori untuk pria dan 69 kalori untuk wanita. 

11. Melawan Batuk-Pilek

Pasangan yang melakukan hubungan seks dua kali dalam sepekan disinyalir memiliki antibodi lebih kuat di air liur (saliva) mereka untuk menghadapi batuk-pilek biasa atau common cold.

12. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Orgasme akan memicu lonjakan endorfin dan oksitosin pada Anda dan pasangan. Kedua hormon tersebut bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri dan membuat Anda lebih rileks. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah dan lebih nyenyak tidur.

13. Memperbesar Peluang Memiliki Anak

Jika Anda ingin cepat punya anak atau menambah jumlah anak, memperbanyak frekuensi bercinta mungkin bisa menjadi salah satu cara untuk mencapainya. Tapi tentu saja, pemilihan waktu bercinta, misalnya pada masa subur, juga akan memengaruhi peluang untuk memiliki buah hati.

14. Demi Masa Depan Lebih Baik

Pasangan yang lebih sering melakukan hubungan seks yang berkualitas akan memiliki hidup yang juga berkualitas. Bukan hanya untuk masa kini, tapi setelah Anda tua. Biasanya, pasangan yang aktif bercinta semasa muda akan meneruskan kebiasaan itu meski usia terus bertambah. Dan seperti telah disebutkan, bercinta akan membuat Anda merasa lebih bahagia dan sehat. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   suami istri,   pernikahan,   bercinta,   berhubungan seks,   orgasme